20 Jembatan Terpanjang di Dunia Yang Pasti Membuatmu Takjub

Jembatan merupakan bangunan yang menghubungkan beberapa daerah yang direntangkan di atas sungai, jurang, selat, dan laut dengan tujuan memudahkan penguna jalan dan kendaraan untuk menyeberanginya.

Selain sebagai jalan untuk menyeberang, jembatan yang memiliki keunikan atau nilai seni juga sering dijadikan sebagai Ikon suatu kota atau negara untuk menarik para wisatawan berkunjung ke kota atau negara tersebut.

Tapi, seiring dengan perkembangan jaman yang sudah maju, banyak jembatan yang dibangun dengan ukuran yang luar biasa panjangnya. Lantas, jembatan apa saja yang terpanjang di dunia? berikut ulasannya

20. Incheon Bridge – 12,5 km

Jembatan Terpanjang di Dunia

Incheon Bridge via wikimedia.org

Incheon Bridge adalah jembatan terpanjang di dunia yang berada di Korea Selatan dengan panjangnya mencapai 12,5 km dan lebar 33,4 meter yang menghubungkan Pulau Yeongjong dan mainland Incheon.

Jembatan ini memiliki enam jalur dengan tingkat kerumitan teknologi yang tinggi. Selain itu, jembatan ini dikatakan kuat terhadap gemba bumi dibawah 7 skala richter dan tahan terhadap terpaan angin berkecepatan 72 meter/detik.

Karena hal itulah, tidak heran jika Incheon Bridge banyak mendapat penghargaan, salah satunya menjadi “Top Ten Architectural Wonders of The World” pada tahun 2005 silam dan “The Best PF – Asia Pasific Region Traffic Infrastructure Section” pada Maret 2006 yang lalu.

19. Vasco da Gama Bridge – 17,2 Km

Jembatan Terpanjang di Dunia

Vasco da Gama Bridge via wikipedia.org

Vasco da Gama Bridge adalah sebuah jembatan kabel tipe viaduct yang membentang disungai Tagus di Lisbon, Portugal. Selain itu, Vasco da Gama Bridge juga merupakan jembatan terpanjang di dunia yang berada di eropa dengan panjangnya mencapai 17,2 km.

Secara resmi jembatan Vasco da Gama Bridge dibuka pada tanggal 29 Maret 1998, sekaligus untuk menyambut hari ulang tahun ke 500 tahun Vasco Da Gama yaitu seorang dianggap sebagai penemu jalur laut dari Eropa ke India.

18. Aerotrain Test Track – 18 Km

Jembatan dengan panjang kurang lebih 18 km ini sudah tidak digunakan lagi, bahkan sebagian bangunannya sudah hilang, tapi masih berdiri sampai sekarang. Aerotrain Test Track pernah digunakan untuk test oleh French Aerotrain pada tahun 1970.

17. 6th October Bridge – 20,5 Km

Jembatan Terpanjang di Dunia

6th October Bridge via wikipedia.org

Jembatan terpanjang di dunia selanjutnya berada di ibukota Mesir, Kairo yang merupakan bagian dari jalan tol (elevated highway) ditengah kota dengan panjangnya mencapai 20,5 km. Jembatan ini melintasi sungai Nil.

Jembatan ini dibuat selama kurang lebih 30 tahun, dan setiap hari ada setengah juta orang yang melewati jembatan 6th October Bridge ini, bahkan saking padatnya, terkadang untuk melewati jembatan ini membutuhkan sekitar 45 menit.

16. Chesapeake Bay Bridge Tunnel – 24,1 Km

Jembatan Terpanjang di Dunia

Chesapeake Bay Bridge Tunnel via wikimedia.org

Chesapeake Bay Bridge Tunnel adalah jembatan terpanjang di dunia yang bisa dilihat di Amerika Serikat, tepatnya di Virginia. Jembatan ini berbeda dengan jembatan pada umum, karena merupakan kombinasi antara jembatan dan terowongan.

Panjang Chesapeake Bay Bridge Tunnel ini mencapai kurang lebih 24,1 km yang merupakan kombinasi antara jembatan sekitar 19 km dan terowongan sekitar 1,6 km yang menghubungkan beberapa pulau.

Jembatan ini sudah banyak menolong orang, dimana sebelum jembatan dibangun pada tahun 1964, orang-orang harus mengendarai kendaraan sekitar 152 km dari Norfolk ke Delaware Valley, tapi berkat jembatan ini orang bisa lebih menghemat waktu dan tenaga.

15. Jintang Bridge – 26,5 Km

Jembatan Terpanjang di Dunia

Jintang Bridge via wikipedia.org

China memang dikenal sebagai negara yang memiliki banyak jembatan-jembatan yang panjang, salah satunya yaitu Jintang Bridge yang berada Zhejiang dengan panjangnya mencapai 26,5 km. Jembatan ini menghubungkan lokasi offshore grup di China.

14. Atchafalaya Basin Bridge – 29,3 Km

Jembatan Terpanjang di Dunia

Atchafalaya Basin Bridge via wikimedia.org

Selain jembatan Chesapeake Bay Bridge Tunnel, masih ada jembatan Atchafalaya Basin Bridge yang merupakan salah satu jembatan terpanjang di dunia yang berada di Amerika Serikat, tepatnya di Louisiana.

Jembatan ini merupakan jembatan paralel dua cabang yang membentang antara Lafayette dan Baton Rouge di Louisiana.

13. Shanghai Maglev Train – 30 Km

Jembatan Terpanjang di Dunia

Shanghai Maglev Train via wikipedia.org

Shanghai Maglev Train merupakan jembatan terpanjang di dunia untuk kereta cepat di China yang menghubungkan antara Pudong International Airport dan Shanghai City dengan panjangnya mencapai 30 km.

Baca juga: Ternyata! Ini Dia 10 Terowongan Terpanjang Di Indonesia

12. Donghai Bridge – 32,5 Km

Jembatan Terpanjang di Dunia

Donghai Bridge via wikipedia.org

Selanjutnya, masih berada di China yaitu Donghai Bridge dengan panjangnya sekitar 32,5 km yang menghubungkan antara pelabuhan offshore Yangshan deep water port dengan Mainland. Jembatan ini selesai dibangun pada tahun 2005 silam.

11. Runyang Bridge – 35.6 Km

Jembatan Terpanjang di Dunia

Runyang Bridge via wikimedia.org

Jembatan terpanjang di dunia selanjutnya masih berada di China, tepatnya di provinsi Jiangsu yaitu Runyang Bridge dengan panjangnya mencapai 35,6 km. Jembatan indah ini melintasi sungai Yangtze.

Jembatan yang selesai dibangun pada tahun 2005 silam ini juga indah dilihat ketika naik kapal Beijing-Shanghai Expressway.

Masih penasaran jembatan apa paling panjang ukuran, klik NEXT untuk melanjutkan.

Loading...

Add Comment