Pintar dan Tangguh, Inilah 9 Jenis Anjing Polisi Terbaik di Dunia

Berdasarkan beberapa penelitian membuktikan bahwa Anjing adalah salah satu hewan yang bisa dijadikan teman bagi manusia. Makanya, tidak heran banyak orang menjadikan Anjing sebagai hewan peliharaannya.

Selain baik dijadikan teman, Anjing juga dikenal sebagai hewan yang pintar dan tangguh. Makanya ada beberapa orang yang memamfaatkan Anjing untuk membantu pekerjaannya, salah satunya membantu tugas kepolisian.

Tanpa Operasi Plastik, Inilah 10 Pria Tercantik Di Dunia

Tapi, jenis Anjing polisi ini perlu dilakukan pelatihan dulu. Selain itu, hanya ada beberapa jenis Anjing yang bisa dijadikan Anjing polisi. Lantas, jenis Anjing apa saja yang bisa dijadikan Anjing polisi? berikut ulasannya

1. German Sheperd

Jenis Anjing Polisi

German Sheperd via wikimedia.org

German Sheperd adalah jenis Anjing polisi yang paling sering membantu tugas kepolisian, karena jenis Anjing ini memang mudah dilatih, berani, dan tangguh, serta sangat patuh setiap instruksi yang diberikan padanya.

Kepopuleran jenis Anjing ini bukan hanya di jaman sekarang, tapi sudah dikenal sebagai anjing polisi sejak jaman perang dunia kedua. Selain itu, jenis Anjing asli Jerman ini juga baik dijadikan sebagai Anjing peliharaan di rumah.

2. Rottweiler

Jenis Anjing Polisi

Rottweiler via wikimedia.org

Kalau jenis Anjing polisi yang satu ini memiliki stamina yang kuat dan naluri protektif yang tinggi, jadi tidak heran jika jenis Anjing ini dikenal ganas dan agresif terhadap setiap lawan yang dihadapinya.

Mungkin jenis Anjing ini adalah mimpi buruk bagi para penjahat, sebab walaupun tubuhnya tidak terlalu besar tapi hanya dengan gigitan kecil, jenis Anjing ini mampu menjatuhkan lawannya dengan mudah.

3. Doberman Pinscher

Jenis Anjing Polisi

Doberman Pinscher via wikimedia.org

Jenis Anjing Polisi selanjutnya adalah Doberman Pinscher. Ukuran tubuh jenis Anjing yang banyak ditemukan di daerah Amerika Serikat ini cukup ramping yaitu tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, serta tidak terlalu berat.

Faktor inilah yang membuat jenis Anjing ini sering digunakan oleh pihak kepolisian untuk mengejar para pelaku kriminal, karena jenis Anjing ini mampu berlari cukup cepat. Selain itu, jenis Anjing juga memiliki rahang yang cukup kuat untuk mengigit lawannya.

4. Labrador Retriever

Jenis Anjing Polisi

Labrador Retriever via wikimedia.org

Jangan pernah tertipu dengan tampangnya yang lucu, sebab jenis Anjing ini termasuk salah satu jenis Anjing polisi terbaik yang cukup sering membantu tugas kepolisian. Selain sebagai Anjing Polisi, jenis Anjing ini bagus dijadikan hewan peliharaan.

Umumnya, jenis Anjing ini bertugas membantu kepolisian dalam hal mendeteksi bom, narkoba, dan barang selundupan lainnya, karena jenis Anjing ini memiliki pendengaran, dan penciuman yang sangat baik dibanding jenis Anjing lainnya.

5. Belgian Malinois

Jenis Anjing Polisi

Belgian Malinois via wikimedia.org

Kemampuan jenis Anjing Belgian Malinois ini kurang lebih sama dengan jenis Anjing Labrador Retriever yaitu memiliki daya penciuman dan pendengaran yang cukup baik. Hanya saja tubuhnya lebih ramping dan kecil dari Labrador Retriever.

Jenis Anjing polisi yang satu ini sering digunakan untuk membantu tugas-tugas lapangan seperti mendeteksi kebakaran, narkoba, hingga mencari keberadaan orang yang sedang jadi korban tindak kriminal seperti penculikan, dan sebagainya.

Baca Juga: 7 Fakta Menarik Tentang Ikan Blobfish, Ikan Paling Buruk Rupa di Dunia

6. Boxer

Jenis Anjing Polisi

Boxer via wikimedia.org

Boxer adalah jenis Anjing yang merupakan hasil dari persilangan jenis Anjing English Bulldog dengan jenis Anjing Bullenbeisser. Sifat alaminya, mudah diajak bermain, tenang, dan sangat protektif.

Jenis Anjing ini termasuk jenis Anjing polisi yang mudah dilatih. Walaupun tidak memiliki tubuh yang tidak terlalu besar, tapi jenis Anjing ini dibekali dengan otot yang padat dan rahang kuat yang berguna untuk mengigit siapa saja yang dianggapnya sebagai musuhnya.

7. Great Dane

Jenis Anjing Polisi

Great Dane via wikimedia.org

Dengan tubuh yang tinggi, bisa berlari dengan cepat, loyal, dan aktif membuat jenis Anjing ini sering dijadikan Anjing pembantu kepolisian. Selain itu, jenis Anjing ini termasuk salah satu yang bisa mematuhi perintah majikannya dengan cepat.

Dilihat dari fisiknya, jelas jenis Anjing ini adalah jenis Anjing yang cukup tangguh. Walaupun dikenal cepat marah, tapi jenis Anjing ini mudah akrab dengan anak kecil. Dikatakan juga jenis Anjing Great Dane tidak akan menyerang Anjing lainnya kalau tidak terprovokasi.

8. Bullmastiff

Jenis Anjing Polisi

Bullmastiff via wikimedia.org

Untuk bisa meringankan tugas kepolisian dilapangan yang dinilai cukup berat, maka diperlukan jenis Anjing polisi yang memiliki fisik yang kuat, sifat protektif, berani, dan tingkat loyalitas yang tinggi. Semua sifat itu dimiliki oleh jenis Anjing Bullmastiff.

Kalau ada orang yang masuk ke dalam wilayah penjagaannya dengan sembarangan, maka secara naluri jenis Anjing Bullmastiff akan menghadang orang tersebut. Walaupun terkesan sangat galak, tapi jenis Anjing ini sangat baik dijadikan hewan peliharaan.

9. Staffordshire Terrier

Jenis Anjing Polisi

Staffordshire Terrier via wikimedia.org

Staffordshire Terrier adalah jenis Anjing sering membantu pihak kepolisian, khususnya dalam hal penjagaan. Sebab, jenis Anjing Staffordshire Terrier adalah salah satu jenis Anjing petarung yang cukup tangguh.

Walaupun jenis Anjing ini cukup baik dalam membantu tugas kepolisian, tapi sifat agresif dan protektif yang dimilikinya, membuat jenis Anjing ini tidak mudah dilatih, perlu waktu dan kesabaran yang lama agar bisa menjadikan Anjing polisi.

Nah, itulah beberapa jenis Anjing polisi yang dikenal tangguh dalam bertarung dan cerdas dalam membantu tugas pihak kepolisian. Bagaimana mau memelihara salah satu jenis Anjing diatas.

Baca Juga: Ini Dia 16 Hewan Purba Yang Masih Hidup Sampai Sekarang

Loading...

Add Comment