Inilah 5 Jenis Helm Yang Wajib Dikenali Buat Mereka Yang Suka dengan Sepeda Motor

Tidak ada seorang pun di dunia ini yang tahu kapan dan dimana sebuah musibah akan menimpanya. Untuk itu kita harus selalu waspada dan hati-hati, termasuk juga saat mengendarai sepeda motor, makanya kita diwajibkan mengunakan Helm.

Fungsi utama Helm ini yaitu melindungi kepala pengendara sepeda motor jika sewaktu-waktu terjadi benturan dibagian kepala yang diakibatkan, entah itu karena kecelakaan, atau karena hal lainnya.

Inilah 7 Kejadian Memalukan Wanita Kejepit Sesuatu Paling Langka

Helm itu juga ada beberapa jenis, dimana setiap jenisnya memiliki tingkat keamanan dan kenyamanan yang berbeda-beda. Lantas, seperti apa saja jenis Helm untuk pengendara sepeda bermotor tersebut? berikut ulasannya

1. Shorty Helmet

Jenis Helm

Shorty Helmet via ebay.com

Jenis Helm yang satu ini mirip seperti topi, dimana bagian depan dan belakangnya terbuka, bahkan jenis Helm ini juga tidak menutupi bagian telinga. Inilah alasannya banyak orang suka mengunakan helm ini yaitu pandangan dan pendengaran jadi leluasa.

Helm ini memang memberikan kenyamanan yang luar biasa dalam hal penglihatan dan pendengaran. Tapi sayang, tingkat keamanan dari Helm ini dianggap sangat minim sekali, karena hanya melindungi kepala bagian atas saja.

2. Open Face Helmet (Half Face Helmet)

Jenis Helm

Open Face Helmet (Half Face Helmet) via amazon.com

Kalau jenis Helm yang satu ini bisa memberikan kenyamanan dalam hal bernafas karena bagian depannya terbuka. Jenis Helm ini disukai oleh mereka yang tidak terlalu suka dengan wajahnya yang tertutupi secara keseluruhan.

Satu kekurangan dari Helm ini yang juga dinilai kurang aman yaitu tidak adanya penutup kaca pada Helm ini. Hal ini tentunya membuat pengendara tidak terlindungi dari debu, angin, air hujan, bahkan kerikil yang bisa berterbangan di jalan.

3. 3/4 Modular Helmet

Jenis Helm adalah salah satu jenis Helm yang banyak digunakan oleh pengendara sepeda motor di Indonesia. Helm ini sudah dilengkapi kaca dibagian depan yang berfungsi melindungi wajah dari debu, angin, dan air hujan.

Selain itu, Helm ini juga memberikan perlindungan dibagian kepala atas, wajah, dan telingga. Tapi seandainya terjadi kecelakaan, Helm ini tidak memberikan perlindungan dibagian dagu hingga mulut yang bisa terbentur.

4. Full Face Helmet

Jenis Helm

Full Face Helmet via wikimedia.org

Dari tingkat keamanan, jenis Helm ini cukup baik, dimana bagian kepala, dagu, mata, hidung, dan telinga dapat terlindungi dengan baik. Bahkan, pengendara tidak perlu takut dengan debu yang masuk ke mata saat mengendarai sepeda motor di jalan.

Walaupun dari segi keamanan sangat oke, cuma ada satu kekurangan dari jenis Helm ini yaitu pengendara jadi sulit mendengar dengan jelas keadaan disekitarnya, karena Helm ini benar-benar menutupi sebagian besar di area kepala. Selain itu, harganya juga lebih mahal dibanding jenis Helm sepeda motor lainnya.

5. Flip-Up Helmet

Jenis Helm

Flip-Up Helmet via aliexpress.com

Dari segi keamanan, jenis Helm yang satu ini kurang lebih sama dengan Full Face Helmet yaitu bisa melindungi hampir keseluruhan bagian kepala, mulai dari bagian kepala atas, mata, telingga, hingga dagu.

Perbedaannya ada dibagian depannya, dimana kaca pada Flip-Up Helmet bisa di naikturun-kan. Kekurangan dari Helm ini yaitu pada saat terjadi kecelakaan kemungkinan kaca helm ini bisa terlepas dan bisa membuat cidera bagian hidung, dagu, hingga mata.

Nah, itulah beberapa jenis Helm yang sering digunakan pengendara bermotor. Semua jenis Helm ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, intinya sih, saat mengendarai sepeda motor kita wajib mengunakan Helm agar aman.

Baca Juga: Inilah 10 Jenis Vespa Paling Langka dan Banyak Dicari

Loading...

Add Comment