Mengenal 17 Jenis Kurma Paling Populer di Dunia

Jenis Kurma

Kurma

Sejak jaman dulu, setiap menjelang bulan Ramadhan hingga hari raya Idul Fitri, buah Kurma akan menjadi salah satu makanan khas Ramadhan terpopuler di dunia yang banyak dicari untuk dijadikan sebagai menu berbuka puasa.

Berbuka puasa dengan buah Kurma juga merupakan salah satu sunnah nabi, setelah itu, baru memakan makanan lainnya. Hal ini karena memang buah Kurma memiliki banyak sekali mamfaat bagi kesehatan.

Tanpa Operasi Plastik, Inilah 10 Pria Tercantik Di Dunia

Ada ratusan jenis Kurma di dunia, di Arab Saudi saja ada lebih 400 jenis buah Kurma, ini belum termasuk wilayah Mesir, Irak, dan beberapa tempat lainnya. Lantas, jenis Kurma apa saja yang paling populer di dunia? berikut ulasannya

1. Jenis Kurma Ajwa

Banyak orang menyebut jenis buah Kurma yang berwarna gelap dengan tekstur lembut ini dengan sebutan ” Kurma Nabi “, karena Kurma Ajwa ini adalah jenis buah Kurma favorit nabi besar umat Islam yaitu Nabi Muhammad SAW.

Jenis buah Kurma ini hanya bisa tumbuh di kota Madinah, Arab Saudi. Sedangkan citarasanya tidak terlalu manis mirip seperti kismis.

2. Jenis Buah Kurma Barhi

Bentuk jenis Kurma ini hampir silinder dengan warna kuning terang, sedangkan citarasanya kurang lebih sama dengan jenis buah Kurma lainnya yaitu manis. Kelebihan jenis buah Kurma yang satu ini yaitu bisa dibekukan dan disimpan selama berbulan-bulan.

3. Jenis Buah Kurma Kholas

Bentuk buah Kurma ini mirip dengan buah Kurma Barhi dengan warna cokelat terang dan agak lengket. Sedangkan citarasanya mirip dengan Karamel ketika sudah matang. Buah Kurma ini cukup terkenal di Arab Saudi sana, karena mempunyai tekstur yang empuk dengan rasa yang tidak terlalu manis.

4. Jenis Kurma Khidri

Jenis buah Kurma ini memiliki warna cokelat terang dengan tekstur agak kering dan kulitnya agak keriput dengan rasa yang manis. Jenis buah Kurma ini adalah salah satu jenis buah Kurma yang paling banyak diekspor ke luar negeri.

5. Jenis Buah Kurma Maktoom

Kalau jenis buah Kurma yang satu ini berbentuk agak besar dengan warna merah agak kecokelatan. Kulitnya juga tebal dengan rasa yang cukup manis dan teksturnya juga agak lembut.

6. Jenis Buah Kurma Majol

Kalau jenis Kurma ini mengandung banyak air dengan bentuk agak besar, sedangkan citararanya cukup manis. Jenis buah Kurma ini berasal dari negara Maroko, tapi bisa juga tumbuh di negara Arab Saudi, Amerika Serikat, Palestina, Israel, dan Jordan.

7. Jenis Kurma Mozafati

Sebagian besar jenis buah Kurma ini tumbuh di Kerman, Iran. Buah Kurma yang juga sering disebut ” Kurma Bam “ ini memiliki warna gelap dengan tekstur lembut, berukuran sedang, dan memiliki rasa yang manis.

Biasanya, Kurma yang satu ini dikomsumsi saat masih segar, tapi bisa juga disimpan hingga 2 tahun di tempat penyimpanan yang memiliki suhu -5 derajat celcius.

8. Jenis Buah Kurma Sekki

Jenis buah Kurma ini memiliki warna dan tekstur yang cukup unik yaitu dibagian atasnya berwarna agak kekuning-kuningan, sedangkan bagian bawahnya berwarna agak kecokelat-cokelatan.

Pada bagian yang berwarna kuning tersebut bertekstur agak keras. Sedangkan dibagian yang berwarna cokelat, teksturnya lebih lembut dan kenyal. Sedangkan rasa manisnya termasuk kategori sedang.

9. Jenis Buah Kurma Thoory

Jenis Kurma yang satu ini sangat populer di negara Aljazair. Jenis buah Kurma yang juga sering disebut ” Kurma Thuri “ ini memiliki warna cokelat agak kemerah-merahan. Tapi, saat sudah diawetkan warnanya berubah menjadi agak kebiru-biruan dengan kulit yang keriput.

10. Jenis Kurma Sokari

Jenis buah Kurma ini memiliki tekstur lembut dan kenyal dengan warna cokelat gelap. Kurma ini berasal dari negara Arab Saudi dan termasuk salah satu jenis buah Kurma termahal di dunia. Hal karena, kurma ini dipercaya memiliki banyak mamfaat bagi kesehatan.

11. Jenis Buah Kurma Anbara

Jenis buah Kurma ini berukuran cukup besar dengan daging tebal dan biji kecil. Kurma ini termasuk salah satu jenis buah Kurma yang cukup mahal, karena selain rasanya yang manis, Kurma berwarna cokelat ini juga kaya akan protein.

12. Jenis Buah Kurma Safawi

Jenis Kurma ini berwarna hitam, dan memiliki daging yang tebal, serta memiliki banyak vitamin. Makanya, jenis buah Kurma yang satu dipercaya memiliki banyak mamfaat bagi kesehatan, salah satunya bisa membunuh cacing di dalam perut.

Selain itu, Kurma ini juga dikenal memiliki banyak kandungan mineral dan juga memiliki sifat penyembuhan. Jenis buah Kurma ini banyak dibudidayakan di kota Madinah.

13. Jenis Kurma Saghai

Jenis buah Kurma yang satu ini biasanya banyak dibudidayakan di Riyadh. Warnanya cokelat dan agak kuning dibagian ujungnya, kulitnya agak keriput tapi tidak sampai mengelupas.

14. Jenis Buah Kurma Amer Hajj

Buah Kurma ini berasal dari Irak dan sering disebut oleh penduduk setempat dengan sebutan ” the visitor’s date “, karena sering disajikan untuk menyambut tamu yang datang ke rumah mereka. Teksturnya lembut dengan kulit tipis dan daging tebal.

15. Jenis Buah Kurma Zaghloul

Bentuk jenis Kurma ini panjang mirip seperti buah melinjo dengan warna merah tua. Jenis buah Kurma yang banyak ditemukan di negara Mesir ini dikenal banyak mengandung gula dan harganya pun cukup mahal.

16. Jenis Kurma Deglet Noor

Jenis buah Kurma yang satu ini populer di negara Libya, Algeria, Tunisia, dan Amerika Serikat. Nama Kurma ini berarti ” cahaya “ sesuai dengan ciri warnanya yang mirip sinar matahari yaitu kuning keemasan. Sedangnya rasa manisnya termasuk kategori sedang.

17. Jenis Buah Kurma Khalasah

Jenis buah Kurma yang satu ini populer di negara Arab Saudi, karena tingkat kemanisan termasuk kategori sedang, sehingga cukup disukai oleh masyarakat di Arab Saudi sana. Jenis buah Kurma ini banyak tumbuh di bagian timur Arab Saudi.

Nah, itulah beberapa jenis Kurma yang cukup populer di dunia. Sebenarnya, masih banyak jenis-jenis buah Kurma yang tersebar di penjuru dunia, tapi karena minimnya informasi, saya cukupkan itu dulu, nanti kalau ada waktu saya tambahkan lagi.

Baca Juga: Unik dan Meriah, Inilah 10 Tradisi Lebaran di Indonesia

Loading...

Add Comment