Inilah 10 Jenis Vespa Paling Langka dan Banyak Dicari

Vespa merupakan merek sepeda motor jenis skuter yang berasal dari Italia. Pada awalnya, skuter yang diproduksi oleh perusahaan Piaggio ini memiliki saingan berat skuter merek Lambreta. Tapi kini, Vespa tidak memiliki saingan lagi.

Vespa termasuk barang antik yang banyak dicari orang, terutama para “scooterist”, dimana diketahui Vespa sudah ada sejak tahun 1943. Menurut mereka, semakin lama usia Vespa tersebut, maka semakin bersejarah Vespa tersebut.

Dari tahun 1943 sampai sekarang, ada beberapa jenis Vespa yang berhasil diproduksi dan dipasarkan di seluruh dunia. Lantas, jenis Vespa apa saja yang paling langka dan banyak dicari? berikut ulasannya

1. MP 5 Paperino – 1943

Jenis Vespa

MP 5 Paperino via wikimedia.org

MP 5 Paperino adalah jenis Vespa pertama yang diproduksi. Vespa yang juga sering disebut “Donal Bebek” ini diproduksi di akhir perang dunia kedua yaitu tahun 1943. Pada awalnya pihak Piaggio tidak menyukai prototipe Vespa ini, tapi kini jenis Vespa ini banyak dicari oleh kolektor di seluruh dunia.

2. MP 6 Prototype – 1945

Jenis Vespa

MP 6 Prototype via wikimedia.org

Sepeda motor skuter ringan dan serbaguna ini diperkenal untuk pertama kalinya pada bulan April 1946 di sebuah pekumpulan pemain Golf di Roma. Jenis Vespa inilah yang dianggap sebagai awal pertualangan skuter antik ini ke seluruh dunia.

3. Vespa 98 – 1946

Jenis Vespa

Vespa 98 via wikimedia.org

Vespa 98 diproduksi pada tahun 1946, dimana jenis Vespa ini di desain sesuai dengan kondisi jalan saat itu yaitu masa setelah perang, dimana banyak jalan-jalan yang masih dalam keadaan buruk akibat perang kedua.

4. Vespa 98 cc Race – 1947

Jenis Vespa

Vespa 98 cc Race via lukescooter.blogspot.co.id

Ketika banyak jenis Vespa memenuhi jalan-jalan di Italia, membuat pihak Piaggio mendapatkan ide membuat kendaraan yang lebih agresif dan cepat. Hasilnya adalah Vespa 98 cc Race yang mendapat gelar terbaik di Monte Mario hill climb pada tahun 1947 yang saat itu dikemudikan oleh Joseph Cautriumphs.

5. Vespa 125 Circuito – 1949

Jenis Vespa

Vespa 125 Circuito via komunitasvespatuwed.blogspot.co.id

Pada akhir tahun 40-an, banyak perusahaan sepeda motor yang beranggapan, cara terbaik mempromosikan kendaraan mereka adalah dengan cara mengikuti lomba yang sering diadakan di sejumlah kota di dunia.

Pihak Piaggio pun membuat jenis Vespa skuter sirkuit yaitu Vespa 125 Circuito. Tujuannya yaitu untuk mendekatkan masyarakat terhadap sektor otomotif yang pada akhirnya akan menambah pelanggan baru yang potensial.

6. Vespa Monthelery – 1950

Jenis Vespa

Vespa Monthelery via allinvespa.blogspot.co.id

Untuk meningkatkan citra sporty Vespa, pihak Piaggio membentuk tim ahli yang fokus terhadap catatan rekor yang bertujuan mengabadiakan keunggulan dalam penelitian yang sudah pernah dicapai sebelum perang.

Akhirnya, pada 7 April 1950 di sirkuit Montlhery, Perancis, selama 10 jam pengujian dengan 3 orang pembalap yang mengemudikan secara bergantian, Jenis Vespa ini memecahkan 17 rekor dunia saat itu.

7. Vespa 125 U – 1953

Jenis Vespa ini adalah Jenis Vespa paling di cari oleh banyak kolektor dunia, sebab Vespa 125 U yang diproduksi pada tahun 1953 ini sangat langka, dimana diketahui Jenis Vespa ini hanya diproduksi sebanyak 7 ribu unit saja.

Huruf “U” adalah singkatan “Utilitaria” yang artinya serbaguna, sebab model Vespa ini dibuat dengan tujuan untuk menyaingi Lambretta. Selain itu, Vespa ini adalah model Vespa pertama yang memiliki lampu di Stangnya.

8. Vespa 150 Side Car – 1955

Jenis Vespa

Vespa 150 Side Car via troubadourtriumph.blogspot.co.id

Kalau Vespa yang satu ini diproduksi antara tahun 1948 sampai tahun 1949, dimana saat itu mesin 125 sedang naik daun. Vespa 150 Side Car dibuat setelah melewati beberapa penelitian, yang akhirnya performanya mendapat banyak pujian.

9. Vespa 150 – 1956

Pada tahun 1950-an, pihak badan pertahan negara Perancis meminta dibuatkan sepeda motor khusus kepada penerima lisensi Piaggio di Perancis yaitu sebuah kendaraan yang akan dipergunakan untuk keperluan militer.

Akhirnya, terciptalah Vespa 150 yaitu Vespa khusus yang hanya diproduksi kurang lebih 600 unit saja. Saat itu Vespa ini dipergunakan oleh Legiun Asing dan Korps dan dapat diturun dengan parasut.

10. Vespa 125 (VNA2) – 1958

Jenis Vespa

Vespa 125 (VNA2) via pinterest.com

Jenis Vespa ini diproduksi pada tahun 1958 dengan dua varian warna yaitu abu-abu dan beige yang menandai sebuah era baru, dimana untuk pertama kalinya Vespa mempunyai Chasis hasil dari gabungan dua lembaran seng (jenis Frame). Sejak saat itulah, pengunaan frame diterapkan di semua jenis Vespa.

Nah, itulah beberapa jenis Vespa paling langka dan banyak dicari. Perlu diketahui, saat ini, komunitas Vespa di Indonesia adalah komunitas Vespa dengan jumlah anggota terbanyak di dunia selain Italia.

Baca juga: 20 Mitos Jawa Yang Kalau di Pikir-pikir, Ternyata Masuk Akal

Loading...

Add Comment