5 Kapal Hantu Terseram Di Dunia

Dilaut yang luas menyimpan banyak misteri, salah satunya kapal hantu yang menjadi salah satu cerita yang tidak terhindarkan dari mereka yang mengarungi samudera. Percaya atau tidak, di lautan yang luas tentu ada kisah-kisah tentang kapal berhantu ini.

Terkadang kisah ini muncul akibat kecelakaan yang dialami para pelaut atau adanya kapal yang menghilang secara tiba-tiba. Dari sekian banyak kisah kapal hantu bahkan membuat kawasan di lautan terlihat jadi angker dan dihindari oleh pelaut lainnya.

Salah satu cerita yang populer yaitu diwaktu adanya badai di lautan, tiba-tiba beberapa pelaut melihat ada kapal yang berjalan terombang-ambing di antara badai. Lebih seramnya lagi, kapal itu merupakan kapal yang seharusnya sudah tenggelam dengan seluruh penumpang sudah tewas.

Berikut adalah 5 Kapal Hantu Terseram Di Dunia :

5. The Caleuche

Salah satu legenda yang paling populer dari mitologi Chilota, Chili Selatan yakni Caleuche, sebuah kapal hantu yang muncul setiap tengah malam di dekat pulau Chiloe. Menurut warga setempat, kapal tersebut merupakan semacam kapal layar, yang membawa semua hantu orang yang tenggelam di laut.

Para warga melihat, Caleuche brewarna menyolok indah dan cerah, dan selalu disertai oleh suara musik dan beberapa orang tertawa. Setelah muncul selama beberapa saat, kapal itu selanjutnya menghilang atau menenggelamkan diri dibawah air.

4. The SS Valencia

SS Valencia merupakan kapal yang tenggelam di lepas pantai Vancouver, British Columbia pada tahun 1906. Kapal itu dihadang cuaca buruk di dekat Cape Mendocino, kapal tersebut hanyut, menabrak karang dan mulai tenggelam.

Para awak segera mulai menurunkan sekoci dan menyelamatkan 108 penumpang kapal. SS Valencia akhirnya tenggelam, dan cuma 37 dari sekitar 180 orang di kapal selamat. Lima bulan seterusnya, seorang nelayan mengklaim sudah menemukan kehidupan di suatu rakit dengan 8 kerangka di dalam sebuah gua.

Pencarian dilakukan, namun tak menemukan apa pun. Valencia akhirnya jadi sumber berbagai kisah kapal hantu. Pelaut sering mengklaim mereka melihat hantu dari kapal uap melayang dekat karang di Pachena Point.

3. The Ourang Medan

Cerita mengenai kapal hantu ini dimulai pada 1947, waktu dua kapal Amerika menerima panggilan saat menavigasi di Selat Malaka, lepas pantai negara Malaysia-Indonesia. Si penelepon memyebut dirinya sebagai anggota awak Ourang Medan (Orang Medan), sebuah kapal Belanda yang kapten kapal dan awaknya sudah mati. Sipenelepon mengucapkan “aku mati”. Pada kalimat terakhirnya.

Beberapa kapal cepat berlari ke tempat kejadian untuk membantu. Saat mereka tiba, mereka menemukan bahwa Ourang Medan tidak mengalami kerusakan, namun anehnya semua awak kapal, bahkan anjing sudah ditemukan mati, tubuh dan wajah mereka dalam pose dan ekspresi ketakutan.

Sebelum para ahli menyelidiki lebih lanjut, kapal misterius tersebut terbakar. Selanjutnya, Medan Ourang dikatakan sudah meledak dan kemudian tenggelam. Sementara ini rincian dan keseluruhan fakta dari kisah Medan Ourang masih banyak diperdebatkan.

2. The Lady Lovibond

Inggris mempunyai banyak cerita legenda mengenai kapal hantu dan Lady Lovibond ini barangkali yang paling populer. Ceritanya, kapten kapal Lady Lovibond , Simon Peel, baru saja menikah dan memutuskan untuk membawanya di sebuah kapal pesiar untuk merayakannya. ia membawa istri barunya selama pelayaran.

Zaman dulu orang-orang memiliki keyakinan bahwa membawa seorang perempuan di perahu akan bernasib buruk. Berlayar pada 13 Februari tahun 1748, Lady Lovibond tenggelam, menewaskan semua penumpangnya.

Sebagai legenda, kecelakaan Lady Lovibond sering diperingati karamnya di perairan sekitar Kent setiap 50 tahun. Lady Lovibond kembali kelihatan pada tahun 1948, dan sementara ini tidak ada penampakan lagi sejak tahun 1998.

1. The Flying Dutchman

Tidak ada kapal hantu yang lebih populer daripada Flying Dutchman, yang sudah mengilhami banyak lukisan, cerita horor, film, dan bahkan sebuah opera. Kapal ini pertama kali disebutkan pada akhir 1700-an di George, buku pelaut Barrington’s Voyage ke Botany Bay, dan sejak itu ceritanya terus tumbuh, berkat berbagai penampakan yang ditemukan oleh nelayan dan pelaut.

Ceritanya, Flying Dutchman merupakan kapal yang keluar dari Amsterdam yang dikapteni oleh Van der Decken. Kapal itu berlayar menuju Hindia Timur diwaktu menghadapi cuaca yang berbahaya di dekat Tanjung Harapan, di benua Afrika paling selatan. Disaat menyimpang di Tanjung Harapan, Van der Decken menjadi gila, ia membunuh istrinya, dan bersumpah bahwa dirinya akan melewati Cape.

Mitosnya Van der Decken dan kapalnya kini dikutuk untuk berlayar dilautan untuk selama-lamanya. Hingga hari ini, Flying Dutchman menjadi salah satu yang cerita kapal hantu paling terkenal dan beberapa nelayan atau pelaut yang pernah menlihat penampakan Flying Dutcman konon katanya tidak akan berani lagi berlayar.

Bacajuga: Tanpa Rekayasa, Inilah 10 Foto Hantu Asli Paling Nyata

Loading...

Add Comment