11 Kapal Hantu Terseram Di Dunia! Konon Katanya Masih Gentayangan!!

Di lautan luas menyimpan berbagai misteri yang sampai sekarang belum bisa dipecahkan oleh siapapun, salah satunya tentang misteri Segitiga Bermuda yang sudah banyak menenggelamkan kapal dan pesawat terbang di dasar lautannya.

Selain Segitiga Bermuda, ada satu lagi kisah seram yang pasti cukup familiar ditelinga mereka yang sering mengarungi lautan, yaitu kisah tentang keberadaan kapal hantu. Konon katanya, kapal-kapal hantu ini bisa muncul dan hilang secara tiba-tiba.

Biasanya, kapal-kapal hantu ini merupakan bekas kapal yang pernah tengelam atau kapal yang pernah menghilang tanpa sebab di lautan. Lantas, kisah kapal hantu apa saja yang paling seram di dunia? berikut ulasannya

1. The Caleuche

Kisah kapal hantu terseram di dunia yang pertama yaitu The Caleuche. Kisah kapal hantu The Caleuche merupakan salah satu legenda paling populer dalam mitologi Chilota di selatan negara Chili.

Konon katanya, kapal The Caleuche akan muncul setiap tengah malam di sekitar pulau Chiloe. Berdasarkan cerita warga setempat, kapal ini seperti kapal layar yang membawa semua arwah orang yang mati tenggelam di lautan.

Kapal The Caleuche juga memiliki warna yang mencolok, selalu disertai suara musik, dan suara beberapa orang yang tertawa. Setelah muncul beberapa saat, kapal ini akan menghilang atau menenggelamkan diri ke bawah air.

2. The SS Valencia

Kapal Hantu Terseram Di Dunia

The SS Valencia via wikimedia.org

Kisah kapal hantu terseram di dunia selanjutnya yaitu The SS Valencia. Kapal The SS Valencia tenggelam pada tahun 1906 di lepas pantai Vancouver, British Columbia karena dihadang cuaca buruk di dekat Cape Mendocino.

Kemudian, kapal tersebut hanyut dan menabrak karang, setelah itu secara perlahan kapal tersebut mulai tenggelam. Dari 180 orang yang ada di kapal tersebut, hanya 37 orang selamat dari insiden mengerikan tersebut.

Kini, banyak pelaut yang mengklaim pernah melihat kapal uap melayang di sekitar di Pachena Point. Penampakan kapal hantu melayang ini diyakini sebagai kapal The SS Valencia yang tidak pernah ditemukan kerangkanya sampai sekarang.

3. The Lady Lovibond

Negara Inggris memiliki banyak sekali kisah legenda tentang kapal hantu, salah satunya yaitu The Lady Lovibond. Ceritanya bermula dari kapten kapal The Lady Lovibond yaitu Simon Peel yang baru saja menikah dengan seorang gadis.

Simon Peel memutuskan membawa istri barunya selama pelayaran. Di jaman dulu, ada mitos yang menyebutkan bahwa membawa seorang perempuan di kapal atau perahu akan membawa nasib buruk bagi kapal dan penumpang.

Hingga akhirnya, kapal The Lady Lovibond tenggelam dan semua awak dan penumpangnya tewas dalam insiden tersebut. Konon katanya, kapal The Lady Lovibond pernah beberapa kali terlihat kembali, salah satunya pada tahun 1948.

4. The Flying Dutchman

Kapal Hantu Terseram Di Dunia

The Flying Dutchman via wikimedia.org

Tidak ada kisah kapal hantu terseram di dunia yang lebih populer daripada kisah kapal hantu Flying Dutchman. Selain itu, kisah kapal Flying Dutchman juga sudah banyak mengilhami beberapa lukisan, kisah horor, film, dan Opera.

Kisah kapal Flying Dutchman disebutkan pertama kali pada tahun 1700-an di buku pelaut Barrington’s Voyage ke Botany Bay, dan sejak itu kisahnya semakin populer setelah ada beberapa kali penampakan kapal tersebut yang dilihat oleh para pelaut dan nelayan waktu itu.

Konon katanya, kapal Flying Dutchman yang dikapteni oleh Van der Decken sudah dikutuk untuk berlayar selama-lamanya, setelah dia membunuh istrinya sendiri di kapal tersebut saat berlayar dari Amsterdam menuju ke Hindia Timur.

5. Mary Celeste

Kapal Hantu Terseram Di Dunia

Mary Celeste via wikimedia.org

Kisah kapal Mary Celeste adalah salah satu misteri maritim terbesar di dunia, dimana peristiwa ini mengarah kepada delapan awak dan dua penumpang yang menghilang secara misterius dari muka bumi ini.

Kapal Mary Celeste ditemukan kosong tanpa awak seorangpun dalam keadaan terombang-ambing dilautan lepas pada tahun 1872. Hal ini diketahui dari pengakuan kapten kapal Dei Gratia bernama Morehouse yang menemukan pertama kali kapal tersebut dalam keadaan kosong.

Setelah diperiksa dan diselidiki, kapal tersebut seolah-olah ditinggalkan oleh para awak dan penumpangnya dengan segesa-gesa, tidak ada tanda-tanda kekerasan apapun, dan barang-barang di kapal tersebut masih utuh.

Dalam sejarahnya, kapal ini sudah berpindah tangan sebanyak 17 kali kepemilikan, dimana beberapa di antaranya terjadi peristiwa tragis yang berujung pada kematian. Hiii seram…

6. Baychimo

Kisah kapal hantu terseram di dunia selanjutnya yaitu kisah kapal Baychimo. Baychimo adalah sebuah kapal dagang yang dibuat pada tahun 1911. Kemudian, kapal ini diberikan kepada Inggris dari Jerman sebagai rampasan perang.

20 tahun kemudian, kapal ini dijadikan kapal uap kargo yang mengangkut muatan bulu pada tahun 1931. Tapi, kapal ini terjebak dilapisan es di lepas pantai sekitar Kota Barrow. Setelah itu, para awaknya meninggalkan sementara kapal tersebut untuk mencari tempat berlindung.

Seminggu kemudian, para awak kembali ke kapal tersebut untuk melanjutkan pelayaran. Tapi lagi-lagi mereka terperangkap lagi dilapisan es dan badai salju. Akhirnya, para awak membangun tempat penampungan sementara yang agak jauh dari kapal tersebut.

Tapi ketika badai salju sudah mereda, para awak kapal tidak bisa lagi menemukan kapal Baychimo sampai sekarang. Kini, sepanjang 4 dekade, ada beberapa laporan yang mengaku pernah melihat penampakan kapal ini.

7. Eliza Battle

Kapal Hantu Terseram Di Dunia

Eliza Battle via wikipedia.org

Eliza Battle adalah salah satu kapal uap mewah yang terbuat dari kayu, dimana kapal yang dibuat pada tahun 1852 diperuntukan bagi Presiden dan tamu-tamu pentingnya. Pada tahun 1958, kapal ini terbakar dibagian dek utamanya saat berlayar di Sungai Tombigbee.

Angin kencang membuat api dengan cepat melahap kapal kayu mewah ini. Ada beberapa laki-laki yang meninggal karena berusaha menyelamatkan orang yang mereka sayangi, dan ada beberapa wanita yang meninggal karena berusaha menyelamatkan anak-anaknya.

Ada beberapa orang yang berhasil selamat setelah berusaha naik ke kapal kecil (sekoci), dimana dari 100 penumpang, hanya ada 26 orang yang berhasil selamat. Kini, saat bulan purnama, kapal ini sering menampakan diri di Sungai Tombigbee.

8. Teazer Young

Teazer Young adalah salah satu kapal tercepat pada masanya yang banyak melakukan penyelundupan hasil dari pedagangan di Nova Scotia yaitu sebuah galangan kapal di sekitar pelabuhan Halifax, Kanada.

Pada masanya, kapal ini sangat sulit ditangkap karena sangat cepat. Sampai akhirnya, kapal ini berhasil dipojokan oleh pasukan gabungan, tapi sebelum berhasil ditangkap, kapal ini tiba-tiba meledak.

Ternyata, kapten kapal Teazer Young yang terkenal sedikit gila bernama Letnan Frederick Johnson melakukan aksi bunuh diri bersama para awaknya dengan melempar bom molotov ke gudang amunisi di kapal tersebut.

Setelah kejadian tersebut, ada beberapa laporan dan saksi mata yang menyebutkan bahwa kapal Teazer Young telah kembali dari dalam laut sebagai kapal api.

9. Octavius

Kapal Octavius ditemukan di sekitar barat Greenland oleh kapal penangkap ikan paus pada tahun 1775 silam. Semua awak kapal tersebut ditemukan sudah tewas dalam keadaan membeku, dimana dalam laporan kapal ini masuk ke wilayah tersebut pada tahun 1762.

Itu artinya para awak kapal tersebut sudah meninggal selama 13 tahun. Di duga sang kapten memilih jalur pendek tapi berbahaya ketimbang memilih jalur yang biasa dilewati oleh kapal pada masa itu. Hal inilah yang diyakini menjadi penyebab kapal ini sampai terperangkap di dalam lapisan es.

Tapi, sebelum ditemukan, banyak pelaut yang mengaku pernah melihat penampakan kapal Octavius di sekitar Utara Alaska.

10. HMS Eurydice

Kapal Hantu Terseram Di Dunia

HMS Eurydice via wikimedia.org

HMS Eurydice adalah salah satu kapal penumpang di Inggris yang berlayar sekitar tahun 1843 hingga 1878. Dalam pelayarannya, kapal ini dilaporkan terjebak badai salju pada tahun 1878 di sekitar pantai Wight di Inggris.

Kemudian, kapal tersebut terbalik dan tenggelam dengan membawa 330 orang penumpang. Tidak lama setelah kejadian tersebut, beredar cerita ada kapal aneh yang muncul kemudian hilang secara tiba-tiba di sekitar tenggelamnya kapal HMS Eurydice.

Selain itu, ada juga beberapa saksi mata yang mengatakan pernah melihat kapal HMS Eurydice sedang berlayar di sekitar pesisir Pantai Isle pada tahun 1930. Dan masih banyak kisah lainnya yang berhubungan dengan salah satu kapal hantu terseram di dunia ini.

11. Northnumberland Strait

Legenda lokal menyebutkan bahwa kemunculan kapal hantu bernama ” Northnumberland Strait “ menandakan akan terjadi badai besar dalam waktu dekat. Penampakan kapal ini biasanya memiliki layar putih yang diselimuti kobaran api.

Karena penampakan seolah-olah kapal sedang terbakar, banyak pelaut yang tertipu dan malah mendekati kapal tersebut dengan maksud ingin membantu dan menyelamatkan para awak kapal tersebut.

Tapi, ketika pelaut mencoba mendekati dan mencari sumber penampakan kapal tersebut, kapal ini secara tiba-tiba akan menghilang dari pandangan para pelaut. Setelah itu, baru mereka akan sadar bahwa yang mereka lihat adalah kapal Northnumberland Strait.

Nah, itulah beberapa kisah kapal hantu terseram di dunia. Beberapa kisah-kisah kapal hantu diatas masih diragukan kebenarannya, tapi ada juga beberapa kapal yang memang pernah ada dan kini banyak menyimpan misteri.

Loading...

Add Comment