Mengenal Kawah Ijen, Permata Kebanggaan Kota Banyuwangi

Kawah Ijen

Kawah Ijen (Foto: Instagram/@explore_banyuwangi)

Kumparan – Sering termasuk ke dalam daftar gunung paling indah di dunia, Kawah Ijen memiliki pesona tersendiri sebagai gunung berapi aktif yang tawarkan keindahan alam menakjubkan.

Terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Kawah Ijen dikenal dengan kawah belerangnya yang cantik. Warna hijau turqoise mendominasi kawah yang nampak terlihat seperti sebuah danau itu.

 

 

Gunung dengan ketinggian 2,433 meter ini tawarkan rute pendakian dengan suguhan pemandangan alamnya yang begitu menenangkan. Butuh waktu sekitar dua sampai tiga jam untuk bisa sampai ke puncak gunung. Jangan khawatir, karena telah disediakan pos pemberhentian yang bisa menampung para pendaki untuk beristirahat.

Meskipun butuh tenaga esktra dalam mendaki gunung, namun rasa lelah akan terbayarkan dengan panorama Kawah Ijen yang sungguh menawan.

Jika sudah menyempatkan waktu untuk menanjak gunung Ijen, maka jangan lewatkan kesempatan untuk menyaksikan pertunjukkan blue fire atau kobaran api biru yang menari-nari dengan indahnya. Namun, ada jam-jam tertentu untuk bisa menyaksikannya, yaitu mulai pukul 03.30 sampai pukul 04.30.

 

https://www.instagram.com/p/BM0H7KnD6Hi/

 

Setelah blue fire selesai, maka kamu pun bisa melihat langsung pemandangan matahari yang menyembul ke atas langit. Puncak gunung Ijen menjadi salah satu tempat terbaik dalam menikmati sunrise di ujung timur Pulau Jawa ini.

 

 

Saat berada di puncak gunung Ijen, kamu juga akan disuguhkan dengan pemandangan tak biasa lainnya. Kamu bisa melihat pemandangan para penambang belerang yang bertaruh nyawa untuk pekerjaan paling berbaya di dunia menurut BBC.

 

https://www.instagram.com/p/BWaajzTl8yp/

 

 

Untuk bisa puas menikmati semua pesona yang ditawarkan oleh Kawah Ijen, kamu hanya cukup membayar tiket masuk seharga Rp 5.000 di hari biasa, dan Rp 7.500 di hari libur. Namun ada harga khusus bagi wisatawan mancanegara, yaitu Rp 100.000 di hari biasa dan Rp 150.000 di hari libur.

 

https://www.instagram.com/p/BWOv1m9DYs5/

 

Jika ingin bertualang seru di gunung Ijen secara gratis, kamu bisa ikut kontes kumparan Getaway yang akan memeriahkan perayaan Ijen Green Run pada tanggal 22-24 Juli mendatang. Mengeksplor gunung Ijen sambil menikmati serunya lomba lari, tunggu apalagi?

Sumber : kumparan.com

Loading...

Add Comment