5 Kebohongan Sains Terkenal Yang Pernah Menggembarkan Dunia

Ilmuwan adalah orang yang ahli atau orang yang memiliki banyak pengetahuan tentang suatu hal. Atau mungkin dalam arti lainnya, Ilmuwan adalah orang yang berkecimpung dalam ilmu pengetahuan tertentu.

Tapi, tidak semua Ilmuwan itu menjadi “orang jujur” dalam dunia ilmu pengetahuan, sebab, di beberapa kasus, ada beberapa orang Ilmuwan yang tidak menjunjungi tinggi kejujuran dalam mencari kebenaran.

Beberapa Ilmuwan tersebut dengan sengaja membuat suatu teori untuk mencapai hal yang mereka inginkan. Lantas, kebohongan sains apa saja yang paling terkenal dan pernah membuat dunia jadi heboh? berikut ulasannya

1. Manusia Piltdown

Kebohongan Sains

Manusia Piltdown

Pada tahun 1912, seorang arkeolog amatir asal Inggris bernama Charles Dawson mengklaim berhasil menemukan sebuah tulang kepala lengkap dengan gigi dan rahang di sebuah pengalian di Piltdown, Sussex, Inggris.

Charles Dawson mengklaim sudah berhasil menemukan mata rantai yang hilang antara manusia dengan kera. Dia menamai temuannya tersebut dengan Eoanthropus dawsoni.

Tapi, 40 tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1953 lewat mengujian yang lebih modern yang dilakukan oleh para Ilmuwan mengungkapkan bahwa temuan Charles Dawson hanya berumur beberapa ratus tahun.

Deskripsi lengkapnya yaitu tengkoraknya dari tengkorak manusia, rahangnya dari rahang orang utan, giginya dari gigi kera.

2. Raksasa dari Cardiff

Kebohongan Sains

Raksasa dari Cardiff

Pada bulan Oktober 1869, seorang petani dikatakan menemukan sebuah fosil manusia yang membatu dengan panjang sekitar 3 meter dan berat sekitar 1.360 kg di Cardiff, New York, Amerika Serikat. Fosil ini dinamakan Raksasa dari Cardiff.

Saat itu, penemuan ini menjadi berita besar, bahkan dikatakan bahwa penemuan fosil Raksasa dari Cardiff ini adalah penemuan geologis terbesar di dunia saat itu. Banyak warga Amerika Serikat yang rela membayar 25 dolar untuk melihatnya.

Tapi, pada tahun 1870, terungkap bahwa penemuan ini hanyalah kebohongan sains saja, dimana Raksasa dari Cardiff ini hanya terbuat dari sebuah patung dari batu gipsum yang dibentuk mirip manusia dan sengaja dikubur di sebuah ladang di Cardiff agar ditemukan oleh seseorang.

Baca juga: 10 Foto Penemuan Kerangka Manusia Raksasa, Asli Atau Palsu Ya?

3. Putri Duyung dari Fiji

Kebohongan Sains

Putri Duyung dari Fiji

Pada bulan Juli 1842, seorang bangsawan Inggris bernama Dr. J. Griffin yaitu salah satu anggota British Lyceum of Natural History tiba di kota New York dengan membawa seekor ikan duyung yang terdampar di kepulauan Fiji.

Bahkan, dalam sebuah pertunjukan di sebuah museum, ikan duyung inipun ikut diperlihatkan, dimana sosoknya sangat jauh dari gambaran ikan duyung yang ada dalam dongeng, melainkan bangkai kering dengan kepala kera dan badannya dari ikan.

Tapi, dari hasil penelitian museum tersebut, ternyata, ikan duyung tersebut hanyalah tipuan saja. Sebenarnya ikan duyung tersebut terdiri dari kera yang dimumikan dengan cara taksidermi dan digabung dengan badan ikan dengan cara dijahit.

4. Archaeoraptor

Kebohongan Sains

Archaeoraptor

Kebohongan sains selanjutnya yaitu tentang Archaeoraptor, dimana lewat sebuah artikel yang ditulis oleh Christopher Sloan di majalah National Geographic pada tahun 1999, dikatakan bahwa fosil ini adalah mata rantai yang hilang antara burung dengan dinosaurus theropod.

Sebelum di publikasikan oleh National Geographic, banyak yang meragukan keaslian fosil yang ditemukan di China ini. Makanya, saat sebuah studi yang berhasil membuktikan bahwa fosil ini paslu, beritanya pun menjadi heboh saat itu.

Adalah Zonghe Zhou yaitu seorang paleontolog yang berhasil mengungkap bahwa kepala dan badan bagian atas adalah milik fosil burung primitif Yanornis, bagian ekornya milik Microraptor, dan bagian tungkai dan telapak kakinya belum diketahui.

5. Robot Master Catur

Kebohongan Sains

Robot Master Catur

Turk adalah robot yang bisa bermain catur dan dirancang oleh seorang insiyur asal Hongaria bernama Wolfgang von Kempelen pada tahun 1770. Dikatakan bahwa robot ini bisa bermain catur melawan manusia.

Kebohongan sains ini berjalan hampir selama 84 tahun, dimana Turk sudah mengelilingi benua eropa dan Amerika untuk menunjukan kemampuanya yang bisa mengalahkan lawan manusianya. Bahkan sekelas Napoleon Bonaparte dan Benjamin Frankin pun mengakui kehebatan robot ini.

Akhirnya pada tahun 1820-an, kebohongannya robot bernama Turk ini mulai terungkap, dimana ada seseorang bernama Edgar Allan Poe berhasil membuktikan bahwa ada seorang master catur bertubuh kecil yang bersembunyi di dalam robot tersebut sebagai operatornya.

Nah, itulah beberapa kebohongan sains paling terkenal dan pernah membuat dunia jadi heboh. Semoga ini bisa menjadi pelajaran buat kita semua agar berkelakuan jujur terhadap apapun.

Baca juga: Inilah 5 Jejak Kaki Raksasa Misterius Yang Pernah Ditemukan di Indonesia

Loading...

Add Comment