9 Mamfaat dan Kegunaan Pomade, Berserta Kekurangannya

Kegunaan Pomade

Pomade

Secara garis besar, Pomade merupakan salah satu produk styling untuk rambut yang berasal dari Amerika Serikat. Jenis minyak rambut ini terbuat dari minyak kelapa, lanolin, wax, dan fragrance atau parfum.

Jenis minyak rambut ini mulai dikenal dan dipromosikan pada awal tahun 90-an, dan kini popularitasnya melejit kembali, khususnya di kalangan pria muda yang ingin tampil dengan gaya rambut lebih klimis.

Walaupun harganya cukup mahal, tapi tetap saja banyak yang ingin membeli minyak rambut ini. Lantas, apa saja mamfaat dan kegunaan Pomade sebagai minyak rambut dan apa saja kekurangannya? berikut ulasannya

Mamfaat dan Kegunaan Pomade

Sebagai minyak rambut, Pomade memiliki beberapa mamfaat dan kegunaan yang membuat minyak rambut ini populer di kalangan pria muda, bahkan mereka rela membayar mahal hanya demi mendapatkan minyak rambut ini. Berikut adalah mamfaat dan kegunaan Pomade,

1. Membuat Rambut Lebih Klimis (Licin)

Saat tampil di depan umum seperti presentasi dan sebagainya, umumnya orang ini selalu tampil dan terlihat rapi, salah satunya yaitu rambut yang rapi. Nah, kegunaan Pomade adalah bisa membuat rambut jadi rapi, licin, dan terlihat basah alami.

2. Mempertahankan Posisi Rambut

Pomade bisa membuat tatanan gaya rambut bertahan selama seharian penuh, walaupun mengunakan helm atau topi, cukup dirapikan kembali dengan sisir, maka gaya rambut akan kembali seperti semula.

Perlu diketahui juga, bila mengunakan Pomade sebagai minyak rambut, tatanan gaya rambut bisa bertahan selama 3 hari bila tidak dibilas.

3. Bisa dengan Mudah Membuat Gaya Rambut

Kegunaan Pomade lainnya, yaitu bisa dengan mudah membuat gaya rambut yang baru, walaupun jenis rambut yang kamu miliki termasuk jenis rambut yang susah diatur. Tapi dengan Pomade, jenis rambut yang susah diatur akan jadi mudah diatur sesuai dengan keinginanmu.

Kekurangan dan efek samping mengunakan Pomade

Selain memiliki mamfaat dan kegunaan yang luar biasa untuk rambut, Pomade juga memiliki kekurangan dan efek samping yang patut kita pertimbangkan untuk mengunakannya, di antaranya yaitu,

4. Bisa Membuat Warna Hitam Rambut Berubah jadi Merah

Jika terlalu sering mengunakan Pomade, apalagi setiap hari, kemungkinan terbesar warna hitam alami pada rambut akan berubah jadi agak kemerah-merahan dan kering.

5. Bisa juga Menimbulkan Kerontokan pada Rambut

Pomade diyakini memiliki efek yang kuat melebihi jel rambut biasa, makanya pemakaian Pomade yang berlebihan bisa menimbukan kerontokan pada rambut.

Selain itu, bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan Pomade juga bisa menyebabkan kerontokan rambut. Jadi perhatikan baik-baik komposisi Pomade yang kamu gunakan, kalau kamu alergi terhadap salah satu bahannya, bisa jadi itu adalah penyebab kerontokan rambutmu.

6. Membuat Kepala jadi Pusing

Yang bisa membuat kepala jadi pusing saat memakai Pomade, kemungkinan terbesar adalah baunya. Bau wangi pada Pomade bertujuan agar banyak yang menyukai dengan Pomade tersebut hingga akhirnya membeli dan memakainya.

Walaupun tidak beracun dan tidak berbahaya, faktanya sebuah fragrance (Parfum) bisa mengunakan 3000 bahan dalam pembuatannya, dimana sebagian besar adalah sintetis, dan beberapa diantara bahan tersebut bisa membuat kepala pusing.

7. Bisa Membuat Tumbuhnya Jerawat

Jerawat yang disebabkan pemakaian Pomade, kemungkinan adalah karena ketidakcocokan kulit terhadap Pomade yang berbahan oil dan petrolatum sehingga membuat jerawat tumbuh di area yang sering tersentuh Pomade seperti kulit kepala, dahi, dan sebagainya.

Hal ini terjadi, karena karena beberapa jenis Pomade mengandung mineral minyak yang bisa menghalangi dan menyumbat pori-pori. Karena pori-pori tersumbat inilah yang menyebabkan jerawat bisa tumbuh.

Jika kamu mengalami masalah ini dan tidak ingin berhenti mengunakan Pomade sebagai minyak rambut, ada baiknya pilihlah Pomade yang berbahan dasar air, dimana Pomade dengan bahan dasar air jauh lebih kecil menimbulkan masalah ini.

8. Bisa Muncul Ketombe

Sama halnya dengan poin yang diatas, pemyumbatan pori-pori yang membuat munculnya ketombe saat memakai Pomade. Sebab beberapa jenis Pomade mengandung mineral minyak yang bisa menghalangi dan menyumbat pori-pori kepala.

9. Sering Bercermin

Nah, ini juga termasuk efek samping pemakaian Pomade, kamu akan sering bercermin, entah di kamar mandi, spion mobil, atau motor, dan sebagainya, karena ingin memeriksa dan penasaran dengan tatanan rambutmu.

Nah, itulah beberapa mamfaat dan kegunaan Pomade beserta kekurangan dan efek sampingnya. Kegunaan Pomade memang memberi mamfaat yang luar biasa terhadap gayamu, tapi efek samping yang ditimbulkannya juga tidak boleh dipandang sebelah mata.

Karena hal itulah, untuk meminimalkan efek samping tersebut, ada baiknya mengurangi pemakaian Pomade minamal beberapa kali saja dalam seminggu, atau saat ada acara penting saja dimana kamu dituntut harus berpenampilan rapi.

Baca juga: Ajaib! Inilah 5 Hasil Operasi Plastik Yang Paling Memukau

Loading...

Add Comment