4 Komik Silat Indonesia Terbaik Yang Pernah Populer di Masa Lalu

Di jaman dulu, komik indonesia sangat populer, baik dari kalangan anak-anak, remaja, bahkan orang yang sudah dewasa suka membacanya. Salah satu genre komik Indonesia yang populer kala itu yaitu komik silat.

Komik silat Indonesia yang terkenal waktu itu diantara ada “Si Buta dari Gua Hantu” yang diterbitkan oleh komikus Ganes TH, dan ada juga “Panji Tengkorak” yang diciptakan oleh salah satu komikus Indonesia yaitu Hans Jaladara.

Tapi sayang, saat komik luar seperti Manga Jepang dan komik eropa masuk ke Indonesia, secara perlahan Komik Indonesia mulai dilupakan. Nah, untuk mengingat kembali, berikut ini adalah beberapa komik silat Indonesia Terbaik yang pernah populer di masa lalu

1. Si Buta dari Gua Hantu

Komik Silat

Si Buta dari Gua Hantu via jagat-silat.blogspot.co.id

Komik silat “Si Buta dari Gua Hantu” pertama kali diterbitkan pada tahun 1960-an oleh komikus Ganes TH, kemudian dicetak ulang pada tahun 2005. Pada jaman itu, komik ini sangat digandrungi oleh banyak orang di Indonesia.

Komik ini bercerita tentang kisah tragis yang dialami oleh Barda Mandrawata yaitu seorang pendekar dari perguruan Elang Putih setelah tunangannya, ayahnya, dan saudara perguruan lainnya tewas di tangan pendekar misterius yang kejam.

Pada jaman itu, komik ini sangat terkenal, makanya pada tahun 70-an, komik ini diadaptasi ke versi layar lebar bergenre laga dengan judul yang sama yaitu “Si Buta Dari Gua Hantu”.

2. Panji Tengkorak

Komik Silat

Panji Tengkorak via sastrokomik.com

Pada jaman yang sama, setelah komik silat “Si Buta dari Gua Hantu”, muncul komik lainnya dengan judul “Panji Tengkorak” sebanyak lima seri. Penciptanya adalah salah satu komikus terkenal Indonesia waktu itu yaitu Hans Jaladara.

Cerita komik ini berlatakbelakang perguruan-perguruan silat di Indonesia yang saling mengadu ilmu untuk memperebutkan pengaruh dan kekuasaan. Komik ini bercerita tentang petualang hidup dan cinta Panji yaitu seorang pendekar tangguh.

3. Sri Asih

Komik “Sri Asih” pertama kali diterbitkan pada 1 Januari 1954 oleh salah satu komikus terkenal waktu itu yaitu RA Kosasih. Selain itu komik karya Bapak Komik Indonesia (julukan RA Kosasih) ini adalah komik silat pertama Indonesia.

Komik ini juga sangat populer waktu itu, sehingga diadaptasi ke versi layar lebar. Komik Karya RA Kosasih lainnya yang juga tidak kalah populer diantaranya ada Wayang Mahabharata, Bharatayudha, Pandawa Seda, dan Ramayana.

4. Jaka Sembung

Komik Silat

Jaka Sembung via sastrokomik.com

Masih di tahun 60-an, selain komik silat “Si Buta dari Gua Hantu” dan “Panji Tengkorak”, ada juga komik silat lainnya yang tidak kalah populer waktu itu hasil karya Djair Warni yaitu Jaka Sembung.

Sebenarnya nama Jaka Sembung muncul di dalam komik Bajing Ireng yang diterbitkan Maranatha. Karena kepopulerannya, akhirnya komik ini diadaptasi ke versi layar lebar pada tahun 1982 dengan judul “Jaka Sambung Sang Penakluk” yang dibintangi oleh Barry Prima

Nah, itulah beberapa Komik Silat Indonesia terbaik yang pernah populer di masa lalu. Mungkin anak muda jaman sekarang kurang mengetahui atau mungkin tidak tahu sama sekali dengan komik silat diatas. Hal ini mungkin disebabkan selain berbeda jaman, sekarang ini jamannya komik jepang seperti Naruto, One Piece, dan lainnya.

Baca juga: 8 Film Boboho Paling Lucu Yang Selalu Sukses Membuatmu Ketawa

Loading...

Add Comment