Ragam Komponen Mobil yang Wajib Diperiksa Menjelang Musim Hujan

Komponen Mobil yang Wajib Diperiksa

Gambar Ilustrasi Mobil Kehujanan

Musim hujan segera tiba. Bukan hanya rumah yang wajib diperbaiki agar tidak mengalami kebocoran. Kondisi mobil kesayangan kita pun patut diperhatikan. Jangan sampai ada kerusakan komponen yang memperbesar risiko kecelakaan lalu lintas.

Untuk urusan memilih asuransi mobil, kita tentu mempercayakannya pada Futuready. Karena Futuready adalah supermarket asuransi mobil terbesar dan terpercaya di tanah air. Varian asuransi mobilnya sangat lengkap dan bebas kita pilih sesuai kebutuhan. Namun soal kualitas dan performa mobil di musim hujan, kita harus turun tangan sendiri memeriksa beberapa komponen ini secara teliti:

Ban Mobil Harus Layak Pakai

Menjelang musim hujan, kualitas ban mobil bagian depan harus benar-benar diperhatikan. Sebab proses manuver dan pengereman bergantung pada ban mobil bagian depan. Kita harus memastikan bahwa ban mobil depan masih berada dalam kondisi baik dan tidak gundul. Sehingga kondisi jalanan yang licin tidak terlalu berpengaruh besar pada mobil kita.

Jangan Sampai Karet Wiper Pecah

Musim panas bisa mengakibatkan karet wiper pecah-pecah. Apalagi jika karet wiper sudah lama tidak diganti. Kita patut memeriksa bagian karet wiper dengan seksama. Supaya karet wiper yang sudah pecah bisa lekas diganti dan tak berisiko membuat kaca mobil jadi lecet. Gunakan cairan pembersih wiper khusus untuk mempertahankan kualitas karet wiper dalam waktu lama.

Membersihkan Kaca Depan Secara Maksimal

Jangan menganggap remeh kaca depan yang kotor, lecet, atau berjamur. Karena kondisi kerusakan kaca tersebut bisa berakibat fatal di musim hujan. Jarak pandang kita sewaktu mengemudi akan berkurang jika kaca depan kotor dan sulit dibersihkan. Alangkah lebih baik jika kita memoles kaca depan demi memaksimalkan jarak pandang selama berkendara.

Memeriksa Kondisi AC Mobil

Jika AC mobil tak dinyalakan pada saat hujan, kemungkinan besar kaca mobil jadi berembun dan mengurangi jarak pandang. AC mobil harus berfungsi dengan baik agar kondisi temperatur di luar dan di dalam mobil tidak terlalu berbeda. Dengan demikian, kemunculan embun pada kaca pun dapat diminimalkan.

Persiapan memasuki musim hujan tidak serepot yang kita bayangkan. Lakukan saja servis teratur dan periksa kembali keempat komponen penting tersebut. Niscaya performa mobil akan tetap prima dan kita pun siap berkendara dengan lancar ke mana pun kita pergi.

Loading...

Add Comment