10 Fakta Unik Kopi Gajah! Kopi Termahal di Dunia Saat ini!!

Kopi Gajah

Kopi Gajah

Kamu pengemar kopi sejati dan berkantong tebal? berarti kamu harus mencoba mencicipi jenis Kopi Gajah. Katanya, jenis kopi ini adalah jenis kopi termahal di dunia saat ini, lebih mahal dari jenis kopi Luwak.

Proses pembuatannya pun kurang lebih sama dengan jenis Kopi Luwak, perbedaannya cuma pada hewan yang memakan biji kopi tersebut. Kalau jenis Kopi Luwak, biji kopinya berasal dari kotoran Luwak, sedangkan jenis Kopi Gajah, biji kopinya berasal dari kotoran Gajah.

Masih penasaran kenapa jenis kopi yang lebih dikenal dengan nama Black Ivory Coffe ini unik dan mahal? Berikut adalah beberapa fakta-fakta unik tentang Kopi Gajah

1. Mahal Tapi Tidak Efesien

Kamu tahu kenapa jenis Kopi Gajah sangat mahal harganya, hal tersebut karena sifat gajah yang merupakan hewan paling tidak efektif, dimana dalam 33 kg biji kopi yang dimakannya, hanya sekitar 1 kg yang akan jadi biji kopi.

Hal ini terjadi karena sistem percernaan Gajah yang memang terlalu kuat sehingga banyak menghancurkan biji kopi yang dimakannya.

2. Perlu Waktu 15 – 30 Jam Untuk Mencerna Biji-Biji Kopi Tersebut

Dalam proses pembuatan biji Kopi Gajah tersebut, dibutuhkan 15 jam hingga 30 jam untuk Gajah-Gajah tersebut mencerna biji-biji tersebut bersama dengan makanan lainnya seperti pisang, tebu, dan bahan makanan lainnya.

3. Kalau Luwak Secara Alami Memakan Biji Kopi Sedangkan Gajah Sengaja Diberi Makan Dengan Biji Kopi

Seperti yang disebutkan sebelumnya, dalam proses pembuatan jenis Kopi Gajah kurang lebih sama dengan jenis Kopi Luwak, cuma perbedaannya, kalau Luwak memang secara alami memakan biji kopi sedangkan biji Kopi Gajah berasal dari kotoran Gajah yang sengaja diberi makan dengan biji kopi.

4. Memiliki Rasa Yang Unik

Protein dalam biji kopi adalah salah satu faktor utama yang menyebabkan kopi itu memiliki rasa pahit, dimana kalau kandungan protein dalam biji kopi tersebut dipecah, maka rasa pahitnya pun akan berkurang.

Nah, sebuah penelitian menyatakan bahwa enzim dalam perut Gajah bisa memecah protein yang ada dalam biji kopi tersebut, makanya cita rasa dari Kopi Gajah lebih halus dengan aroma perpaduan antara bunga dan cokelat.

5. Belum Dijual Secara Bebas

Sampai saat ini, jenis Kopi Gajah ini hanya bisa didapatkan di negara Thailand, Maladewa, dan Abu Dhabi dan harganya pun sangat mahal yaitu diperkirakan sekitar Rp 600 ribu secangkirnya. Wow mahal banget!!

Baca juga: 10 Minuman Khas Bali, Dari Yang Menyegarkan sampai Yang Memabukan

6. Proses Uji Coba Lama

Sama halnya dengan jenis makanan dan minuman lainnya, sebelum dipasarkan dan dijual untuk umum, maka dilakukan dulu sebuah uji coba. Begitu juga dengan jenis Kopi Gajah ini, kabarnya diperlukan 9 tahun masa uji coba sampai akhirnya bisa dijual secara umum.

7. Tempat Produksi Kopi Tersebut Berada di Tempat Yang Terkenal Sebagai Produsen Candu

Lokasi produksi Kopi Gajah berada di utara negara Thailand, lebih tepatnya di provinsi Chiang Rai yaitu salah satu kota terpencil di Thailand yang berbatasan dengan Myanmar dan Laos. Daerah ini dikenal sebagai tempat penyelundupan narkoba dengan nama daerah segitiga emas.

8. Penemunya Bukan Orang Asli Thailand

Ide pembuatan Kopi Gajah ini muncul dari salah satu investor kopi asal Kanada yaitu Blake Dinkin. Dia menghabiskan sekitar Rp 4 miliar untuk mengembangkan pembuatan kopi ini.

9. Ternyata Pemilik Gajah Mendapatkan Bagian Dari Penjualan Kopi Tersebut

Ternyata sekitar 8% dari keuntungan penjualan Kopi Gajah tersebut diberikan kepemilik gajah dan digunakan untuk pemeliharaan gajah-gajah tersebut. Selain itu, kesehatan gajah tersebut juga diawasi secara khusus oleh dokter hewan.

10. Biji Kopi Diambil Ditempat Yang Berbeda Dengan Habitat Gajah

Ternyata kopi yang dimakan gajah-gajah tersebut diambil dari perkampungan yang berbeda dengan tempat habibat gajah-gajah tersebut dan jenis kopinya adalah jenis Arabika yang dipetik para wanita Thailand yang tumbuh di ketinggian sekitar 5000 kaki.

Nah, itulah beberapa fakta unik tentang Kopi Gajah yaitu kopi termahal di dunia saat ini. Bagaimana mau mencoba mencicipinya?

Baca juga: 11 Jenis Racikan Kopi Paling Terkenal di Dunia Yang Menarik Diketahui

Loading...

Add Comment