Benar-benar Ada, Inilah 9 Kota Hilang Yang Berhasil Ditemukan Kembali

Kisah tentang kota hilang yang paling terkenal di dunia adalah kota Atlantis, dimana kota ini dikatakan hilang karena ditelan oleh lautan dan sampai saat ini jejak kota ini tidak pernah ditemukan oleh siapa pun.

Tapi, Atlantis bukanlah satu-satunya kisah tentang kota hilang, sebab di dunia ada beberapa kebudayaan yang juga memiliki kisah tentang kota hilang, entah itu disapu gelombang, terkubur di dalam tanah, atau ditelan hutan belantara.

Inilah 7 Kejadian Memalukan Wanita Kejepit Sesuatu Paling Langka

Kebanyakan kota-kota tersebut tidak pernah ditemukan lagi, tapi ada beberapa diantara kota hilang yang tadinya dianggap mitos saja berhasil ditemukan. Lantas, kota hilang apa saja yang sudah berhasil ditemukan lagi? berikut ulasannya

1. Machu Picchu di Peru

Kota Hilang

Machu Picchu di Peru via wikipedia.org

Machu Picchu adalah salah satu kota hilang yang berada di negara Peru. Kabarnya, kota ini dibangun pada tahun 1450-an, dan ditinggali selama kurang lebih 100 tahun sampai akhirnya hilang karena dihancurkan oleh Spanyol.

Beberapa abad kemudian, berhasil ditemukan kembali di sebuah lahan yang tertutup hutan. Kota yang berada di ketinggian 2.430 meter di atas permukaan air laut ini sangat erat hubungannya dengan kekaisaran Inca.

2. Palenque di Meksiko

Kota Hilang

Palenque di Meksiko via wikimedia.org

Palenque merupakan kota hilang dari suku maya kuno di dekat sungai Usumacinta, Chiapas (salah satu negara bagian Meksiko). Di kota ini ditemukan beberapa arsitektur berupa patung dan ukiran dari suku maya kuno.

Kabarnya, kota ini dihancurkan oleh musuh bebuyutan suku maya yaitu suku Tonina pada tahun 703 sebelum masehi. Kota ini baru ditemukan kembali pada abad ke 18, kini kota ini menjadi salah satu keajaiban dunia yang dimiliki negara Meksiko.

3. Petra di Yordania

Kota Hilang

Petra di Yordania via wikimedia.org

Petra kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya batu, sesuai dengan lokasi ditemukannya kota hilang ini yaitu di lereng Gunung Hor. Kawasan ini sangat terkenal dengan banyaknya ditemukan pahatan dan ukiran di dinding bebatuan.

Kota ini sangat tersembunyi dan baru ditemukan pada tahun 1812 silam. Kini, kota Petra sudah ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1985, karena kota ini dianggap memiliki kekayaan sejarah.

4. Helike di Yunani

Kota Hilang

Helike di Yunani via wikimedia.org

Kota hilang berikutnya yang berhasil ditemukan kembali yaitu kota Helike di barat laut semenanjung Peloponnesia. Kabarnya, kota ini hilang pada tahun 373 sebelum masehi akibat gempa bumi dan Tsunami.

Pada abad ke-19 ada spekulasi tentang lokasi kota ini, tapi baru pada tahun 2001-lah kota ini berhasil digali, dan pada tahun 2012 silam, seluruh lapisan berhasil dibersihkan sehingga baru bisa dipastikan bahwa itu memang kota Helike.

5. Heraclion di Mesir

Kota Heraclion dikatakan dulunya adalah salah satu pusat perdagangan penting sebelum amblas ke dasar laut sekitar 1.200 tahun yang lalu. Di kota ini juga kabarnya tempat kuil penobatan Cleopatra berada.

Selama beberapa abad, cerita tentang kota ini hanya dianggap mitos dan legenda oleh banyak orang. Sampai akhirnya, pada tahun 2001, para arkeolog yang sedang mencari bangkai kapal perang milik Perancis berhasil menemukan kota ini tanpa disengaja.

Baca Juga: 9 Lubang Misterius di Dunia! Sebaiknya Hati-Hati Jika Ingin Mendekatinya!!

6. Angkor di Kamboja

Kota Hilang

Angkor di Kamboja via wikimedia.org

Kota Angkor dulunya adalah ibukota kerajaan Khmer di Kamboja, selain itu, kota ini juga menjadi pusat spiritual terkenal di seluruh dunia pada masanya. Sampai akhirnya, kerajaan Ayutthaya menyerang kota ini pada tahun 1431.

Akibat penyerangan tersebut, membuat penduduknya harus meninggalkan kota ini. Setelah ditinggalkan penduduknya, kota ini ditelan hutan belantara yang sangat lebat, kemudian pada tahun 2007 baru ditemukan kembali berkat bantuan satelit.

7. Memphis di Mesir

Kota Hilang

Memphis di Mesir via wikimedia.org

Kota Memphis adalah ibukota pertama Mesir yang sudah berdiri sejak tahun 3.100 sebelum masehi. Kota ini ditinggalkan penduduknya hijrah ke kota Alexandria da Thebes sampai akhirnya hilang dari peradaban selama ribuan tahun.

Kota ini berhasil ditemukan kembali pada abad ke 17 oleh tim Espedisi yang diprakarsai oleh Napoleon. Piramida adalah bangunan terkenal yang merupakan sisa-sisa dari kemegahan kota Memphis.

8. Troy di Turki

Kota hilang berikutnya adalah Troy di Turki. Selama berabad-abad, kota Troy cuma dianggap oleh banyak orang sebagai cerita mitos atau legenda saja, sampai akhirnya, kota ini ditemukan oleh Heinrich Schliemann pada tahun 1870.

Diperkirakan, kota ini memiliki benteng yang sangat kokoh dan sangat kuat dibidang pertahanan laut. Selain itu, kota ini juga dikatakan memiliki tanah yang sangat baik untuk bercocok tanam. Sekarang, sisa-sisa kemegahan kota ini sudah menjadi objek wisata di Turki.

9. Pompeii di Italia

Diceritakan pada tanggal 24 Agustus 79, gunung api Vesuvius meletus, kemudian menutupi hampir semua kota Pompeii dengan abu dan lahar panas, setelah itu mengawetkan hampir semua isi kota, mulai bangunan hingga penduduknya.

Karena bencana alam, akhirnya kota Pompeii ditelantarkan begitu saja, sampai akhirnya dilupakan. Kemudian pada abad ke 18 kota hilang ini ditemukan lengkap dengan fosil-fosil manusia yang terlihat masih utuh akibat dibekukan oleh letusan gunung api Vesuvius.

Nah, itulah beberapa kota hilang yang sudah berhasil ditemukan kembali. Beberapa di antaranya memang tinggal puing-puing saja, tapi itu sudah cukup membuktikan bahwa kota-kota tersebut dulunya memang pernah ada di dunia.

Baca Juga: 5 Fakta Kota Pompeii, Kota Penuh Maksiat Yang Diazab Tuhan

Loading...

Add Comment