25 Kota Mati di Seluruh Dunia! Dua di Antaranya Ada di Indonesia!!

Di dalam film, kota mati sering digambarkan sebagai kota yang mencekam tanpa penduduk seorang pun dengan reruntuhan puing bangunan ada dimana-mana. Tapi tahukah kamu, kalau kota mati seperti itu benar-benar ada di dunia nyata.

Ada beberapa penyebab sebuah kota sampai bisa ditinggalkan oleh penduduknya hingga kemudian menjadi kota mati, mulai dari perang, bencana alam, sampai wabah penyakit, bisa jadi penyebab sebuah kota ditinggalkan penduduknya secara besar-besaran.

Tanpa Operasi Plastik, Inilah 10 Pria Tercantik Di Dunia

Walaupun begitu, kota mati-kota mati tersebut masih memperlihatkan sisi keindahan yang sering diburu oleh para fotofrager profesional. Lantas, dimana saja letak kota mati-kota mati tersebut? berikut ulasannya

1. Bodie di California

Kota Mati

Bodie di California via wikimedia.org

Di masa lalu, tepatnya pada tahun 1859, kota ini terkenal dengan tambang emasnya yang sangat melimpah. Dimana pada masa itu, kota Bodie di California ini mempunyai 8.500 penduduk dengan lebih 2.000 bangunan.

Tapi pada tahun 1881, tambang emas di kota ini mulai menipis, ditambah lagi ada kebakaran yang terjadi pada tahun 1932 yang menghanguskan hampir semua bangunan di kota ini. Tidak lama setelahnya, kota ini mulai ditinggalkan secara besar-besaran.

2. Kolmanskop di Namibia

Kota Mati

Kolmanskop di Namibia via wikimedia.org

Di masa lalu, kota Kolmanskop di Namibia ini terkenal dengan tambang berliannya. Tidak perlu waktu lama, orang berbondong-bondong mendatangi kota ini pada awal tahun 1908 untuk mencari keberuntungan.

Tapi, setelah perang dunia pertama berakhir, harga berlian menurun sangat drastis, penduduk kota ini pun mulai kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Puncaknya, pada tahun 1950-an, penduduknya mulai meninggalkan kota ini secara besar-besaran.

3. Goldfield di Arizona

Kota Mati

Goldfield di Arizona via wikimedia.org

Goldfield adalah salah satu kota yang cukup dikenal di Arizona, Amerika Serikat. Hampir sama dengan kota mati sebelumnya, kota ini juga terkenal karena adanya tambang di tahun 1890-an. Tapi, pada tahun 1920-an, kota ini sudah tidak ada penghuninya lagi.

4. Kennecott di Alaska

Kota Mati

Kennecott di Alaska via wikimedia.org

Hampir sama dengan kota-kota sebelumnya, kota ini berjaya karena adanya tambang tembaga dan sangat ramai pada tahun 1940-an. Tapi, setelah tambang tembaga mulai habis, kota ini mulai ditinggalkan oleh penduduknya.

5. Sanzhi di Taiwan

Kota Mati

Sanzhi di Taiwan via wikimedia.org

Kalau kota Sanzhi di Taiwan ini menjadi kota mati karena sebelum pembangunannya selesai, pemiliknya sudah bangkrut. Hingga akhirnya, bangunan-bangunan megah tersebut dibiarkan tidak berpenghuni.

Awalnya, kota ini direncanakan sebagai tempat peristirahatan bagi lansia-lansia kaya. Uniknya, bangunan-bangunan di kota ini mirip seperti UFO.

6. Animas Forks di Colorado

Kota Mati

Animas Forks di Colorado via wikimedia.org

Pada tahun 1870-an, kota ini terkenal dengan tambang emas dan perak, tapi mulai ditinggalkan oleh penduduk pada tahun 1920-an karena tambangnya mulai habis. Kota ini berada di pegunungan San Juan di Colorado.

7. Craco di Italia

Kota Mati

Craco di Italia via wikimedia.org

Kota ini sudah ada sejak abad ke-8 dan populasinya cukup ramai, tapi setelah mengalami beberapa kali gempa pada awal abad ke-20, memaksa para penduduknya untuk meninggalkan kota ini secara besar-besaran.

Puncaknya, pada tahun 1991, kota ini mengalami bencana tanah longsor, sampai akhirnya membuat kota ini tidak berpenghuni hingga sekarang.

8. Rhyolite di Nevada

Kota Mati

Rhyolite di Nevada via wikimedia.org

Pada tahun 1904, kota ini dijuluki kota emas karena adanya tambang emas disini. Kemudian, pada tahun 1906 mulai banyak orang membangun pemukiman di kota ini, tapi pada tahun 1920-an, tiba-tiba tempat ini menjadi kota mati. Kini kota ini jadi tempat wisata.

9. Centralia di Pennsylvania

Kota Mati

Centralia di Pennsylvania via wikimedia.org

Di bawah tanah kota ini terdapat api dari tambang batubara yang sudah lama terus menyala hingga sekarang sejak tahun 1962. Awalnya, penduduk kota ini tidak mau pindah karena mengira hal ini bukanlah sesuatu hal yang bahaya.

Tapi pada akhirnya, mau tidak mau, mereka harus pindah dari kota ini. Hingga akhirnya, kota ini jadi kota mati yang hanya menyisakan beberapa orang dan sebuah bangunan gereja yang masih melanjutkan pelayanannya.

10. Wittenoom di Australia

Kota Mati

Wittenoom di Australia via wikimedia.org

Wittenoom merupakan salah satu kota kecil di Australia, dimana kota ini dulunya terkenal dengan tambang asbesnya. Dan kota ini adalah satu-satunya pemasok asbes biru di negara Australia selama kurun waktu dari tahun 1950-an sampai 1960-an.

Tapi, seluruh kawasan kota ini ditutup oleh pemerintah karena warganya banyak yang sakit-sakitan diakibatkan oleh kualitas udara yang buruk di kota tersebut.

11. Pulau Hashima di Jepang

Kota Mati

Pulau Hashima di Jepang via wikimedia.org

Dulunya, di pulau ini terdapat sebuah kota yang menjadi kota terpadat di dunia saat itu, dimana dari tahun 1800-an hingga tahun 1974, pulau ini merupakan rumah bagi banyak pekerja tambang batubara bawah laut.

Tapi, setelah tahun 1974, tambang di pulau ini ditutup. Setelah itu, semua penduduk pulau ini pun mulai meninggalkan tempat ini secara massal. Tempat ini pernah menjadi lokasi syuting beberapa film besar, salah satunya film Skyfall.

12. Ross Island di India

Kota Mati

Ross Island di India via wikimedia.org

Saat di jajah oleh negara Inggris, pulau ini menjadi markas pusat hukum di India yang diikuti dengan berkembangnya infrastruktur-nya. Tapi, pada tahun 1941, banyak penduduknya yang memutuskan meninggalkan pulau karena terjadi gempa yang hebat di pulau ini.

13. Pripyat di Ukraina

Kota Mati

Pripyat di Ukraina via wikimedia.org

Kota Pripyat di Ukraina ini dulunya adalah sebuah kota dengan populasi penduduk yang mencapai sekitar 50.000 jiwa, tapi kota ini langsung menjadi kota mati karena ditinggalkan penduduknya akibat ledakan nuklir Chernobyl pada tahun 1986. Hingga sekarang, kota ini masih dilarang untuk dihuni kembali.

14. San Juan Parangaricutiro di Meksiko

Kota Mati

San Juan Parangaricutiro di Meksiko via wikimedia.org

Kota San Juan Parangaricutiro di Meksiko ini dibangun di sebelah gunung Paricutin, kemudian gunung Paricutin meletus pada tahun 1942, dimana letusan tersebut juga ikut menghancurkan kota San Juan Parangaricutiro. Kini, kota ini sudah tidak berpenghuni lagi.

15. Humberstone di Chili

Kota Mati

Humberstone di Chili via wikimedia.org

Dulunya, kota Humberstone ini adalah pusat pertambangan nitrat yang sangat berkembang di negara Chili. Tapi, kota ini mengalami kebangkrutan setelah para Ilmuwan berhasil menemukan cara untuk mensitetis amonia.

16. Villa Epecuén di Argentina

Kota Mati

Villa Epecuén di Argentina via wikimedia.org

Kota Villa Epecuén di Argentina ini dulunya adalah sebuah resort yang megah sebelum dihancurkan oleh banjir besar pada tahun 1985. Hingga sampai saat ini, kota ini tidak pernah di pulih lagi dan menjadi salah satu kota mati di dunia.

17. Dhanushkodi di India

Kota Mati

Dhanushkodi di India via wikimedia.org

Kota Dhanushkodi di India ini menjadi kota mati karena diterjang oleh angin topan pada tahun 1964. Walaupun sudah rusak dan porak-poranda, tapi tempat ini masih dianggap keramat oleh umat Hindu di India.

18. Salton Riviera di California

Kota Mati

Salton Riviera di California via wikimedia.org

Dulunya, kota Salton Riviera di California ini sering dikunjungi oleh wisatawan yang mempunyai daya tarik dengan pantai yang indah. Kemudian, airnya menjadi sangat asin yang membuat banyak ikan mati.

Akibat bau menyengat dari bangkai-bangkai ikan yang mati tersebut, akhirnya penduduk di kota ini pun memutuskan pindah ke kota lain.

19. Kayakoy di Turki

Kota Mati

Kayakoy di Turki via wikipedia.org

Kota ini dibangun pada tahun 1700-an, dulunya, kota ini juga rumah bersama bagi Muslim Anatolia dan Kristen Ortodoks Yunani. Tapi situasinya menjadi memanas setelah perang dunia pertama dan perang Yunani dan Turki (1919-1922).

Karena kondisi inilah, akhirnya dibuat kesepakatan pada tahun 1923, dimana inti dari kesepakatan tersebut adalah kota Kayakoy harus ditinggalkan oleh penduduknya sebagai bentuk perdamaian politik waktu itu.

20. Holland Island di Chesapeake Bay

Kota Mati

Holland Island di Chesapeake Bay via wikimedia.org

Dulunya, pulau Holland adalah pulau dengan populasi terbesar di Chesapeake Bay. Tapi, karena pulau Holland terbentuk dari tanah liat bercampur lumpur, kelama-lamaan terkikis dan tenggalam pada tahun 2010 silam.

21. Deception Island di Antartika

Kota Mati

Deception Island di Antartika via wikimedia.org

Sebelum menjadi kota mati, kota ini adalah pusat penangkapan ikan paus yang sempat mengalami kemajuan cukup pesat. Tapi, karena letusan gunung api yang terjadi pada tahun 1969 silam membuat penduduknya terpaksa harus pindah.

22. St. Thomas di Nevada

Kota Mati

St. Thomas di Nevada via wikipedia.org

Kota St. Thomas di Nevada ini ditinggalkan penduduknya karena banjir besar yang diakibatkan oleh bendungan sungai Kolorado meluap, sehingga penduduknya secara massal mengungsi. Tapi, setelah banjir reda, mereka tidak mau kembali ke kota ini.

23. St. Elmo di Colorado

Kota Mati

St. Elmo di Colorado via wikipedia.org

Sama dengan kota Animas Forks, kota St. Elmo di Colorado juga merupakan daerah pertambangan emas dan perak, dimana pada tahun 1880-an, banyak orang memutuskan menetap disana. Tapi, akibat ditutupnya rel kereta api membuat kota ini akhirnya ditutup dan menjadi salah satu kota mati di dunia.

Kota mati di Indonesia

Ternyata Indonesia juga memiliki kota mati, setidaknya ada yang sudah diketahui yaitu Marina City di Batam dan Simacem. Dimana kedua kota tersebut sudah ditinggalkan penduduknya karena alasan tertentu. Simak ulasannya berikut ini,

24. Marina City di Indonesia

Kota Mati

Marina City di Indonesia via cnnindonesia.com

Dulu, kota ini adalah pusat perjudian di Batam, banyak warganya yang hidup makmur pada saat itu. Tapi, setelah adanya larangan perjudian dari pemerintah Indonesia, secara drastis, perekonomian kota ini lumpuh total. Akibatnya, banyak warganya yang meninggalkan kota ini ke kota lainnya.

25. Simacem di Indonesia

Kota Mati

Simacem di Indonesia via breaktime.co.id

Kota mati di Indonesia selanjutnya yaitu Simacem yang ditinggalkan warganya karena dampak dari letusan gunung berapi, sehingga banyak rumah-rumah warga yang diselimuti oleh abu-abu vulkanik yang dianggap berbahaya bagi kesehatan.

Nah, itulah beberapa kota mati yang ada di dunia, dimana dua di antaranya ternyata ada di Indonesia. Walaupun sudah tidak berpenghuni lagi, tapi banyak orang yang menganggap kota mati ini masih menyimpan sisi keindahan.

Loading...

Add Comment