7 Kota Terdingin di Dunia, Bahkan ada Yang Pernah Mencapai -50 Derajat

Kota Terdingin di Dunia

Yakutsk via dailymail.co.uk

Kita harus bersyukur karena hidup di Indonesia, sebab Indonesia adalah salah satu negara tropis yang cuacanya tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas. Berbeda dengan beberapa negara lain yang memiliki cuaca dengan suhu yang sangat ekstrim.

Seperti yang diketahui, suhu terdingin di dunia berada di Kutub Selatan, lebih tepatnya di Stasiun Vostok yaitu tempat penelitian milik Rusia, dimana pada tahun 1983, tercatat suhu tertingginya yaitu -89,2 derajat Celcius.

Di beberapa negara yang memiliki empat musim, temperatur suhu udara disaat musim dingin bisa mencapai hingga -50 derajat celcius. Lantas, kota apa saja yang memiliki suhu paling dingin di dunia pada saat musim dingin? berikut ulasannya

1. Yakutsk

Kota terdingin di dunia yang pertama yaitu kota Yakutsk di Rusia, dimana pada saat musim dingin rata-rata temperaturnya antara -40 derajat Celcius hingga -50 derajat Celcius, bahkan pernah mencapai -65 derajat Celcius.

Walaupun memiliki cuaca yang sangat ekstrim pada saat musim dingin, tapi kota ini tetap dihuni oleh sekitar 300 ribu orang. Selain itu, di kota Yakutsk terdapat beberapa museum yang menarik dikunjungi, salah satu Museum Mamut.

Di Museum Mamut, kamu bisa melihat kerangka raksasa mamut yang sangat populer, atau Museum Permafrost untuk mempelajari beragam jenis-jenis es, dan masih banyak museum lainnya yang menarik dikunjungi.

2. Norilsk

Kota terdingin di dunia selanjutnya yaitu Norilsk, kota ini masih berada di negara Rusia, lebih tepatnya di bagian utara wilayah Krasnoyarsk atau sekitar 2.878 km dari ibukota negara Rusia yaitu Moskow.

Selain sebagai salah satu kota terdingin di dunia, kota Norilsk juga termasuk salah satu kota paling berpolusi tinggi di dunia, dimana platina, paladium, nikel, emas, perak, tembaga, dan kobalt, banyak ditambang di kota ini.

Pada musim dingin, temperatur suhu kota Norilsk bisa mencapai -30 derajat celcius dan pada saat musim panas bisa mencapai 30 derajat celcius. Dan perlu diketahui, kota Norilsk adalah kota tertutup, jadi semua orang asing diharuskan meminta izin khusus untuk bisa berkunjung kesana.

3. Dikson

Selanjutnya masih di negara Rusia yaitu kota Dikson. Kota ini berada dipesisir Laut Kara, paling utara wilayah Krasnoyarsk atau sekitar 2.729 km dari ibukota negara Rusia yaitu Moskow. Kota bisa dicapai dengan mengunakan kapal yang menyusuri Sungai Yenisei.

Iklim di kota ini lebih ekstrim lagi daripada di kota Norilsk, dimana mulai bulan September temperaturnya berada di bawah nol derajat sampai bulan Juni, dimana salju akan mulai mencair. Selain itu, di kota ini juga sering terjadi badai salju hitam.

Walaupun begitu, kota Dikson adalah kota paling cantik dan indah di Siberia yang sangat berbeda jauh dengan Norilsk yang penuh dengan polusi, di kota Dikson langit sangat cerah dan bersih dari polusi.

4. Verkhoyansk

Sepertinya negara Rusia memiliki banyak sekali kota dengan suhu paling dingin di dunia pada saat musim dingin, dimana kota terdingin di dunia selanjutnya adalah kota Verkhoyansk yang masih berada di negara Rusia.

Kota Verkhoyansk berada di sekitar Sungai Yana atau sekitar 4.675 km dari ibukota negara Rusia yaitu Moskow. Suhu terendahnya bisa mencapai -69,8 derajat Celsius. Perlu diketahui, dulu kota ini merupakan tempat pembuangan bagi pemberontak dan kaum revolusioner.

5. Dudinka

Selanjutnya adalah kota Dudinka yang terletak di hulu sungai Yenisei dengan rata-rata suhunya pada musim dingin bisa mencapai -30 derajat Celsius. Sama dengan kota Norilsk, kota ini juga kota tertutup dan memerlukan izin khusus untuk mengunjunginya bagi warga asing.

Waktu yang tepat berkunjungi di kota ini yaitu pada Hari Gembala Rusa Kutub yang digelar pada bulan Mei setiap tahunnya, dimana hampir semua warga kota ini akan mengenakan kostum terbaiknya untuk ikut berpartisipasi di kompetisi rusa kutub tersebut.

6. Oymyakon

Dikatakan bahwa kota Oymyakon adalah kota terdingin di dunia, dimana pada tahun 1924, suhu di kota ini pernah mencapai -71,2 derajat Celcius. Selain itu, pada musim dingin, malam harinya bisa mencapai 21 jam dan pada saat musim panas, siang harinya 21 jam.

Tanah di kota ini juga selamanya di lapisi es, sehingga tumbuhan tidak bisa tumbuh di tanah kota ini. Sedangkan penduduknya kebanyakan memakan daging rusa, kuda, ikan, dan makaroni.

Saking dingin kota ini pada saat musim dingin, saat mengendarai kendaraan diwajibkan menyalakan terus menerus disaat berhenti, kalau tidak bisa membuat kendaraan mogok karena pengaruh udara dingin, dan terkadang saluran air pun bisa membeku.

7. Barrow

Mungkin inilah satu-satunya kota terdingin di dunia yang bukan berada di negara Rusia yaitu kota Barrow, dimana kota ini berada di paling utara negara Amerika Serikat yang hanya berjarak sekitar 2.100 km dari kutub utara.

Selain itu, kota ini juga berada di 514 km utara lingkaran Arktik, dimana matahari akan tenggelam di akhir bulan November sampai akhir Januari, bahkan saat musim panas, suhu udara di kota ini tetap terasa dingin.

Nah, itulah beberapa kota terdingin di dunia, dimana kebanyakan berada di negara Rusia. Bagaimana tertarik berkunjung kesana?

Baca juga: Inilah 10 Kota Terdingin Di Indonesia

Loading...

Add Comment