Inilah 10 Kota Terdingin Di Indonesia

Sebagai negara yang beriklim tropis, Indonesia mempunyai suhu yang relatif stabil, penyinaran matahari sepanjang tahun dan mempunyai dua musim yakni musim hujan dan kemarau.

Kalau bicara mengenai Kota Terdingin Di Indonesia tentunya banyak orang akan menyebutkan Malang, Bandung atau Bogor. Itu salah semua itu, Kota Terdingin Di Indonesia justru berada diluar Jawa tepatnya di Propinsi Papua yaitu kota Mulia Ibu Kota Kabupaten Puncak Jaya.

Walaupun selalu disinari matahari sepanjang tahun dan Banyaknya polusi yang membuat sebagaian udara kota di Indonesia semakin panas, Indonesia tetap mempunyai kota yang berudara dingin.

Berikut adalah 10 Kota Terdingin Di Indonesia :

1. Mulia, Puncak Jaya, Papua

Mulia adalah kota pegunungan kecil yang terletak pada ketinggian 2.448 meter di atas permukaan laut. Walau kecil, Mulia cukup ramai dengan kedatangan banyak pengunjung. Jalan-jalan pun sudah beraspal dan infrastruktur pendukung juga sudah memadai meski jumlahnya masih sedikit.

suhu udara normal di sini bisa mencapai antara 15-20 derajat celcius di siang hari dan malam hari bisa mencapai dibawah 10 derajat celcius. Hal ini disebabkan, Kota Mulia yang terletak di ketinggian kurang lebih 2.000 meter diatas laut dan tak bersentuhan dengan pantai.

Mulia mempunyai satu bandara kecil yang hanya bisa dilandasi oleh pesawat type Caravan. Untuk ke sini, Kamu dapat naik pesawat selama satu jam dari Jayapura dan melintasi jalur yang ekstrim dikarenakan pesawat harus meliuk-liuk melintasi diantara gunung-gunung.

2. Berastagi, Karo, Sumatra Utara

Terletak di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut, Berastagi mempunyai udara yang lumayan dingin karena diapit oleh Gunung Sibayah dan Gunung Sinabung. Berastagi mempunyai pemandangan yang memikat, seperti Air Terjun Sikulikap.

Kurang Lebih 1,5 jam dari Berastagi, Kamu dapat mengunjungi Danau Toba yang tidak kalah indah. Tidak Hanya wisata alam, Berastagi mempunyai wisata sejarah, seperti Desa Lingga dan Tongkoh. Bagi Kamu yang senang buah, Berastagi dapat jadi lokasi yang tepat buat berbelanja, sebab Berastagi pun dikenal sebagai penghasil buah paling baik di Sumatera Utara.

3. Padang Panjang, Padang, Sumatera Barat

Terletak 650 sampai 950 meter di atas permukaan laut, Padang Panjang mempunyai udara yang lumayan dingin karena dikelilingi oleg tiga gunung yakni Gunung Marapi, Gunung Singgalang, dan Gunung Tandikat.

Tidak heran apabila Padang Panjang mempunyai cuaca yang sejuk. Curah hujan di sini juga lumayan tinggi dengan rata-rata 3.295 milimeter tiap tahunnya dan suhu udara terendah bisa mencapai 21.8 derajat Celcius.

4. Ruteng, Manggarai, Nusa Tenggara Timur

Berlokasi di ketinggian 1.200 meter dari permukaan laut, Ruteng mempunyai udara yang lumayan dingin. Ruteng pun jadi istimewa sebab mempunyai pemandangan seperti di Praha dengan bangunan yang bergaya Eropa.

Tidak Cuma itu, Ruteng mempunyai lokasi persawahan yang luas dan hijau serta pemandangan gunung yang indah. Ruteng juga mempunyai gua dimana pernah ditemukan sisa-sisa tulang manusia purba Homo Floresenesis, yakni Gua Liang Bua.

Sementara untuk Kamu yang menyukai wisata sejarah, Kamu bisa datang ke Desa Adat Compang Ruteng yang mempunyai rumah tradisional seperti Honai di Papua.

5. Gayo Lues, Aceh

Sebagai kabupaten terisolasi di Aceh, Gayo Lues terletak di ketinggian 1.000 meter diatas permukaan laut. Gayo mempunyai daya tarik yang fantastis seperti rute pendakian ke Gunung Leuser dan pemandian air panas di Puri Betung.

diluar itu kabupaten ini adalah penghasil sayur dan buah terbaik di Aceh. Pastinya Gayo Lues paling terkenal sebagai penghasil Kopi Gayo yang sudah mendunia.

6. Baturraden, Purwokerto, Jawa Tengah

Kota iniĀ terletak di selatan pegunungan Gunung Slamet dengan tinggi mencapai hingga 980 meter di atas permukaan laut. Posisi ini menjadikan Baturraden mempunyai udara yang sejuk pada siang hari dan dingin saat malam hari tiba.

Walau kota kecil, Baturraden mempunyai objek wisata alam yang menarik, seperti Air Terjun Pancuran Pitu dan Pancuran Telu, bumi perkemahan, dan satu buah kompleks wisata edukasi yang menyimpan banyak satwa dari penjuru dunia, yakni Kaloka Widya Mandala.

7. Wonosobo, Jawa Tengah

Wonosobo jadi kota terdingin di Jawa Tengah. Kota ini mempunyai suhu sampai 18 derajat Celcius pada siang hri dan 13 derajat Celcius pada malam hari. Wonosobo juga terkenal dengan tanahnya yang subur.

Untuk pemandangan alam, Wonosobo mempunyai pemandangan alam yang eksotis dan yakni salah satu rute pendakian ke beberapa gunung terkenal di Indonesia, seperti Gunung Prau dan Dieng.

8. Ciwidey, Bandung, Jawa Barat

44 kilometer dari pusat kota Bandung, Ciwidey jadi salah satu objek wisata favorite di Jawa Barat. Terletak di ketinggian 1.200 meter diatas permukaan laut, Ciwidey terkenal dengan Kawah Putih dan pemandian air panas Cimanggu dan Walini. diluar itu, Ciwidey memiliki perkebunan teh yang sangat luas, yakni Rancabali.

9. Lembang, Bandung, Jawa Barat

Tidak Cuma Ciwidey, Lembang yang juga terletak tidak jauh dari pusat kota Bandung turut jadi tempat wisata favorite akhir pekan wisatawan terutama yang berasal dari Jakarta. Di samping terkenal dengan perkebunan stroberi dan Gunung Tangkuban Perahu, Ciwidey jadi lokasi berdirinya observatorium paling besar di Indonesia, yaitu Bosscha.

Terletak di ketinggian antara 1.300 hingga 2.100 meter, Lembang serta mempunyai satu buah air terjun yang tetap sangat alami, yakni Maribaya.

10. Batu, Jawa Timur

Hanya berjarak kurang 30 menit dari Malang, kota Batu mempunyai banyak wisata alam dan buatan yang memesona. Kota kecil yang berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut ini sangat tepat untuk jadi destinasi wisata keluarga.

Dikarenakan, kota Batu memiliki cuaca yang sejuk dan banyak pilihan lokasi wisata edukatif bagi anak. Untuk wisata alam, Batu mempunyai pemandian air panas di Cangar, air terjun Coban Rondo dan Coban Sewu, olah raga paralayang dan outbond, taman bermain seperti Jatim Park, Museum Satwa, dan serta kebun binatang Batu Secret Zoo.

Baca juga: 10 Negara Terdingin Di Dunia, Bahkan Ada Yang Mencapai Suhu -45 Derajat Celcius

Loading...

Add Comment