13 Jenis Lomba 17 Agustusan Yang Unik dan Seru

Di bulan Agustus, masyarakat Indonesia akan mengadakan banyak sekali acara yang berhubungan dengan hari kemerdekaan Indonesia, karena pada tanggal 17 Agustus adalah hari lahirnya bangsa Indonesia.

Ada beberapa kegiatan yang biasa dilakukan oleh masyarakat Indonesia dalam mensyukuri hari kemerdekaan ini, seperti syukuran (selamatan), upacara bendera, peringatan detik-detik proklamasi, dan mengadakan berbagai lomba.

Inilah 7 Kejadian Memalukan Wanita Kejepit Sesuatu Paling Langka

Lomba 17 Agustusan yang biasa diikuti oleh bapak-bapak, ibu-ibu, hingga anak-anak ini memiliki keunikan dan keseruan tersendiri. Lantas, lomba 17 Agustusan apa saja yang unik dan seru tersebut? berikut ulasannya

1. Lomba Makan Kerupuk

Lomba 17 Agustusan Yang Unik

Lomba Makan Kerupuk via wikimedia.org

Lomba 17 agustusan yang unik dan seru pertama yaitu lomba makan kerupuk. Lomba makan kerupuk ini bisa dikatakan adalah lomba wajib yang harus ada di setiap gelaran perlombaan 17 Agustusan.

Di beberapa daerah di Indonesia justru ada lomba makan kerupuk bersama nasi dan lauknya. Bahkan, ada juga beberapa daerah yang mengadakan lomba makan kerupuk yang ditaburi sambal dibagian atasnya. Hal ini mereka lakukan, agar terlihat lebih modern dan menghibur.

2. Lomba Balap Karung

Lomba 17 Agustusan Yang Unik

Lomba Balap Karung via wikipedia.org

Lomba 17 agustusan yang unik dan seru selanjutnya yaitu lomba Balap Karung. Lomba Balap Karung ini adalah salah satu lomba 17 Agustus klasik tapi masih disukai dan digemari sampai sekarang oleh orang Indonesia.

Perbedaan paling mencolok antara Lomba Balap Karung jaman dulu dengan jaman sekarang yaitu karung yang digunakan untuk lomba tersebut. Di jaman dulu, Lomba Balap Karung mengunakan karung Goni, sedangkan sekarang mengunakan karung plastik (glangsi).

3. Lomba Memasukkan Paku ke Dalam Botol

Lomba 17 Agustusan Yang Unik

Lomba Memasukkan Paku ke Dalam Botol via tribunnews.com

Selanjutnya yaitu Lomba Memasukan Paku ke dalam botol. Lomba ini biasanya diadakan khusus untuk anak-anak yang bertujuan untuk melatih kesabaran, karena perlu ketelitian yang eksra agar bisa memasukan paku tersebut ke dalam botol.

Cara mainnya yaitu paku digantung dibelakang perut peserta mengunakan benang, kemudian paku tersebut harus dimasukan ke dalam botol yang sudah disediakan oleh panitia. Uniknya, dibeberapa daerah, paku bisa diganti dengan pensil, bolpoin, dan bambu.

4. Lomba Panjat Pinang

Lomba 17 Agustusan Yang Unik

Lomba Panjat Pinang via wikimedia.org

Kalau ditanya apa lomba 17 Agustusan yang unik tapi memiliki tingkat kesulitan tinggi? pasti banyak yang menjawab Lomba Panjat Pinang. Hal ini dianggap wajar, karena pohon Pinangnya dilumuri oli dan sejenisnya sehingga sulit untuk dipanjat.

Ketinggian pohon pinang juga cukup mempengaruhi untuk memanjat pinang tersebut, tapi justru itulah keseruan dari lomba ini. Selain itu, biasanya hadiah yang bisa didapat dari lomba ini juga cukup besar.

5. Lomba Memindahkan Kelereng Mengunakan Sendok

Lomba 17 Agustusan Yang Unik

Lomba Memindahkan Kelereng Mengunakan Sendok via cnxmm1-1.blogspot.co.id

Lomba 17 Agustusan memindahkan Kelereng mengunakan Sendok biasa diadakan dan diikuti oleh anak-anak. Lomba ini juga memerlukan kesabaran yang tinggi agar Kelereng tersebut tidak jatuh dari sendok.

Lomba ini memiliki tingkat kesulitan yang tinggi dalam menyeimbangkan posisi Kelereng tersebut. Tapi ada satu trik yang bisa kamu coba agar memenangkan lomba tersebut yaitu gigit sendoknya di pinggir mulut.

6. Lomba Tarik Tambang

Lomba 17 Agustusan Yang Unik

Lomba Tarik Tambang via pakgurufisika.blogspot.co.id

Lomba Tarik Tambang juga merupakan salah satu lomba 17 Agustusan yang unik tapi memiliki tingkat kesulitan yang lumayan tinggi, khususnya masalah stamina tubuh. Karena, kita harus saling tarik menarik mengunakan Tali Tambang satu sama lainnya.

Sebenarnya, ada satu trik yang bisa dicoba agar memenangkan Lomba Tarik Tambang ini yaitu tempatkan salah satu anggota di group yang memiliki tenaga paling besar di depan (bukan dibelakang).

Tujuan sederhana saja yaitu dia bertugas menahan dari tarikan lawan sebelum anggota lain di belakangnya membalas menarik secara serentak.

7. Lomba Balapan Bakiak

Lomba 17 Agustusan Yang Unik

Lomba Balapan Bakiak via wikipedia.org

Kamu masih ingat tidak dengan iklan rokok yang identik dengan kata ” Ijo…Ijo…Ijo… “, Nah seperti iklan yang pernah membius penonton Indonesia itulah Lomba Balapan Bakiak ini.

Disetiap event dan acara perlombaan 17 Agustusan, lomba ini selalu ada. Triknya agar bisa menang Lomba Balapan Bakiak yaitu usahakan selalu menjaga tempo atau ritme kaki saat melangkah agar tidak terasa berat. Intinya harus kompak satu sama lainnya.

8. Lomba Sepakbola Pakai Sarung

Lomba 17 Agustusan Yang Unik

Lomba Sepakbola Pakai Sarung via bengcumenggugat.wordpress.com

Lomba 17 Agustusan yang unik dan seru lainnya yang tidak boleh kamu lewatkan jika ada perlombaan di hari kemerdekaan yaitu Lomba Sepakbola mengunakan Sarung. Dijamin, kamu akan terhibur menonton lomba ini.

Tapi jangan pernah membayangkan terjadi hujan gol dalam lomba Sepakbola mengunakan Sarung ini. Karena, jangankan memasukan bola ke gawang lawan, menendang bola saja para peserta lomba akan kesulitan.

9. Lomba Gigit Koin

Lomba 17 Agustusan Yang Unik

Lomba Gigit Koin via tribunnews.com

Buat yang ingin mendapatkan uang dengan mudah dan cepat, bisa mengikuti lomba mengigit uang koin ini. Lomba 17 Agustusan yang satu ini mulai dikenal dan populer sejak awal tahun 2000-an hingga sekarang.

Biasanya, media yang digunakan dalam lomba ini yaitu kelapa muda, jeruk berukuran besar, dan buah semangka. Kemudian media tersebut dilumuri dengan oli, cokelat, dan sebagainya, setelah itu baru ditempeli koin di media tersebut.

10. Lomba Perang Bantal

Lomba 17 Agustusan Yang Unik

Lomba Perang Bantal via perlombaan17an.blogspot.co.id

Lomba Perang Bantal merupakan salah satu lomba 17 Agustusan yang sulit dimenangkan. Bagaimana tidak, lomba ini diadakan diatas kolam air, kemudian peserta harus berhadapan-hadapan satu lawan satu mengunakan bantal sebagai senjatanya.

Siapa yang jatuh ke dalam air terlebih dulu dinyatakan kalah. Menariknya, terkadang kedua peserta sama-sama jatuh saat lomba tersebut yang membuat lomba harus diulang lagi dari awal. Lomba ini membutuhkan keseimbangan tubuh yang tinggi.

11. Lomba Rias Wajah

Lomba 17 Agustusan Yang Unik

Lomba Rias Wajah via dungbunder.blogspot.co.id

Selanjutnya yaitu Lomba Rias Wajah, dimana lomba ini membutuhkan dua orang disetiap kelompoknya. Satu orang harus duduk di sebuah kursi untuk dirias wajahnya, sedangkan satu orang lagi akan menjadi periasnya.

Menariknya, peserta yang bertugas merias wajah temannya tersebut harus ditutup matanya mengunakan kain, sehingga dia akan merias wajah temannya dalam keadaan mata tertutup alias tidak melihat.

12. Lomba Joget

Lomba 17 Agustusan Yang Unik

Lomba Joget via youtube.com

Selain seru dan unik, Lomba Joget juga termasuk salah satu lomba 17 Agustusan yang cukup heboh. Dimana para pesertanya dituntut harus melakukan joget seheboh mungkin sesuai dengan lagu yang diberikan oleh panitia.

13. Lomba Sepakbola Bapak-Bapak Mengunakan Daster

Lomba 17 Agustusan Yang Unik

Lomba Sepakbola Bapak-Bapak Mengunakan Daster via liputan6.com

Selain lomba sepakbola mengunakan kain sarung, ada satu lagi lomba 17 Agustusan yang unik dan seru bertemakan sepakbola yaitu lomba sepakbola bapak-bapak mengunakan daster yang biasa dipakai oleh para ibu-ibu.

Sama dengan lomba sepakbola mengunakan sarung, lomba sepakbola mengunakan daster ini juga menyuguhkan hiburan yang tiada duanya. Bagaimana tidak? penonton akan melihat para laki-laki berebut bola tapi mengunakan daster milik istrinya.

Nah, itulah beberapa lomba 17 Agustusan yang unik dan seru. Lomba-lomba ini sebenarnya tidak mencari siapa yang menang, tapi hanya sekedar hiburan dalam mensyukuri di hari kemerdekaan Indonesia.

Loading...

Add Comment