9 Lubang Misterius di Dunia! Sebaiknya Hati-Hati Jika Ingin Mendekatinya!!

Kalau membahas tentang permukaan Bumi, ada beberapa tempat yang memang memiliki keindahan yang sangat luar biasa menakjubkan mata, tapi ada juga beberapa tempat yang mengandung unsur misteri.

Salah satu hal paling misterius yang terdapat dipermukaan bumi yaitu sebuah lubang yang terkadang tidak diketahui asal usulnya, bagaimana terbentuknya, atau tidak diketahui apa saja isi di dalam lubang tersebut.

Inilah 7 Kejadian Memalukan Wanita Kejepit Sesuatu Paling Langka

Walaupun bukan tempat angker, tapi melihat lubang yang entah belum diketahui bagaimana terbentuknya atau belum diketahui isi di dalamnya, pasti menakutkan. Lantas, lubang apa saja yang paling misterius di dunia? berikut ulasannya

1. Dean’s Blue Hole di Bahama

Lubang Misterius

Dean’s Blue Hole via wikimedia.org

Dean’s Blue Hole adalah sebuah lubang misterius yang berada di pesisir pantai Long Island di Bahama, dimana lubang ini dikatakan terbentuk secara alami dan memiliki kedalaman kurang lebih 300 meter.

Lubang yang memiliki bentuk hampir bulat sempurna ini memberikan gradasi warna yang cukup mencolok yang disebabkan perbedaan kedalaman antara daerah perairan disekitarnya dengan lubang tersebut.

Kalau dilihat dari atas, maka terlihat bulat dengan warna air yang biru agak gelap. Hal ini tentunya menunjukan betapa dalamnya lubang ini. Tapi anehnya, tempat ini justru dijadikan tempat menyelam bebas tanpa mengunakan peralatan.

2. Mount Baldy Sink Hole di Indiana

Pada tahun 2013 silam, muncul sebuah lubang misterius sedalam 3,5 meter di Gunung Baldy di Indiana Dunes National Lakeshore yaitu sebuah daerah yang berada di selatan Danau Michigan, Amerika Serikat.

Lubang tersebut secara tiba-tiba mengisap seorang anak kecil, untungnya anak kecil tersebut berhasil diselamatkan oleh tim evakuasi beberapa jam setelah kejadian tersebut. Hingga sampai saat ini, lubang ini masih misterius.

Gunung Baldy sendiri merupakan sebuah gunung pasir dengan tinggi 126 meter. Warga setempat menyebut gunung ini sebagai gundukan hidup yang merujuk pada fakta bahwa gunung pasir ini selalu bergerak (bergeser) tiap tahunnya.

3. Ice Cube Neutrino Observatory Hole di Antartika

Lubang Misterius

Ice Cube Neutrino Observatory Hole via livescience.com

Kalau lubang misterius yang satu ini merupakan salah satu lubang buatan manusia paling dalam yang berada di Antartika, dimana diketahui, lubang di tempat ini sangat banyak sekali yaitu sekitar 86 lubang.

Untuk membuat lubang-lubang di lapisan es yang sangat tebal di Antartika ini, digunakan sebuah bor pipa air panas dengan kedalaman lubang antara 1000 sampai 2500 meter dengan tujuan untuk mengamati neutrino.

Neutrino adalah sebuah partikel netral yang diketahui ternyata berasal dari luar tata surya. Untuk mengamati partikel-partikel tersebut digunakan sebuah Teleskop yang diletakan di dalam lubang-lubang tersebut.

4. Giant Blue Hole di Belize

Lubang Misterius

Giant Blue Hole via wikimedia.org

Lubang misterius ini berada di salah satu negara pesisir timur Amerika Tengah yaitu Belize, tepatnya berada di dekat Lighthouse Reef yaitu sebuah pulau kecil di negara Belize, sekitar 70 km dari daratan Belize City.

Lubang dengan diameter sekitar 300 meter dan dalam sekitar 124 meter ini sudah terbentuk sejak jaman es, dimana saat itu, lubang ini masih berada di dataran. Kemudian saat jaman es berakhir dan permukaan air laut naik, setelah itu air mengisi lubang ini.

Kini, lubang yang merupakan bagian dari Belize Barrier Reef Reserve System sudah ditetapkan sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO.

5. Glory Hole di California

Lubang misterius berikutnya terletak di California, lebih tepatnya berada di bendungan Monticello, dimana lubang ini dibuat oleh manusia sebagai saluran air supaya air di bendungan tersebut tidak meluber keluar.

Sebenarnya nama lubang ini yaitu ” Morning Glory Spillway “, tapi warga disekitar bendungan sudah terbiasa menyebutnya ” Glory Hole “. Cara kerja lubang ini sederhana saja yaitu ketika air bendung sudah melebihi maka secara otomatis lubang ini berfungsi sebagai saluran pembuangan air.

Selain itu, lubang ini juga merupakan salah satu lubang maut, dimana pada tahun 1997 silam, pernah ada seorang pemuda yang nekat berenang di dalam bendungan tersebut, dan dia tersedot ke dalam lubang ini.

Baca Juga: 12 Foto Misterius Yang Sulit Didefinisikan Secara Logika. Kamu Percaya?

6. 2010 Guatemala City Sinkhole di Guatemala

Lubang Misterius

2010 Guatemala City Sinkhole via dailymail.co.uk

Selanjutnya adalah sebuah lubang misterius yang terbentuk secara tiba-tiba di kawasan perkotaan di Guatemala City. Lubang ini terbentuk karena tanah di lokasi tersebut amblas masuk ke dalam bumi.

Peristiwa ini menjadi salah satu bencana yang cukup mengebohkan dunia pada tahun 2010 silam, dimana dikabarkan lubang ini berhasil menelan sebuah bangunan pabrik yang cukup besar berlantai tiga.

Diperkiraan, penyebab terbentuknya lubang sedalam 30 meter ini karena beberapa faktor, di antaranya badai tropis Agatha, letusan gunung Pacaya, dan terjadinya kebocoran pipa saluran pembuangan.

7. Jacob’s Well di Amerika Serikat

Lubang Misterius

Jacob’s Well via wikipedia.org

Jacob’s Well adalah sebuah lubang berisi air yang sangat dalam dan berbahaya di Wimberley, Texas, Amerika Serikat, dimana dikabarkan sudah ada beberapa kasus kematian di lubang ini akibat tenggelam.

Sebenarnya kedalaman lubang ini hanya sekitar 10 meter saja, tapi pada saat musim semi tiba, kedalam lubang akan menjadi lebih dalam, karena akan terhubung langsung dengan sungai bawah tanah yang ada di kawasan tersebut.

Karena dianggap berbahaya, makanya pemerintah setempat memberikan peringatan untuk tidak berenang di lubang air tersebut, tapi tetap saja masih banyak wisatawan yang datang dan nekat berenang di sana.

8. Kimberley Mine di Afrika Selatan

Lubang Misterius

Kimberley Mine via wikimedia.org

Kimberley Mine adalah lubang terbesar di dunia. Uniknya lubang yang berada di Afrika Selatan ini, bukan dibentuk oleh alam, melainkan dibuat oleh 50.000 tangan-tangan manusia yang mencari berlian.

Ceritanya pada abad ke-19, kurang lebih 50.000 penambang mulai mencari berlian di tempat ini, dan menemukan sekitar 2.700 kg berlian di tambang ini. Nah, sisa pekerjaan mereka ini yang menghasilkan lubang terbesar di dunia ini.

9. The Door to Hell di Turkmenistan

Lubang Misterius

The Door to Hell via wikipedia.org

Lubang misterius yang terakhir yaitu The Door to Hell yang berada di Turkmenistan. Lubang yang berada di daerah Derweze sangat terkenal dengan gas alam dan api abadi yang selalu menyala.

Kurang lebih sama dengan lubang Kimberley Mine, The Door to Hell juga bukan terbentuk secara alami, melainkan sengaja digali pada tahun 1971 silam oleh beberapa ahli geologi yang mencari gas alam.

Tapi setelah gas alam ditemukan dengan jumlah yang cukup besar, kemudian gas metana naik ke permukaan. Kondisi ini membuat warga setempat takut akan dampak gas alam tersebut, sehingga ahli geologi tersebut memutuskan menghilang gas metana dengan cara dibakar. Tapi pembakaran gas metana tersebut tidak kunjung padam sampai sekarang.

Nah, itulah beberapa lubang misterius yang ada dipermukaan bumi. Walaupun ada beberapa orang yang mengatakan bahwa lubang-lubang ini adalah tempat yang menarik dikunjungi, tapi tidak sedikit yang mengatakan sebaiknya menjauh dari lubang-lubang tersebut.

Baca Juga: Inilah 5 Jejak Kaki Raksasa Misterius Yang Pernah Ditemukan di Indonesia

Loading...

Add Comment