Ini Dia 7 Makanan Khas Banjarnegara! Citarasanya Sungguh Juara!!

Keberagaman kuliner di Indonesia memang mampu membuat banyak wisatawan mancanegara takjub, dari Sabang hingga Merauke, ada banyak resep masakan khas nusantara yang bisa membuat wisatawan mancanegara ketagihan untuk datang lagi ke Indonesia.

Salah satu daerah di Indonesia yang memiliki makanan khas dengan citarasa juara adalah Banjarnegara di Jawa Tengah. Karena, kebanyakan makanan khas Banjarnegara terkenal dengan variasi bumbunya.

Inilah 7 Kejadian Memalukan Wanita Kejepit Sesuatu Paling Langka

Mulai dari yang menyegarkan, manis, asin, hingga makanan pedas, ada di Banjarnegara. Lantas, makanan khas Banjarnegara apa saja yang memiliki citarasa juara dan mampu membuat sebagian orang takjub? berikut ulasannya

1. Soto Krandegan

Makanan khas Banjarnegara pertama dengan citarasa juara yaitu Soto Krandegan. Perpaduan kuah santan, irisan tauge, ketupat, dan potongan sapi di Soto Krandegan ini sangat cocok dijadikan menu sarapanmu di pagi hari.

Untuk mencari tempat penjual Soto Krandegan pun tidak terlalu sulit di Banjarnegara, datang saja ke Alun-Alun kota, kamu akan menemukan banyak pedagang yang menjual Soto Krandegan dengan rasa yang lezat.

Sekilas, kuliner khas Banjarnegara ini mirip dengan makanan opor, tapi kalau kamu sudah mencoba mencicipinya, maka akan tahu jenis rasa nikmat akan jauh lebih lezat dari jenis makanan opor pada umumnya.

Cara menyajiannya yaitu ketupat disiram dengan kuah santan yang kental, tambahkan tauge muda, kemudian tambahkan rempah-rempah seperti bawang goreng, daun bawang, dan sebagainya, setelah itu, baru ditambah irisan daging sapi. Soto Krandegan siap disantap.

2. Combro Kalipalet

Makanan Khas Banjarnegara

Combro Kalipalet via dygiant13.wordpress.com

Kalau sarapan dengan Soto Krandegan belum mengenyangkan perutmu, kamu bisa mencicipi Combro Kalipalet. Makanan khas Banjarnegara yang satu ini bisa dipadukan dengan Soto Krandegan.

Bahan dasar pembuatan Combro Kalipalet adalah singkong, dan sangat nikmat dimakan bersama dengan cabe rawit dan teh manis. Citarasa perpaduan manis dan pedas dari kuliner khas Banjarnegara ini pasti membuatmu ketagihan dengan kelezatannya.

Sekilas, Combro Kalipalet ini terlihat agak keras, tapi kalau sudah pernah mencicipinya, kamu akan tahu teksturnya sangat renyah ketika sudah sampai di lidah.

3. Bakso Ketupat

Kalau kamu sengaja datang ke Banjarnegara untuk berburu makanan khasnya, maka kuliner yang satu ini wajib kamu cicipi yaitu Bakso Ketupat. Karena Bakso Ketupat ini cukup terkenal di Banjarnegara.

Terletak di belakang Polres Banjarnegara, warung makan yang menjual menu Bakso Ketupat ini tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya. Dan harganya pun cukup murah yaitu hanya Rp 10.000, kamu sudah bisa mencicipi bakso unik ini.

Ciri khas lain dari Bakso Ketupat ini yaitu rasa kaldu sapinya begitu kental dengan rasa bakso enak sekali gigit. Selain itu, campuran ketupatnya pun cukup banyak, jadi pasti perutmu akan kenyang dengan seporsi bakso khas Banjarnegara ini.

4. Makanan Khas Banjarnegara: Es Dawet Ayu

Makanan Khas Banjarnegara

Es Dawet Ayu via wikipedia.org

Walaupun kamu bukan orang asli Banjarnegara, kamu pasti pernah melihat penjual Es Dawet Ayu yang sering menjajakan dagangannya di tempat-tempat umum seperti di sekolah, dekat kantor, dan sebagainya.

Karena, minuman segar khas Banjarnegara ini sangat terkenal dengan kelezatannya. Bahkan, saking lezatnya, banyak orang di Indonesia menjadikan Es Dawet bercampur gula Jawa ini sebagai minuman favoritnya. Selain itu, harganya pun cukup murah yaitu sekitar Rp 3.000 – Rp 5.000 saja.

5. Buntil

Pernah mendengar nama makanan khas Banjarnegara yang satu ini? Buntil ini cukup dikenal, terutama buat mereka yang sangat menyukai makanan pedas tapi gurih. Kamu juga bisa menemukan kuliner khas Banjarnegara ini di daerah lainnya di Jawa Tengah.

Buntil ini terbuat daun singkong dan santan kelapa. Dan biasanya disajikan dengan nasi hangat, ikan teri, dan petai. Sedangkan untuk rasa pedasnya digunakan cabai rawit agar rasa pedasnya lebih terasa, dan minumannya, biasanaya cuma es teh manis saja.

Buntil ini mirip dengan makanan khas Turki, bedanya kalau Buntil mengunakan daun singkong, sedangkan di Turki sana mengunakan daun anggur muda sebagai pembungkus kemudian diisi dengan nasi putih.

6. Tempe Mendoan

Tempe Mendoan adalah salah satu makanan khas Banjarnegara yang begitu sederhana yaitu tempe yang dibalut dengan tepung, kemudian ditambah sedikit irisan daun bawang sebagai penambah citarasanya.

Tapi, walaupun sederhana, citarasa yang dihasilkan perpaduan tempe dengan daun bawang yang dibalut dengan tepung ini, mampu membuat setiap orang yang pernah mencicipinya ketagihan. Tempe Mendoan ini cocok disantap menjelang malam.

7. Mie Ongklok

Kalau kamu ingin menikmati makanan berupa mie yang sedikit berbeda dari makanan mie pada umumnya, maka makanan khas Banjarnegara yang terakhir ini bisa jadi rekomendasi yang tepat untukmu.

Namanya adalah Mie Ongklok, cara membuatnya pun sedikit unik yaitu di kocok dengan beberapa bumbu-bumbu khusus. Bumbu khusus inilah yang membuat mie khas Banjarnegara ini memiliki harga jual yang mahal di banding jenis makanan berupa mie lainnya.

Biasanya mie ini dicampur dengan daging seperti daging sapi, atau ayam. Ditambahkan juga beberapa sayuran seperti sawi, kol, dan sebagainya. Soal rasa, dijamin mie ini pasti membuatmu ketagihan.

Nah, itulah beberapa makanan khas Banjarnegara dengan citarasa juara. Semoga referensi kuliner khas dari Banjarnegara ini bermamfaat.

Baca Juga: Ini Dia 11 Makanan Khas Magelang Yang Bisa Membuat Air Liurmu Meleleh

Loading...

Add Comment