12 Makanan Khas Batam Yang Bisa Melelehkan Air Liurmu

Batam adalah salah satu kota di propinsi Riau, dan termasuk salah satu kota yang cukup maju di Indonesia. Letaknya sangat dekat dengan negara Singapura. Saking dekatnya, kalau mau ke Singapura tinggal menyeberang mengunakan kapal feri saja.

Kota Batam juga dikenal sebagai salah satu surga berbelanja di Indonesia, dimana banyak barang-barang original maupun KW yang dijual di kota ini dengan harga miring.

Inilah 7 Kejadian Memalukan Wanita Kejepit Sesuatu Paling Langka

Selain itu, kota Batam juga memiliki segudang makanan khas yang sayang dilewatkan jika kamu sedang berkunjung ke kota Batam. Lantas, apa saja makanan khas Batam tersebut? berikut ulasannya

1. Gong-Gong

Makanan Khas Batam

Gong-Gong via wikimedia.org

Makanan khas Batam yang pertama yaitu Gong Gong. Kuliner khas kota Batam ini terbuat dari siput laut yang dimasak dengan cara ditumis atau direbus, kemudian dicampur dengan bumbu-bumbu khusus.

Gong-Gong ini termasuk salah satu menu makanan yang mudah dicari dan didapatkan di kota Batam, karena hampir semua restoran seafood di kota ini pasti menyediakan menu makanan ini. Gong-Gong ini juga menjadi ikon kuliner kota Batam.

2. Luti Gendang

Makanan khas Batam berikutnya yaitu Luti Gendang. Kuliner khas kota Batam yang satu ini berupa kue cemilan yang mirip dengan kroket. Bedanya, kroket diisi dengan ragout, sedangkan Luti Gendang diisi dengan ikan yang dimasak dengan bumbu.

Luti Gendang juga termasuk makanan yang mudah dicari di kota Batam, biasanya banyak pedagang kaki lima yang menjajakan kue khas kota Batam ini. Luti Gendang ini lebih nikmat bila disantap dalam keadaan masih hangat.

3. Bingka Bakar

Makanan Khas Batam

Bingka Bakar via indonesiakaya.com

Sejatinya, Bingka Bakar ini adalah salah satu kue khas kerajaan Melayu. Tapi, karena banyak dijual di kota Batam, lama-kelamaan, akhirnya menjadi salah satu makanan khas Batam yang banyak dicari oleh wisatawan.

Selain itu, Kue ini sering juga dijadikan oleh orang Batam sebagai buah tangan untuk keluarga atau kerabat mereka yang berada di luar kota Batam. Bingka Bakar mempunyai beberapa varian rasa seperti rasa Strowberry, Cokelat, Keju, dan Pandan.

4. Mie Sagu

Biasanya, Sagu digunakan untuk membuat kue, tapi sedikit berbeda di Batam, karena ada salah satu makanan khas Batam berupa Mie yang bahan dasarnya terbuat dari Sagu. Namanya yaitu Mie Sagu.

Mie Sagu ini memiliki ukuran sedikit lebih besar daripada ukuran mie pada umumnya. Selain itu, aroma sagu sangat pekat pada mie ini. Mie ini biasa dimasak dengan cara di goreng seperti kwetiau (mie goreng).

5. Sop Ikan Batam

Makanan Khas Batam

Sop Ikan Batam via wikimedia.org

Di beberapa kota besar Indonesia seperti di Jakarta mungkin sangat mudah menemukan restoran yang menjual Sop Ikan Batam, tapi lebih nikmat lagi jika kita bisa mencicipi di daerah asalnya yaitu kota Batam.

Makanan khas Batam yang bahan utamanya dari ikan Tenggiri ini adalah menu wajib yang harus dicicipi bila berkunjung ke kota Batam, karena makanan ini memiliki citarasa tersendiri. Biasanya, satu mangkok Sop Ikan Batam akan lebih nikmat bila disantap dengan sepiring nasi putih.

6. Mie Tarempa

Selain Mie Sagu, ada satu lagi makanan khas Batam yang berupa mie yaitu Mie Tarempa. Bahan utama dari mie ini adalah mie gepeng atau mie yang berbentuk agak lebar. Cara masaknya digoreng dengan beberapa rempah-rempah.

Yang membuat Mie Terempa berbeda dan sedikit lebih spesial dibanding dengan mie pada umumnya yaitu topping-nya dari suwiran ikan tongkol atau kadang juga ditambahkan makanan seafood lainnya yang menabah kelezatan mie ini.

7. Mie Lendir

Makanan Khas Batam

Mie Lendir via wikipedia.org

Selain Mie Sagu dan Mie Tarempa, ada juga Mie Lendir yang tidak boleh kamu lewatkan untuk dicicipi jika berkunjung ke kota Batam. Sekilas Makanan khas Batam yang satu ini memang sangat mirip dengan Mie Kocok Aceh atau Mie Khas Medan.

Biasanya, kuahnya terbuat dari kacang tanah dan ubi jalar, kemudian disajikan dengan potongan ayam, udang, tauge, bawang goreng dan cabe, sehingga rasanya akan menjadi kombinasi antara manis, gurih, dan pedas.

8. Bilis Molen

Makanan khas Batam selanjutnya yaitu Bilis Molen. Kuliner khas kota Batam yang satu ini berbahan dasar ikan teri dan tepung terigu. Cara pengolahannya, yaitu ikan teri dibungkus dengan tepung terigu seperti membuat Kue Molen, kemudian digoreng.

Citarasa kombinasi antara tepung terigu dan ikan terigi ini sungguh gurih dan lezat. Bilis Molen ini bisa dijadikan cemilan sambil bersantai dengan secangkir kopi atau teh, atau bisa juga disantap dengan nasi dan lauk lainnya.

9. Kek Pisang Villa

Makanan Khas Batam

Kek Pisang Villa via maxmanroe.com

Selain Bingka Bakar, Kek Pisang Villa juga menjadi salah satu makanan khas Batam yang sering dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang oleh wisatawan. Walaupun bahan dasarnya adalah pisang, tapi kue ini memiliki beberapa varian rasa yang berbeda-beda.

Selain itu, kue ini juga memiliki topping yang bisa kamu pilih sesuai dengan seleramu, seperti Colekat, Kacang, dan Keju. Oleh Oleh khas Batam ini juga termasuk kue yang mudah dicari, karena ada banyak toko yang menjajakan kue ini.

10. Mie Kacang Selat Panjang

Sebenarnya Mie Kacang Selat Panjang ini adalah makanan khas Riau, tapi karena banyak dijual di kota Batam, jadi sayang kamu lewatkan untuk dicicipi. Makanan ini berupa mie yang disiram dengan kuah kacang dengan rasa Udang.

Biasanya, Mie Kacang Selat Panjang disajikan dengan tauge, telur, dan tahu. Kalau menginginkan rasa pedas, kamu juga bisa memesannya dengan tambahan irisan cabe.

11. Teh Obeng

Teh Obeng adalah salah satu minuman menyegarkan khas Batam yang cukup populer. Nama Obeng sendiri berasal dari kata ” o “ dan ” beng “, dimana dalam bahasa Tionghoa, kata ” o “ artinya kosong, sedangkan kata ” beng “ artinya es.

Sekilas, Teh Obeng ini mirip dengan es teh manis pada umumnya, yang membedakannya terletak pada teh yang digunakan dalam pembuatan Teh Obeng tersebut, yang merupakan teh pilihan berkualitas dengan aroma yang khas.

12. Nasi Lemak

Walaupun sejatinya, Nasi Lemak ini merupakan makanan khas asal negara tetangga yaitu Malaysia, tapi kamu juga bisa menemukan makanan enak ini di Batam. Soal rasa, tidak kalah enak dengan di tempat asalnya.

Nasi Lemak ini berasal dari nasi putih berminyak, dimana minyak di nasi putih tersebut, berasal santan kelapa. Biasanya, makanan ini disantap untuk sarapan pagi.

Nah, itulah beberapa makanan khas Batam yang sayang dilewatkan untuk dicicipi bila berkunjung ke kota ini. Jadi kapan main ke Batam?

Loading...

Add Comment