7 Makanan Khas Gorontalo Yang Siap Mengoyang Lidahmu

Gorontalo adalah salah satu propinsi termuda di Indonesia yang dibentuk pada tanggal 22 Desember 2000 silam setelah munculnya pemekaran wilayah yang berkenaan dengan otonomi daerah pada saat era Reformasi.

Sama halnya dengan propinsi lainnya di Indonesia, Gorontalo juga mempunyai keunikan tersendiri dalam hal kuliner yang tidak kalah enak dan lezat jika dibanding dengan kuliner khas dari daerah lainnya di Indonesia.

Kebanyakan Makanan khas Gorontalo ini sangat sulit ditemukan di daerah lain selain di Gorontalo, makanya, jika sedang berlibur ke Gorontalo, jangan lupa berburu makanan khasnya. Lantas, apa saja makanan khas Gorontalo tersebut? berikut ulasannya

1. Ayam Iloni

Jika kamu adalah orang yang suka dengan makanan pedas, berarti kamu harus mencicipi makanan khas Gorontalo yang satu ini. Sekilas Ayam Iloni ini hampir sama dengan Ayam bakar pada umumnya, tapi setelah mencicipi baru bisa merasakan perbedaan.

Perbedaan Ayam Iloni dengan Ayam bakar lainnya yaitu pada bumbunya, dimana bumbu Ayam Iloni sangat didominasi oleh rempah-rempah seperti bawang putih, bawang merah, jahe,kunyit, kemiri, dan masih banyak lagi.

Selain itu, sebelum dimasak daging Ayamnya direndam bersama santan dan cara masaknya bukan dibakar, tapi dipanggang. Makanya Ayam Iloni memiliki citarasa yang berbeda dengan Ayam bakar pada umumnya.

2. Binte Biluhuta

Makanan Khas Gorontalo

Binte Biluhuta via wikipedia.org

Sudah sejak lama daerah Gorontalo dikenal sebagai salah satu daerah penghasil jagung terbesar di Indonesia. Jadi tidak heran, kalau di propinsi ini ada beberapa makanan khas Gorontalo yang berbahan dasar Jagung.

Salah satu kuliner khas Gorontalo yang berbahan dasar Jagung paling populer yaitu Binte Biluhuta, dimana kata ” Binte “ artinya Jagung, sedangkan ” Biluhuta “ artinya disiram, jadi Binte Biluhuta adalah Jagung yang disiram.

Sekilas Binte Biluhuta mirip dengan bubur manado, yaitu sama-sama makanan berkuah dengan suwiran ikan dan sayur-sayuran, perbedaannya cuma dibahan dasarnya, kalau bubur manado dari beras atau singkong, sedangkan Binte Biluhuta dari Jagung.

Kalau orang Gorontalo atau orang Sulawesi Utara sering menyebut makanan ini sebagai ” Milu Siram “, dimana nama ini diambil dari jenis Jagung yaitu Jagung putih (Jagung Milu) yang sering digunakan sebagai bahan dasar makanan ini.

3. Kue Sabongi

Makanan Khas Gorontalo

Kue Sabongi via merdeka.com

Makanan khas Gorontalo selanjutnya yaitu Kue Sabongi. Kue Sabongi adalah salah satu makanan ringan khas Gorontalo yang merupakan warisan nenek moyang masyarakat Gorontalo, sebab kue ini sudah dikenal sejak jaman raja-raja Gorontalo.

Bahan dasar kue ini yaitu singkong dan pisang, walaupun cuma berbahan dasar singkong dan pisang saja, tapi kue ini memiliki citarasa dan kenikmatan tersendiri. Selain itu, cara pembuatannya pun cukup sederhana saja dan tidak memperlukan waktu yang lama, bahkan bisa dilakukan siapa saja.

Tidak heran jika banyak orang menyukai kue ini, khususnya masyarakat Gorontalo sendiri , baik itu dari orang biasa sampai dari golongan penjabat pun banyak yang suka dengan kue khas Gorontalo ini.

Baca Juga: 7 Makanan Terpedas di Dunia, Salah satunya dari Indonesia. berani coba?

4. Tili Aya

Tili Aya adalah salah satu makanan khas Gorontalo yang cuma bisa ditemukan pada acara-acara tertentu saja seperti acara adat. Biasanya, makanan ini disajikan bersama nasi atau makanan pokok lainnya.

Sebenarnya cara pembuatannya cukup mudah dengan bahan dasar gula merah, dimana gula merah tersebut dicampur dengan beberapa butir telur dan santan. Kemudian semuanya dicampur dalam satu adonan, setelah itu dikukus sampai matang.

5. Ilabulo

Makanan Khas Gorontalo

Ilabulo via kompasiana.com

Jika kamu ingin memakan makanan yang tidak terlalu berat tapi mengenyangkan, maka makana khas Gorontalo yang satu ini patut kamu coba. Namanya Ilabulo, bahan dasarnya yaitu sagu dan hati ayam yang dimasak bersama santan.

Sekilas, makanan ini mirip pepes, tapi kalau kamu sudah pernah mencicipinya, pasti tahu perbedaanya, terutama dari segi rasa.

6. Bilenthango

Makanan khas Gorontalo yang satu ini tidak kalah mengoyang lidah, bahan dasarnya yaitu Ikan Mujair yang disajikan dengan cara masak yang cukup unik yaitu setengah di goreng atau di panggang. Hasilnya, pasti bisa membuatmu selalu ingat dengan Gorontalo.

Cara pembuatannya yaitu ikan dibelah menjadi dua bagian, kemudian goreng atau dipanggang di atas daun pisang yang sebelumnya sudah diolesi dengan minyak pada pengorengan. Apinya harus kecil agar ikan tersebut bisa matang merata sampai ke dalam.

Setelah itu, ikan tersebut diberi bumbu dari berbagai macam rempah rempah. Agar bumbu tersebut meresap sampai kedalam, bumbunya disiram ke ikan tersebut sedikit demi sedikit.

7. Sashimi Tuna

Makanan Khas Gorontalo

Sashimi Tuna via japanila.blogspot.co.id

Sejatinya Sashimi adalah makanan khas Jepang, tapi kalau kamu pernah berkunjung ke Gorontalo dan pernah juga mencicipi Sashimi disana, kamu pasti tahu perbedaannya Sashimi Jepang dengan Sashimi Gorontalo.

Kalau Sashimi Jepang, ada kecap shoyu, wasabi atau cabai bubuk, sedangkan Sashimi Gorontalo cuma disajikan dengan sambal dabu-dabu, tapi itu sudah cukup memberikan citarasa yang berbeda dan nikmat.

Kalau kamu pengemar makanan Sashimi, kamu wajib mencoba Sashimi Tuna khas Gorontalo dengan sambal dabu-dabunya.

Nah, itulah beberapa makanan khas Gorontalo yang bisa mengoyang lidahmu. Jadi bila kamu berkunjung kesana, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas ini.

Baca Juga: 7 Makanan Khas Sulawesi Selatan Yang Dijamin Bisa Membuat Ketagihan

Loading...

Add Comment