Ini Dia 10 Makanan Khas Lombok! Dijamin Pasti Bikin Ketagihan!!

Apa jadinya jika traveling ke suatu daerah, tapi tidak mencoba mencicipi makanan khas daerah tersebut? pasti ada yang kurang. Sebab, kuliner adalah salah satu point terpenting yang tidak bisa dipisahkan dari kegiatan traveling.

Apalagi kalau tujuan travelingmu adalah Lombok. Sebab, pulau Lombok tidak hanya terkenal dengan pantainya yang indah, tapi makanan khas Lombok juga terkenal enak dan lezat yang bisa membuatmu mendadak lapar.

Tanpa Operasi Plastik, Inilah 10 Pria Tercantik Di Dunia

Jadi, biar kegiatan travelingmu di pulau Lombok makin lengkap, cari tahu dulu makanan khas apa saja yang terkenal enak dan lezat di Lombok. Berikut ulasannya

1. Ayam Taliwang

Makanan Khas Lombok

Ayam Taliwang via twinsku.blogspot.co.id

Makanan khas Lombok yang pertama yaitu Ayam Taliwang. Sesuai dengan namanya, bahan dasar makanan ini yaitu daging ayam dan sekilas penampilannya tidak ada bedanya dengan ayam bakar pada umumnya.

Tapi, bumbu rempah yang digunakan dalam memasak Ayam Taliwang yang membuat kuliner khas Lombok ini berbeda. Biasanya, Ayam Taliwang disajikan bersama dengan makanan khas Lombok lainnya yaitu plecing kangkung.

Selain itu, makanan pedas khas Lombok juga tidak hanya bisa ditemui di pulau Lombok saja, tapi bisa juga ditemukan di pulau-pulau lain di sekitar Propinsi NTB (Nusa Tenggara Barat). Makanan ini adalah salah satu yang paling banyak diincar para traveler.

2. Beberuk Terong

Banyak orang yang menyepelekan Terong sebagai salah satu sayuran yang tidak bisa memberikan citarasa yang lezat pada masakan, tapi berbeda dengan warga Lombok, Terong bisa dibuat mereka menjadi masakan yang primadona.

Salah satunya yaitu Beberuk Terong, yaitu makanan khas Lombok seperti lalapan, tapi bahan dasarnya adalah irisan Terong dan kacang panjang, kemudian disiram dengan sambal tomat. Terkadang juga ditambah irisan bawang dan ditambah jeruk nipis sebagai penguat aroma dan rasa.

Nama lainnya dari Beberuk Terong yaitu Lasuq. Sama dengan Ayam Taliwang, Beberuk Terong juga sering disajikan bersama dengan kuliner khas Lombok lainnya seperti Pelecing Kangkung dan Ayam Taliwang.

3. Pelecing Kangkung

Makanan Khas Lombok

Pelecing Kangkung via harianresep.blogspot.co.id

Seperti yang sudah disebutkan diatas, makanan khas Lombok yang satu ini, pada umumnya disajikan dengan kuliner khas Lombok lainnya seperti Ayam Taliwang dan Beberuk Terong. Sesuai dengan namanya, bahan dasar makanan ini yaitu kangkung khas Lombok.

Kangkung khas Lombok ini sedikit berbeda dengan kangkung pada umumnya, yaitu kangkung air yang hidup atau ditanam di sungai yang mengalir. Dengan metode penanaman seperti ini membuat batang kangkung Lombok ini lebih besar daripada kangkung pada umumnya.

Cara masaknya yaitu kangkung tersebut direbus, kemudian disajikan dengan sambal tomat yang sebelumnya sudah diolah dengan bumbu dari beberapa rempah-rempah seperti cabai, garam, terasi, dan bumbu lainnya.

4. Sate Rembiga

Makanan khas Lombok selanjutnya yaitu Sate Rembiga, konon katanya, makanan ini sudah ada sejak jaman dulu. Salah satu keluarga Raja Pejanggik yang tinggal di Rembiga disebut sebagai pencipta makanan ini, dia memang diketahui sangat pandai membuat sate.

Sampai akhirnya, keahliannya tersebut diturunkan atau diajarkan dari generasi ke generasi sampai sekarang. Bahan dasarnya yaitu daging sapi yang diolah dan dipadu dengan berbagai bumbu rahasia yang sudah diracik dengan teknik khusus.

Kini, keahlian membuat dan meracik bumbu untuk masakan Sate Rembiga sudah mengangkat sebagian perekonomian warga Rembiga dan Mataram.

5. Nasi Puyung

Makanan Khas Lombok

Nasi Puyung via aldevaran.wordpress.com

Berdasarkan sejarahnya, makanan khas Lombok yang satu ini berasal dari sebuah desa kecil bernama Desa Puyung, kabupaten Lombok Tengah. Penemunya atau peraciknya adalah Inaq Esun (dalam bahasa Lombok, Inaq artinya ibu).

Sekilas, menu Nasi Puyung terlihat tidak terlalu istimewa, berisi suwiran daging ayam yang diolah bersama-sama cabai, taburan udang kering, abon, kacang kedelai, dan belut goreng. Keistimewaan makanan ini terdapat pada rasa pedas bumbunya yang sederhana tapi nikmat.

Kuliner khas Lombok yang satu ini sangat mudah ditemukan di segala penjuru kota Mataram, baik itu warung biasa sampai rumah makan yang levelnya sudah internasional.

Baca Juga: 7 Makanan Terpedas di Dunia, Salah satunya dari Indonesia. berani coba?

6. Sate Bulayak

Sate memang dikenal sebagai masakan khas pulau Madura, tapi varian sate yang satu ini adalah makanan khas Lombok yang sudah sejak lama menjadi salah satu kuliner khas suku Sasak yaitu suku asli pulau Lombok.

Umumnya bahan dasar pembuatan sate adalah daging kambing atau daging ayam, tapi berbeda dengan sate dari Lombok ini, dimana bahan dasar pembuatan sate yang dikenal dengan nama Sate Bulayak ini berasal dari daging sapi.

Biasanya, Sate Bulayak disajikan bersama dengan lontong. Lontong yang dimaksud disini bukan lontong pada umumnya, tapi lontongnya dibungkus mengunakan daun aren yang dililitkan secara memanjang membentuk spiral.

7. Bebalung

Selain Sate Bulayak, ada satu lagi makanan khas suku Sasak yang tidak kalah lezat yaitu Bebalung. Bahan dasar makanan ini yaitu iga sapi atau kerbau yang sudah dimasak dan dicampur dengan bumbu seperti cabai, bawang, lengkuas, dan rempa-rempah lainnya.

Sekilas, kuliner khas Lombok yang satu ini berupa sup atau makanan berkuah, makanya banyak orang yang belum pernah mencicipinya makanan ini akan mengira rasanya seperti gulai, padahal kalau dalam urusan rasa sangat berbeda jauh.

Bebalung juga merupakan makanan wajib disetiap acara yang diadakan oleh warga Lombok. Selain itu, Bagi suku Sasak, makanan ini dipercaya bisa memberikan tenaga dan vitalitas.

8. Sate Tanjung

Selain Sate Rembiga dan Sate Bulayak, ada satu lagi makanan khas Lombok yang berupa sate yaitu Sate Tanjung. Berbeda dengan sate pada umumnya yang mengunakan daging sapi atau ayam sebagai bahan dasar, kalau Sate Tanjung mengunakan ikan laut.

Ikan Cakalang atau Ikan Langoan adalah ikan laut yang sering dijadikan bahan dasar pembuatan kuliner khas Lombok ini, selain itu, sate yang satu ini juga tidak mengunakan saus seperti Sate Bulayak.

Cara memasaknya biasanya ikan tersebut langsung dibakar bersama dengan beberapa bumbu rempah tertentu, kemudian disajikan di atas Opak yang terbuat dari singkong. Makanan ini biasanya ditemukan di kecamatan Tanjung, Lombok Utara.

9. Poteng dan Jaje Tujak

Makanan Khas Lombok

Poteng dan Jaje Tujak via sasakadie.blogspot.co.id

Setiap daerah di Indonesia tentunya punya makanan khas sendiri saat menjelang lebaran, begitu juga dengan daerah Lombok, dimana diketahui ada dua jenis makanan khas lebaran di Lombok yang cukup populer yaitu Poteng dan Jaje Tujak.

Kedua kuliner khas lebaran Lombok ini mengunakan ketat sebagai bahan dasar pembuatannya, cuma ada sedikit perbedaan dalam pengolahan, dimana Poteng dibuat dengan ketan yang dikukus kemudian diberi ragi, setelah itu diberi warna hijau, daun suji, dan pemanis.

Sedangkan Jaje Tujak dibuat dari ketat putih tumbuk yang dikukus. Kalau dijawa, Poteng ini mungkin mirip dengan tape sedang Jaje Tujak mirip dengan Jadah.

10. Ares

Pernah mencicipi masakan dari olah pohon pisang? pasti banyak yang bilang belum pernah. Tapi berbeda dengan di Lombok, pohon pisang bisa diolah jadi sebuah makanan yang lezat, namanya Ares.

Tapi pohon pisang yang digunakan adalah pohon pisang yang masih muda. Dulu, makanan ini hanya dihidangkan pada saat acara-acara adat suku Sasak saja, tapi sekarang, makanan khas Lombok ini sangat mudah ditemukan di pulau Lombok.

Nah, itulah beberapa makanan khas Lombok yang pasti bisa bikin kamu ketagihan. Bagaimana, apakah kamu sudah pernah mencicipinya.

Baca Juga: 8 Air Terjun Di Lombok Yang Sayang Kalau Dilewatkan

Loading...

Add Comment