Ini Dia 11 Makanan Khas Magelang Yang Bisa Membuat Air Liurmu Meleleh

Berkunjung ke suatu daerah itu belum lengkap rasanya kalau belum mencicipi makanan khas yang biasa dimakan oleh penduduk lokalnya, seperti di Magelang yaitu salah satu kota di propinsi Jawa Tengah.

Walaupun termasuk kota yang tidak begitu besar di Indonesia, tapi kota Magelang memiliki segudang kuliner yang siap memanjakan lidah para pengunjungnya. Hal ini tentunya tidak lepas dari peran pemerintahan daerah yang ikut mendukung wisata kuliner dengan membentuk beberapa tempat sentra kuliner di Magelang.

Tanpa Operasi Plastik, Inilah 10 Pria Tercantik Di Dunia

Selain enak dan lezat, satu lagi nilai plus dari makanan-makanan khas dari kota Magelang yaitu harganya yang murah banget. Lantas, seperti apa saja kelezatanan makanan khas Magelang tersebut? berikut ulasannya

1. Kupat Tahu

Makanan Khas Magelang

Kupat Tahu via wikipedia.org

Kalau kamu berkunjung ke kota Magelang, belum lengkap rasanya kalau belum mencicipi makanan khas Magelang yang satu ini, sebab kuliner khas dari kota Magelang ini sangat terkenal dengan kelezatan.

Kupat Tahu ini juga termasuk salah satu menu makanan yang mudah ditemukan di kota Magelang, baik di warung makan maupun di Gerobag, bahkan di luar daerah kota Magelang pun banyak warung makan yang menjual Kupat Tahu.

Dari namanya, kita sudah bisa menebak, kuliner khas Magelang ini terdiri dari Kupat dan Tahu, tapi ada campuran lauk lainnya seperti bawang goreng, bakwan, daun seledri, kubis, dan tauge. Kemudian disiram dengan saus kacang dan kecap.

2. Wedang Kacang

Makanan Khas Magelang

Wedang Kacang via travel.kompas.com

Suasana kota Magelang yang cukup dingin dan sejuk membuat Wedang Kacang yang hangat menjadi salah satu minuman favorit bagi warga kota Magelang. Wedang Kacang ini adalah minuman khas Jawa Tengah yang sudah terkenal kelezatannya.

Semangkuk Wedang Kacang biasanya terbuat dari kuah Jahe, kacang, dan ketan. Salah satu Wedang Kacang yang terkenal kelezatan di kota Magelang yaitu Wedang Kacang Kebon, karena kacangnya empuk dan kuahnya sangat kental.

3. Sego Godog

Sego Godog adalah makanan khas Magelang berupa nasi yang direbus, dimana dalam bahasa Jawa ” Sego “ artinya nasi, sedangkan ” Godog “ berarti rebus, sehingga kalau diartikan ke dalam bahasa Indonesia yaitu nasi rebus.

Dalam pembuatannya sesuai dengan namanya, dimana nasi yang sudah diberikan bumbu direbus dengan beberapa lauk lainnya seperti mie, ayam, dan telur. Warung yang cukup populer menjual Sego Godog di Magelang yaitu Warung Pak Manto di Alun-Alun Magelang.

4. Konro Bakar Bumbu Kacang

Sejatinya, Konro adalah salah satu makanan khas Sulawesi Selatan, atau lebih tepatnya salah satu makanan khas kota Makasar. Lalu bagaimana ceritanya, Konro bisa jadi salah satu makanan khas Magelang.

Ceritanya memang Konro itu makanan khas Makasar, tapi Konro yang ada di Magelang adalah Konro yang sudah di modifikasi dengan ciri khasnya yaitu bumbu kacang (mirip bumbu kacang yang ada pada sate).

5. Mangut Lele

Makanan khas Magelang selanjutnya yaitu Mangut Lele yang cukup terkenal di kota Magelang. Warung yang cukup dikenal dengan menu Mangut Lele di Magelang yaitu Warung Purnama yang sudah lama berdiri dan cukup banyak peminatnya.

Sesuai dengan namanya, Mangut Lele terbuat dari ikan lele yang berkuah santan dengan warna kuning dari kunyit. Umumnya makanan ini disajikan bersama dengan sambal goreng dengan potongan tahu, cabe, buncis, dan pete.

6. Mangut Beong

Selain Mangut Lele, ada satu makanan khas Magelang dari jenis mangut yang juga cukup dikenal di Magelang yaitu Mangut Beong. Perbedaannya, hanya pada ikan yang merupakan bahan dasar dari makanan ini.

Kalau Mangut Lele mengunakan ikan Lele, sedangkan Mangut Beong mengunakan ikan Beong. Ikan Beong ini juga termasuk ikan air tawar seperti ikan Lele, selain itu, bentuknya pun agak mirip dengan ikan Lele.

Baca Juga: 7 Makanan Khas Banyuwangi Yang Wajib Dicicipi Oleh Wisatawan

7. Sop Senerek

Makanan Khas Magelang

Sop Senerek via jampiluwe.blogspot.co.id

Kalau makanan khas Magelang yang satu ini sudah ada sejak jaman Belanda. Kalau dilihat dari bentuknya sebenarnya kurang lebih sama dengan makanan sop lainnya, hanya saja kombinasi sayurannya yang sedikit beda yaitu ada wortel, daun bawang, daun seledri, kecang merah, dan daging sapi.

Nah, kacang merah pada sop inilah yang membuat makanan ini jadi unik, sebab kacang merah tidak ditemukan di makanan jenis sop lainnya di Indonesia. Selain itu, makanan ini memang enak, lezat, dan sangat cocok disantap disaat cuaca lagi sejuk.

8. Es Krim Mahkota

Makanan Khas Magelang

Es Krim Mahkota via fahmianhar.wordpress.com

Ada sebuah toko roti di Magelang yang sangat legendaris yaitu Toko Roti Mahkota. Konon katanya, toko roti ini sudah berdiri sejak tahun 1945-an, dan desain eksteriornya pun sangat jadul. Lokasinya di kawasan Poncol.

Nah, di Toko Roti Mahkota ada es krim yang legendaris yaitu Es Krim Mahkota yang biasanya dibungkus dengan semacam kertas dari alumunium foil. Sedangkan citarasanya sangat khas es krim dari jaman dulu, lezatnya klasik banget.

9. Depot Es Semanggi

Makanan Khas Magelang

Depot Es Semanggi via tribunnews.com

Ada satu lagi tempat jajan es yang cukup populer di Magelang yaitu Depot Es Semanggi. Tempat ini lumayan ramai dikunjungi setiap harinya, walaupun tempatnya cukup sulit ditemukan yaitu berada di area parkir Matahari Department Store Magelang.

Saking ramainya, terkadang ada pengunjung yang tidak kebagian tempat duduk, hal ini mungkin tempatnya yang juga terbilang kecil. Salah satu menunya yaitu Es Pleret yang diracik dengan varian cokelat dan tape.

10. Es Murni

Walaupun cuaca kota Magelang dikenal udaranya yang sejuk, tapi di siang hari tetap panas juga. Makanya jajanan berupa es ada banyak di kota Magelang, salah satu yaitu Es Murni. Es Murni adalah salah satu warung es yang usianya sudah cukup tua, konon katanya sudah ada sejak tahun 1962.

Ada beberapa menu varian es di Es Murni di antaranya Es Burjo, Es Duren, dan Es Teler. Warung yang berada di Jalan Sriwijaya ini selalu ramai dikunjungi setiap harinya apalagi kalau cuaca di kota Magelang sedang panas.

11. Nasi Lesah

Makanan khas Magelang yang terakhir yaitu Nasi Lesah. Nasi Lesah ini terdiri dari campuran sayuran yang disiram dengan perpaduan antara santan dengan kuah kaldu ayam. Tapi kini, makanan ini termasuk sulit ditemukan.

Secara sekilas Nasi Lesah ini mirip dengan Soto, perbedaannya terletak pada kuahnya, dimana Nasi Lesah mengunakan kuah bercampur santan dan disajikan dalam piring, berbeda dengan soto yang disajikan dalam mangkok.

Penyajiannya pun sangat sederhana yaitu nasi putih dicampur dengan beberapa irisan kubis, seledri, wortel, dan kecambah, kemudian disiram dengan kuah santan dan kaldu ayam. Setelah itu, Nasi Lesah siap dihidangkan.

Nah, itulah beberapa makanan khas Magelang yang bisa membuat air liurmu meleleh, mulai dari es yang menyegarkan hingga makanan berupa sop ada di Magelang. Jadi, kalau berkunjung ke Magelang, jangan lupa mencicipi salah satu makanan diatas ya!

Baca Juga: Inilah 14 Makanan Khas Bandung yang Pasti Membuatmu Ngiler

Loading...

Add Comment