Ini Dia 13 Makanan Khas Manado Yang Terkenal Ciamik

Manado adalah salah satu kota di Sulawesi Utara yang menyimpan jutaan pesona, mulai dari kekayaan alam sampai kearifan masyarakatnya pun menjadi daya tarik yang luar biasa bagi wisatawan agar berkunjung kesana.

Uniknya, Manado juga terkenal dengan para gadis-gadisnya yang cantik alami. Konon katanya, di jaman dulu, warga pribumi disana banyak dipersunting oleh orang Belanda dan Jepang sehingga melahirkan keturunan-keturunan yang cantik-cantik sampai sekarang.

Tapi, Manado juga dikenal bukan hanya dari gadis-gadisnya yang memiliki kecantikan alami, makanan khas disana juga terkenal dengan rasanya yang ciamik. Ngak percaya? Coba baca ulasannya berikut ini

1. Bubur Manado

Makanan Khas Manado

Bubur Manado via wikipedia.org

Makanan khas Manado pertama yang tidak boleh kamu lewatkan bila berkunjung ke kota Manado yaitu Bubur Manado. Kuliner khas Manado yang juga sering disebut dengan Titunuan ini berbeda dengan Bubur Ayam pada umumnya.

Katanya, Bubur Manado ini lebih sehat, karena mengunakan bahan dari sayur-sayuran. Dimana sayuran hijau dan serutan Jagung dicampur dalam adonann bubur yang terbuat dari beras. Kemudian bubur tersebut akan disajikan bersama sambal dan ikan asin.

2. Ayam Tuturuga

Ayam Tuturuga adalah makanan khas Manado yang mirip dengan Opor Ayam, biasanya disajikan sebagai menu makanan sehari-hari, dan citarasanya pun berbeda, lebih gurih dengan sedikit rasa pedas.

Walaupun mirip dengan Opor Ayam, kuliner khas Manado yang satu ini berbeda dengan masakan Opor Ayam di tempat lain, dimana dalam pengolahannya, Ayam Tuturuga diolah dengan tambahan sayur seperti daun kemangi, jeruk nipis, dan daun pandan.

3. Nasi Jaha

Kalau makanan khas Manado yang satu ini termasuk salah satu kuliner yang mudah ditemukan di Manado, dimana hampir semua rumah makan disana pasti ada menyediakan menu kuliner khas yang terkenal enak ini.

Cara masaknya terbilang cukup unik yaitu beras dan ketan yang dimasukan kedalam bambu, kemudian dibakar sampai beras di dalam bambu tersebut matang. Nasi Jaha ini wajib dicicipi bila menyambangi Manado.

4. Sambal Bakasang

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Manado adalah salah satu daerah di Indonesia yang sangat terkenal dengan kulinernya dengan citarasa yang pedas-pedas, dimana disana banyak sekali jenis sambal yang pedas dan lezat.

Salah satu sambal yang cukup terkenal yaitu Sambal Bakasang. Katanya, Sambal Bakasang ini sedikit berbeda dengan jenis sambal lainnya, sebab Sambal Bakasang dibuat dari campuran telur ikan.

5. Ayam Woku-woku

Makanan Khas Manado

Ayam Woku-woku via cozyhomeidea.com

Kalau kamu adalah salah satu orang yang sangat menyukai makanan yang bercitarasa pedas, berarti kamu wajib mencicipi makanan khas Manado yang satu ini, dijamin citarasa pedasnya bisa bikin kamu ketagihan.

Kuliner khas asal Manado yang sering juga disebut dengan nama rica-rica ikan ini memang memiliki tingkat kepedasan yang bisa membuat perut panas, tapi justru sensasi inilah yang bisa membuat pecinta makanan pedas ingin nambah lagi.

6. Ikan Cakalang Fufu

Nama ikan yang satu ini mungkin sudah sering kamu dengar, sebab ikan ini memang sudah terkenal sebagai salah satu bahan utama makanan khas Minahasa. Biasanya ikan ini diolah dengan cara diberi bumbu, kemudian diasap.

Nah, Ikan Cakalang Fufu ini biasanya disajikan bersama dengan sambal dabu-dabu yaitu salah satu sambal khas Manado yang cara pembuatannya bukan diuleg, tapi diiris-iris yang terdiri dari cabe merah, cabe hijau, kemangi, bawang merah, garam, tomat, dan jeruk nipis.

7. Rica Rodo

Rica rodo adalah salah satu makanan khas Manado yang cukup unik dan kuliner ini cocok untuk mereka yang doyan dengan makanan berbahan sayur, sebab terbuat dari terong, sedikit campuran irisan jagung manis yang menambah citarasa renyah dan gurih.

Baca Juga: 7 Makanan Khas Gorontalo Yang Siap Mengoyang Lidahmu

8. Nasi kuning Khas Manado

Makanan Khas Manado

Nasi kuning Khas Manado via okyphotoworks.wordpress.com

Banyak daerah di Indonesia yang memiliki makanan khas berupa Nasi Kuning, tapi Nasi Kuning khas Manado ini sedikit berbeda dengan citarasa dan bentuk yang berbeda dan hanya ada di Manado saja.

Nasi Kuning dari Manado ini bisa dikatakan spesial, sebab dibungkus dengan woka dengan bentuk seperti permen tapi berukuran besar. Biasanya makanan khas Manado ini disajikan bersama dengan abon ikan sebagai lauknya.

9. Klappertaart

Klappertaart adalah salah satu makanan khas Manado yang merupakan warisan bangsa Belanda yang masih ada sampai sekarang. Kue ini mengunakan kelapa muda sebagai bahan dasarnya. Klappertaart lebih nikmat dicicipi saat keadaan dingin.

10. Sambal Roa

Makanan Khas Manado

Sambal Roa via v1olet.blogspot.co.id

Manado sudah lama terkenal dengan pantai-pantainya yang cukup indah seperti pantai Malalayang yang selalu ramai dengan pengunjung. Duduk santai di tepi pantai akan makin lengkap kalau sambil mencicipi jagung rebus atau ketela goreng.

Ketela goreng atau jagung rebus memang makanan yang sederhana saja, tapi kedua makanan tersebut akan menjadi lebih istimewa kalau dimakan bersama Sambal Roa. Sambal ini terbuat dari daging ikan roa yang dihaluskan. Dijamin bisa bikin ketagihan.

11. Pisang Goroho

Pisang Goroho adalah pisang khas Sulawesi Utara, dimana pisang ini enak disantap langsung, atau bisa juga diolah dengan cara dikukus atau di goreng. Rasanya yang sedikit asam membuat pisang ini cocok dijadikan teman minum kopi atau teh.

Berbeda dengan jenis pisang pada umumnya yang enak dimakan saat sudah matang, Pisang Goroho ini justru enak disantap saat masih muda.

12. Lalampa

Kalau makanan khas Manado yang satu ini sangat mirip dengan Lemper yang ada di Jawa, sama-sama terbuat dari beras ketan yang kemudian dibungkus dengan daun, perbedaannya cuma pada isiannya.

Kalau Lemper biasanya berisi ayam atau abon, sedangkan Lalampa berisi daging ikan cakalang, selain itu, cara masak Lalampa dengan cara dikukus kemudian dibakar.

13. Gohu

Gohu ini bisa dikatakan sebagai rujaknya khas Manado yang terbuat dari irisan buah pepaya yang sudah direndam dalam air asam cuka, garam, gula, cabe, dan jahe. Citarasanya berupa manis, pedas, dan asam bercampur jadi satu. Dijamin pasti nikmat.

Nah, itulah beberapa makanan khas Manado yang terkenal ciamik dengan kelezatan. Yuk kapan-kapan melancong kesana.

Baca Juga: Ini Dia 10 Makanan Khas Lombok! Dijamin Pasti Bikin Ketagihan!!

Loading...

Add Comment