Ini Dia 14 Makanan Khas Pemalang! Nikmatnya Bikin Rindu!!

Jika dibandingkan dengan dua kota tetangganya yaitu kota Pekalongan yang terkenal dengan batiknya dan kota Tegal terkenal dengan Ngapaknya, nama kota Pemalang memang sangat jarang sekali didengar.

Mungkin ada yang tahu, kalau Pemalang itu cuma Comal, padahal Comal itu hanya satu dari 14 kecamatan yang ada di Pemalang. Mungkin beginilah nasib kota kecil diantara dua kota besar yang menghimpitnya.

Inilah 7 Kejadian Memalukan Wanita Kejepit Sesuatu Paling Langka

Walaupun begitu, Pemalang memiliki makanan khas lezat yang selalu bisa membuat rindu bagi warganya yang sedang merantau di penjuru Indonesia. Lantas, apa saja makanan khas Pemalang tersebut? berikut ulasannya

1. Lotek

Makanan khas Pemalang pertama yaitu Lotek. Sekilas Lotek ini mirip dengan Pecel, tapi dari segi rasa sedikit berbeda, karena kuliner khas Pemalang yang satu ini tidak ada campuran bawang putih, daun jeruk, dan kencur yang biasa dicampurkan sebagai bumbu pada Pecel.

Lotek terdiri beberapa sayuran seperti Kangkung, daun ubi, kacang panjang, sawi, nangka muda, kecipir, timun, dan tauge. Terkadang juga ada Lotek yang dicampur dengan Kerupuk Usek (Useg) yaitu kerupuk yang digoreng dengan pasir.

Kombinasa citarasa berbagai sayuran dan bumbu inilah yang membuat makanan khas kota Pemalang ini begitu lezat dan selalu dirindukan oleh warganya yang sedang merantau untuk mencari kehidupan yang lebih baik.

2. Kraca

Mungkin banyak orang yang menganggap keong sawah sebagai hama, padahal hewan yang satu ini memiliki protein yang cukup tinggi dan ditangan seorang yang ahli memasak bisa disulap menjadi makanan yang enak.

Salah satu makanan enak yang terbuat dari keong sawah yaitu Kraca. Kraca adalah salah satu makanan khas Pemalang berbahan dasar keong sawah yang dimasak dengan berbagai bumbu seperti bawang merah dan bawang putih, ketumbar, kemiri, serta beberapa bumbu lainnya.

3. Bongko Mento

Bongko dikenal oleh masyarakat luas sebagai makanan berbahan dasar pisang yang memiliki rasa manis. Berbeda dengan Bongko khas Pemalang ini atau yang biasa disebut dengan nama ” Bongko Mento “.

Dimana, Bongko Mento terbuat dari adonan tepung terigu yang didadar, kemudian diisi dengan tumisan buah pepaya muda yang sudah dibumbui dengan berbagai bumbu khusus. Setelah itu, ditambah suwiran ayam.

Kemudian, semua bahan tersebut dibungkus dengan daun pisang, Setelah itu, dikucuri dengan kuah santan yang kental, dan baru kemudian dikukus hingga matang.

4. Sate Loso

Makanan khas Pemalang selanjutnya yaitu Sate Loso. Sate Loso merupakan salah satu varian sate khas Indonesia yang berasal dari kota Pemalang, dimana bahan dasarnya adalah daging sapi atau daging kerbau yang di bacem terlebih dahulu sebelum dibakar.

Biasanya disajikan dengan sambal yang dibalut dengan kacang berwarna merah yang sudah dihaluskan. Uniknya, sate khas Pemalang ini juga bisa disajikan dengan sup berisi urat, tulang muda, dan tauge.

5. Lontong Dekem

Selanjutnya, Lontong Dekem yaitu sejenis potongan lontong dan daging ayam yang dilengkapi dengan rancangan daun bawang, bawang goreng, dan klethuk, yaitu bubuk yang dibuat dari tulang ayam yang digoreng.

Lontong Dekem biasanya disajikan dengan sate khas dekem. Sate khas dekem sendiri memiliki dua varian yaitu sate dengan potongan daging ayam yang sudah dipipihkan sebelumnya, kemudian ditusuk dengan lidi. Setelah itu, disiram dengan kuah yang gurih.

Dan sate goreng yang berisi daging hati ayam, ampela, usus, dan kulit ayam yang sudah dibumbui dengan Serundeng kelapa. Setelah itu, baru ditaburi klethuk dan ditambah kerupuk. Nyamm… pasti nikmat nih

6. Grombyang

Makanan Khas Pemalang

Grombyang via kompasiana.com

Bisa dikatakan Grombyang ini adalah salah satu makanan khas Pemalang yang paling populer disana. Makanan ini mirip seperti Rawon dan mudah didapatkan, karena banyak penjual yang menjajakan jenis makanan ini di sana.

Grombyang terdiri dari daging kerbau atau sapi empuk yang dipadukan dengan kuah manis, kemudian ditaburi daun bawang, dan bawang goreng. Kuliner khas Pemalang ini juga bisa dijadikan dengan sate Babat yang dilumuri dengan bumbu istimewa khas Pemalang.

7. Apem Comal

Apem Comal adalah salah satu kuliner khas Pemalang berupa roti dengan citarasa yang manis, gurih, dan lezat. Yang unik dari roti khas kota Pemalang ini yaitu cara pembuatannya yang masih sangat tradisional.

Bahan dasar dari Apem Comal ini yaitu tepung beras dan gula merah. Rasa manisnya legit dengan tekstur seperti kue basah pada umumnya. Di jamin roti Apem Comal ini pasti bisa memanjakan lidahmu.

8. Kamir

Makanan Khas Pemalang

Kamir via wikipedia.org

Selain Apem Comal, ada satu lagi jajanan khas Pemalang yang tidak boleh kamu lewatkan jika sedang berkunjung ke kota ini yaitu Kamir atau kadang juga ditulis ” Khamir “.

Sejatinya, makanan khas Pemalang yang satu ini berasal dari Arab, tapi bisa kamu temui dengan mudah di kota Pemalang. Kamir terbuat dari adonan terigu, telur, mentega, dan kadang juga ditambahkan pisang atau tape.

Selain itu, kue Kamir ini juga tersedia dalam dua pilihan rasa yaitu Kamir Terigu, dan Kamir Beras. Nama kue ini berasal dari bahasa arab yaitu ” Khamir “ artinya ragi. Karena dalam proses pembuatan, sebelum dimasak menjadi kue, bahan-bahannya didiamkan semalaman agar lebih mengembang.

9. Kepiting Lemburi

Sesuai dengan namanya yaitu Kepiting Lemburi atau Kepiting Cangkang Lunak, disaat menyantap kuliner khas Pemalang ini kita perlu takut ditusuk atau tertusuk cangkang Kepiting yang terkenal sangat tajam.

Proses dan cara masaknya tidak jauh berbeda dengan cara masak kepiting pada umumnya. Selain itu, makanan ini sudah banyak dijajakan oleh warung makan di jalur Pantura, khususnya di sekitar kota Pemalang.

10. Tahu Pletok

Selain Apem Comel dan Kue Kamir, ada satu lagi jajanan khas Pemalang yang cukup poluer disana yaitu Tahu Pletok. Tahu ini dibuat dan disajikan dengan cara yang cukup unik yaitu tahunya dipecah mengunakan tangan.

Sebelum disajikan, makanan khas Pemalang berupa tahu ini di goreng kering terlebih dahulu hingga warnanya agak kecokelat-cokelatan atau sampai aroma pandan mulai tercium dari tahu goreng tersebut.

11. Bakso Balungan

Kalau kamu sedang mencari makanan berupa bakso yang enak dan super pedas sekitar kota Pemalang, kamu bisa mencoba bakso khas kota Pemalang yaitu Bakso Balungan yang sudah cukup dikenal disana.

Sekilas, Bakso Balungan khas kota Pemalang ini hampir sama dengan bakso pada umumnya dengan bahan bakunya yaitu daging sapi. Bedanya, Bakso Balungan ada potongan tulang sapi yang disebut ” Balung “, makanya namanya Bakso Balungan.

12. Pecak Belut

Pecak Belut adalah salah satu kuliner khas kota Pemalang yang dibuat dengan bahan dasar dari Belut, biasanya disajikan di dalam cobek yang sudah dilapisi dengan daun pisang. Walaupun makanan ini dibuat dengan bahan dasar belut yang bentuknya seperti ular, tapi makanan ini termasuk makanan yang sudah dijamin halal dan layak dikomsumsi oleh siapapun.

13. Kerupuk Useg (Usek)

Makanan Khas Pemalang

Kerupuk Useg (Usek) via kitchenepic.wordpress.com

Mungkin makanan khas Pemalang yang satu ini sudah sering kamu jumpai di kota-kotamu, tapi tahukah kamu, kalau kerupuk yang biasa dijadikan teman lauk makan di berbagai tempat makan di pinggir jalan ini aslinya berasal dari Pemalang.

Maka, tidak ada salahnya jika sedang berkunjung ke Pemalang, kamu mencoba mencicipi kerupuk ini. Selain dijadikan teman lauk untuk berbagai makanan, kerupuk ini juga bisa dijadikan cemilan.

14. Ogel-Ogel

Kuliner khas Pemalang yang terakhir yaitu Ogel-Ogel. Ogel-Ogel adalah makanan ringan khas kota Pemalang yang dibuat dari tepung ketan dan dicampur dengan bahan-bahan seperti garam, gula, keju, dan bahan lainnnya.

Makanan ini juga terkenal sangat lezat dengan citarasa yang gurih dan renyah yang pasti membuatmu ingin mencicipinya lagi, lagi, dan lagi. Nama makanan ringan ini diambil dari bentuknya yang unik tersebut.

Nah, itulah beberapa ulasan makanan khas Pemalang. Bagaimana sudah pernah mencicipinya?

Loading...

Add Comment