Inilah 11 Makanan Khas Turki Yang Enaknya Tidak Main-Main

Setiap orang kalau berkunjung ke negara asing, pasti tidak hanya ingin sekedar mengunjungi tempat wisatanya atau mengenal budayanya saja, pasti juga ingin mencicipi kelezatan makanan khas negara yang dikunjunginya tersebut.

Sama halnya kalau kita mengunjungi negara Turki, sebab negara yang wilayahnya berada di antara benua Eropa dan benua Asia ini terkenal dengan kulinernya yang enak dan lezat.

Umumnya makanan khas Turki ini bisa ditemukan dan dibeli didekat tempat wisata, pasar, dan pusat berbelanjaan di Turki. Lantas, seperti apa saja kelezatan makanan khas Turki yang enaknya tidak main-main? berikut ulasannya

1. Kebab Khas Turki

Kebab adalah salah satu makanan khas Turki yang paling populer di dunia. Kebab khas Turki ini berupa irisan daging kambing atau sapi yang dipanggang secara vertikal kemudian diputar dan disajikan dengan cara digulung bersama roti dalam bentuk sandwich atau burger.

Sebenarnya, secara umum kebab adalah salah satu makanan khas dari negara timur tengah yang kemudian diadopsi oleh negara-negara asia tengah dan asia barat, salah satunya yaitu Turki sebelum akhirnya tersebar luas di seluruh dunia.

Jenis kebab yang terkenal di Turki adalah Doner Kebab yang disajikan dengan roti pita (tortila). Nah jenis doner kebab inilah yang kalau di Indonesia sering disebut ” kebab kkas Turki “. Doner Kebab ini juga bisa disajikan dalam bentuk Burger.

2. Baklava

Makanan Khas Turki

Baklava via wikimedia.org

Baklava adalah salah satu makanan khas Turki berupa roti pastri berlapis isi kacang yang disiram dengan sirup atau madu sebagai pemanisnya. Roti khas Turki ini merupakan salah satu kuliner yang sangat populer, jadi sangat mudah ditemukan di Turki.

Cara buatnya yaitu dengan menumpuk pastri tipis selapis demi selapis yang diberi mentega cair dan potongan kacang diantara lapisannya. Sebelum dipanggang, Baklava dipotong-potong menjadi beberapa bagian.

Setelah matang dipanggang, kemudian disiram dengan banyak sirup atau madu dan dibiarkan beberapa lama terendam agar sirup atau madu tadi lebih meresap ke setiap lapisan-lapisannya yang kering.

3. Borek

Makanan Khas Turki

Borek via pixabay.com

Satu lagi makanan khas Turki berupa roti yang tidak boleh kamu lewatkan selain Baklava yaitu Borek. Bentuknya juga hampir sama dengan Baklava dan juga terdiri dari lapisan-lapisan pastri dan ditengah diberi isian.

Bedanya, kalau Baklava ditengahnya umumnya diberi isian kacang saja, sedangkan Borek lebih bervariasi seperti keju, sayuran seperti bayam, kentang, dan sayuran lainnya, atau bisa juga daging cincang.

Proses pembuatannya pun sedikit berbeda dengan Baklava, kalau Borek ada yang langsung dipanggang dan ada juga direbus dahulu baru kemudian dipanggang. Setelah itu, baru dipotong-potong menjadi beberapa bagian. Selain itu, Borek juga tidak disiram dengan madu atau sirup seperti Baklava.

4. Dolma

Dolma adalah makanan khas Turki yang biasanya terbuat dari sayuran seperti paprika, tomat, terong, kol, dan daun anggur. Selain di Turki, Dolma ini juga cukup dikenal di beberapa negara semenanjung Baklan, Timur Tengah, dan Asia Barat.

Di Turki ada dua jenis Dolma yaitu yang Dolma yang isinya mengandung daging dan tidak mengandung daging. Kalau yang isiannya mengandung daging biasanya terdiri dari campuran nasi, daging cincang, mentega, bawang merah, biji cemara, dan beberapa rempah-rempah lainnya.

Sedangkan Dolma yang isiannya tidak mengandung daging, umumnya terdiri dari campuran nasi, minyak ziatun, kismis, biji cemara, mint, daun peterseli, daun ketumbar, dan beberapa rempah-rempah lainnya.

5. Dondurma

Makanan Khas Turki

Dondurma via flickr.com

Es krim adalah salah satu jenis makanan yang cukup digemari banyak orang, mulai anak-anak hingga orang dewasa suka dengan makanan yang satu ini. Nah, di Turki ada sebuah es krim dengan citarasa yang uniknya, namanya adalah Dondurma.

Dondurma adalah makanan khas Turki berupa es krim yang liat dan lengkep seperti permen karet. Es krim khas Turki ini umumnya berbahan dasar dari campuran susu, gula, salep yaitu sejenis bahan pengental yang terbuat dari tepung.

Uniknya, beberapa penjual Dondurma ini mengunakan rompi dan topi seperti Aladin, serta mengunakan tongkat panjang untuk mengaduk es krim tersebut. Selain itu, ada juga yang sedikit melakukan artraksi untuk menarik pengunjung.

6. Kofle

Kalau makanan khas Turki yang satu ini berbahan dasar dari daging seperti daging kambing, sapi, atau ayam yang digiling, kemudian dicampur dengan beberapa bumbu dan bahan tambahan lainnya seperti sayuran dan telur.

Setelah itu, dibentuk menjadi bulat seperti bakso, kemudian dimasak, bisa dipanggang, digoreng, atau bisa juga dikukus. Umumnya disajikan bersama dengan nasi, salad, dan saus. Kofle ini juga cukup populer di negara Arab dengan nama Kufta, di India dinamakan Kofta, dan di Yunani disebut Keftes.

Baca Juga: 10 Fakta Unik Kopi Gajah! Kopi Termahal di Dunia Saat ini!!

7. Pide

Di Turki kamu juga bisa menemukan Pizza, namanya Pide. Ya! Pide adalah makanan khas Turki mirip seperti Pizza yang terbuat dari roti pita, dimana bagian atasnya diberi toping seperti daging sapi, daging kambing, tuna cincang, paprika, dan sebagainya.

Sama hal seperti Pizza, Pide ini juga dimasak dengan cara dipanggang di dalam oven, dan penyajiannya pun mirip seperti Pizza. Pide ini sangat cocok dimakan saat sedang santai atau sedang ngobrol dengan teman-teman.

8. Kumpir

Makanan Khas Turki

Kumpir via wikimedia.org

Kentang panggang ternyata tidak hanya terkenal di Inggris, di Turki pun cukup populer, salah satunya makanan khas Turki berupa kentang panggang yaitu Kumpir. Kumpir ini adalah salah satu makanan cepat saji terfavorit di Turki.

Kumpir terbuat dari kentang panggang yang dibungkus dengan aluminium foil, kemudian setelah matang, bagian tengah dibelah dan diisi dengan mentega dan keju. Selain itu, terkadang isian tengahnya juga ditambah bahan lainnya.

Tempat paling populer untuk menikmati dan membeli Kumpir di Instanbul, Turki yaitu Ortakoy. Di tempat ini kamu bisa mencicipi Kumpir sambil menikmati indahnya pemandangan selat Bosphorus yang menawan.

9. Boza

Makanan Khas Turki

Boza via wikimedia.org

Boza merupakan minumana khas Turki yang terbuat dari gandum yang difermentasi dengan gula dan air. Minuman ini memiliki rasa asam dan manis dengan tekstur sedikit agak kental dengan kandungan sedikit alkohol yaitu 1%.

Selain di Turki, minumanan ini juga cukup populer di negara lain seperti Kazakhstan, Albania, Kyrgystan, Bulgaria, Kosovo, dan masih banyak negara lainnya. Cuma di Turki, biasanya disajikan bersama bubuk kayu manis yang ditabur dibagian atasnya.

Minuman ini paling enak diminum saat musim dingin, karena sifatnya yang bisa menghangatkan tubuh sebab minuman khas Turki ini kaya akan vitamin dan karbothidrat. Selain itu, Boza juga dipercaya bisa menstimulasi ASI.

10. Simit

Makanan Khas Turki

Simit via wikimedia.org

Selain Baklava dan Borek, ada satu lagi makanan khas Turki lainnya yang berupa roti yang harus kamu coba cicipi bila mengunjungi negara tersebut. Namanya Simit yaitu roti berbentuk melingkar seperti donat yang ditaburi wijen.

Kuliner khas dari negara Turki ini banyak dijual oleh gerobak-gerobak di pinggir jalan. Selain itu, jika beruntung kamu juga bisa menjumpai para pedagang yang membawa roti Simit ditumpuk tinggi diatas kepalanya.

Simit ini memang mirip sekali dengan donat, bedanya, kalau donat bertekstur lembut dan empuk, sedangkan Simit memiliki tekstur yang agak kering dan renyak seperti roti bagel. Selain itu, tingkatan tekstur tersebut sedikit berbeda-beda tiap kota di Turki.

11. Lokum

Lokum adalah manisan khas negara Turki yang berbahan dasar gula dan gel pati. Biasanya, manisan ini disajikan dalam bentuk potongan-potongan kecil dengan bentuk bundar atau persegi empat, serta memiliki bermacam-macam warna.

Terkadang juga, manisan ini ditambah bahan dasar lain seperti kurma, atau kacang-kacangan. Selain di Turki, manisan ini juga cukup dikenal di beberapa negara lainnya seperti Romania, Yunani, dan Inggris serta negara persemakmurannya.

Nah, itulah beberapa makanan khas Turki yang enaknya tidak main-main. Jadi kalau ada rencana berkunjung ke negara Turki siapkan perutmu untuk mencicipi semua makanan khas disana.

Baca Juga: 7 Minuman Khas Jepang Yang Bisa Mengoda Lidahmu

Loading...

Add Comment