Ini Dia 17 Makanan Terpedas di Dunia! Salah Satunya dari Indonesia!!

Like Fan Page @wowasiknyacom

Walaupun bisa memberikan efek yang kurang enak di lidah dan juga bisa merusak percernaan tubuh bila terlalu berlebihan, tapi makanan pedas tetap menjadi salah satu makanan favorit dan pilihan banyak orang di dunia.

Alasannya sederhana saja, yaitu makanan pedas mampu mengugah selera dengan sensasi rasa pedasnya, seolah-olah membakar lidah. Tapi justru hal inilah yang membuat banyak orang ketagihan menikmati makanan pedas.

Tidak hanya di Indonesia, beberapa negara juga memiliki makanan yang kualitas pedasnya tidak diragukan lagi dan sangat ” hot “. Lantas, apa saja makanan terpedas di dunia tersebut? berikut ulasannya

1. Sambal Ulek (Indonesia)

Makanan Terpedas di Dunia

Sambal Ulek via wikipedia.org

Makanan terpedas di dunia yang pertama adalah salah satu makanan khas Indonesia, yaitu Sambal Ulek. Bagi orang Indonesia, Sambal Ulek ini adalah menu wajib setiap menyantap hidangan makanan apapun seperti bakso, mie ayam, ayam bakar, dan makanan lainnya.

Banyak orang di dunia yang pernah mencicipi makanan ini, mengakui bahwa Sambal Ulek merupakan salah satu makanan terpedas di dunia. Apalagi jika komposisinya murni Cabe Rawit yang terkenal tingkat kepedasannya.

2. Suicide Chicken (Amerika Serikat)

Makanan Terpedas di Dunia

Suicide Chicken via flickr.com

Makanan terpedas di dunia selanjutnya yaitu Suicide Chicken dari Amerika Serikat. Namanya cukup unik, dimana ayam yang digunakan sebagai bahan dasar makanan ini seolah-olah bunuh diri setelah memakan Cabe.

Padahal rasa pedas dari makanan ini berasal dari Saus Tabasco, beberapa potong Cabe kering, dan beberapa Cabe segar yang di cincang. Kemudian di goreng sampai kering. Kabarnya, saking pedasnya, aroma saja bisa menusuk hidung. Berani mencicipinya?

3. Jerk Chicken (Karibia)

Makanan Terpedas di Dunia

Jerk Chicken via wikimedia.org

Makanan pedas ini berasal dari Karibia dan namanya juga unik, dimana kalau diartikan ke bahasa Indonesia jadi ” ayam brengsek “. Makanan ini dimasak dengan rempah-rempah yang memiliki aroma kuat seperti cengkeh, kayu manus, dan pala.

Rempah-rempah tersebut dipadu dengan daun bawang, bawang putih, timi, dan Cabe scotch bonnet yaitu salah satu jenis Cabe terpedas di dunia. Saran saya, kalau mau menikmati makanan ini, sediakan dulu beberapa gelas air untuk memadamkan rasa pedas tersebut.

4. Vindaloo (India)

Makanan Terpedas di Dunia

Vindaloo via wikimedia.org

Makanan ini terdiri daging ayam yang dipadu dengan rempah-rempah beraroma kuat seperti adas, biji mostar, ketumbar, dan jahe, serta cabe kering. Sebelum dimasak, ayamnya direndam terlebih dahulu ke bahan-bahan tersebut.

Jadi tidak heran jika makanan terpedas di dunia asal India ini, memiliki rasa pedas yang bisa sampai ketulang-tulang ayamnya tersebut.

5. Wot (Ethiopia)

Makanan khas negara Ethiopia ini dibuat dengan perpaduan 1 kg dari bawang merah, bawang putih, jahe, dan barbere (cabe kering). Jumlah cabe yang banyak inilah yang membuat makanan ini jadi salah satu makanan terpedas di dunia.

6. Kimchi (Korea Selatan)

Makanan Terpedas di Dunia

Kimchi via wikipedia.org

Kimchi adalah makanan terpedas di dunia asal Korea Selatan. Makanan ini terbuat dari acar kubis yang direndam di dalam jahe, cabe, bawang putih, dan bawang merah selama kurang lebih 1 bulan lamanya.

Karena hal itulah, pedasnya makanan ini tidak hanya terasa dibagian luarnya saja, tapi juga terasa sampai gigitan terakhir. Berani mencobanya?

7. Lobak dengan Lada Sichuan (China)

Makanan terpedas di dunia selanjutnya yaitu Lobak dengan Lada Sichuan. Makanan pedas asal China ini terbuat dari lobak yang dicampur dengan Lada Sichuan, dan cabe Bird’s Eye yang terkenal dengan tingkat kepedasannya yang bisa membakar lidah.

8. Papa a la Huancaina (Peru)

Makanan Terpedas di Dunia

Papa a la Huancaina via wikimedia.org

Papa a la Huancaina adalah salah satu makanan ringan asal Peru seperti salad kentang rebus dingin yang disajikan dengan Saus Huancaina. Dalam penyajiannya, biasanya dilengkapi dengan buah zaitun hitam, daun salada, potongan telur rebus, dan biji jagung.

Rasa pedas dari makanan ini berasal dari Saus Huancaina yaitu saus yang cukup dikenal di Peru, yang terbuat dari perpaduan antara keju, garam, susu kental, dan salah satu cabe terpedas di dunia yaitu Amarillo chili

9. Shrimp Creole (Amerika Serikat)

Makanan Terpedas di Dunia

Shrimp Creole via wikimedia.org

Selain Suicide Chicken, ada satu lagi jenis makanan terpedas asal Amerika Serikat yaitu Shrimp Creole. Makanan ini cukup dikenal di wilayah Amerika Serikat bagian selatan dan cocok untuk mereka yang menyukai makanan super pedas.

Bahan dan bumbu untuk pembuatan makanan ini sederhana saja yaitu Cabe Cayenne Pepper, Tomat, Ayam, dan Udang. Rasa super pedas dari makanan ini berasal dari Cabe Cayenne Pepper yang memiliki tingkat kepedasan cukup bisa membakar lidah.

10. Tom Yum (Thailand)

Makanan Terpedas di Dunia

Tom Yum via wikimedia.org

Melihat dari tampilannya saja, dengan kuah merah dan banyaknya isian cabe yang mengambang dibagian atasnya, mereka yang sangat menyukai makanan pedas pasti mau mencicipi sup asam pedas ini.

Tapi perlu dipertimbangkan, sup asam asal Thailand bernama Tom Yum ini adalah salah satu makanan terpedas di dunia saat ini, dengan tingkat kepedasan yang cukup bisa membuat lidahmu terasa terbakar.

Tom Yum memiliki dua varian dengan tingkat kepedasan kurang lebih sama yaitu Tom Yum Gai (berbahan dasar ayam) dan Tom Yum Pla ( berbahan dasar Seafood).

11. Red Dog Saloon Naga Viper Wings

Dari namanya yaitu ” Red Dog Saloon Naga Viper Wings “ kita sudah bisa menebak bahwa salah satu bahan untuk membuat makanan ini yaitu cabe bernama Naga Viper. Perlu diketahui bahwa Cabe Naga Viper salah satu cabe terpedas di dunia saat ini.

12. Bengal Village Phaal Curry

Makanan terpedas di dunia selanjutnya yaitu Bengal Village Phaal Curry. Makanan ini dibuat secara tradisional dari beberapa jenis Cabe yang berbeda, sehingga menghasilkan tingkat kepedasan yang sangat ” hot “ di lidah.

Konon kabarnya, para koki yang memasak makanan ini harus mengunakan masker gas untuk menghindari aroma pedas yang sangat menusuk hidung. Jadi tidak heran, jika Bengal Village Phaal Curry disebut sebagai kari terpedas di dunia.

Selain itu, makanan ini termasuk berbahaya bagi mereka yang tidak kuat dengan makanan pedas, karena bisa membuat penikmatnya berkeringat, bergetar, bahkan menangis hingga jatuh pingsan. Wow….

Mau tahu makanan yang lebih pedas lagi? untuk melanjutkan klik NEXT.

Loading...

Add Comment