6 Makhluk Mitologi Islam Yang di Ceritakan Dalam Kitab Suci Islam

Makhluk mitologi selalu berkaitan dengan asal usul suatu tempat atau bangsa yang diceritakan sebagai dongeng, legenda atau cerita rakyat tentang makhluk yang berbeda dengan manusia, baik dari segi fisik maupun kemampuannya.

Tapi kisah makhluk mitologi juga muncul di beberapa ajaran agama, salah satunya agama Islam. Makhluk mitologi Islam ini diceritakan dan pernah disebutkan dalam kitab suci Islam dan beberapa Hadist.

Tapi, dalam ajaran agama Islam, ketika kisah “mitologi” ini bersinggungan dengan akidah, maka harus diyakini dalam bentuk keimanan. Lantas, seperti apa saja makhluk mitologi yang pernah disebut dalam kitab suci Islam dan Hadist-NYA? berikut ulasannya

1. Buraq

Makhluk Mitologi Islam

Menurut dalam kamus bahasa, Buraq artinya hewan kendaraan Nabi Muhammad SAW yang berbentuk kuda bersayap. Makhluk ini dipercaya diciptakan oleh ALLAH SWT dari cahaya atau kilat.

Makhluk ini dipercaya merupakan tunggangan Nabi Muhammad SAW dari Masjid al-Aqsa menuju Mi’raj saat terjadi peristiwa Isra Mi’raj. Sebenarnya istilah “Buraq” ini diartikan burung cendrawasih, yang oleh kamus diartikan burung dari surga (bird of paradise).

2. Ya’juj dan Ma’juj

Makhluk Mitologi Islam

Ya’juj dan Ma’juj merupakan sebutan bangsa yang akan muncul di akhir jaman yang memiliki kekuatan yang bisa merusak dan menghancurkan kehidupan di bumi. Kisah makhluk mitologi Islam ini diceritakan dalam ajaran agama Yahudi, Kitab Kejadian umat Kristen, dan Al-Qur’an.

Walaupun banyak kitab suci yang menyinggung tentang Ya’juj dan Ma’juj, tapi pengambaran makhluk ini masih belum jelas (ambigu). Ada yang menyebutnya seperti manusia, berbentuk raksasa, dan suatu bangsa atau negeri.

3. Imam Mahdi

Makhluk Mitologi Islam

Imam Mahdi adalah sosok muslim muda yang dipercaya sebagai orang pilihan ALLAH SWT untuk menghancurkan segala bentuk kezaliman dan menegakan keadilan di muka bumi sebelum datangnya hari kiamat.

Dalam Hadist disebutkan Imam Mahdi akan memimpin selama selama 7- 9 tahun. Selama masa kepemimpinannya, Imam Mahdi akan membawa kamu muslim memerangi kezaliman, hingga satu demi satu kezaliman akan takluk dibawah kepemimpinannya.

Karena itulah, Dajjal yang merupakan raja kezaliman akhirnya murka dan keluar dari persembunyiannya serta berusaha membunuh Imam Mahdi dan pengikutnya.

4. Dajal

Makhluk Mitologi Islam

Seperti yang disebutkan diatas, Dajjal adalah raja dari segala kezaliman yang muncul menjelang hari kiamat. Dajjal disebut sebagai tokoh kafir yang sangat jahat dalam Eskatologi Islam dan pembawa fitnah mengerikan di akhir jaman.

Bahkan nabi Muhammad SAW mengingatkan pengikutnya untuk membaca sepuluh ayat pertama dari Surat Al-Kahfi sebagai bentuk perlindungan dari Dajjal atau bisa juga berlindung di kota Madinah dan Mekkah, sebab Dajjal tidak bisa memasuki kota tersebut yang selalu dijaga oleh para malaikat.

5. Azazil

Makhluk Mitologi Islam

Berdasarkan syariat Islam, Azazil merupakan pemimpin kelompok syaitan dari kalangan jin dan manusia, dimana sebelum nabi Adam AS diciptakan, Azazil adalah imam dari para malaikat dengan wajah yang rupawan dan memiliki empat sayap.

Tapi setelah dia tidak mau menuruti perintah ALLAH SWT yaitu sujud kepada nabi Adam AS. Akhirnya ALLAH SWT melaknatnya dengan mengubah kepalanya seperti kepala unta, dadanya seperti daging menonjol keatas, wajahnya seperti kera, dan kedua matanya terbelah sepanjang wajahnya.

Azazil memang diberi umurnya panjang sampai hari kiamat dengan janji untuk berusaha menyesatkan manusia sebanyak mungkin untuk menemaninya di neraka kelak.

6. Dabbat al-Ard

Makhluk Mitologi Islam

Kalau makhluk mitologi Islam yang satu merupakan sebuah frasa yang diartikan hewan buas (monster) yang keluar dan muncul dari perut bumi sebagai salah satu tanda sebelum datangnya hari kiamat.

Diceritakan bahwa Dabbat al-Ard akan muncul di kota Mekkah dekat di gunung Shafa setelah matahari terbit dari barat. Dia muncul dan berbicara dengan kata yang sangat fasih dan jelas dengan membawa tongkat nabi Musa dan cincin nabi Sulaiman.

Baca juga: Ini Dia 11 Penampakan Malaikat yang Tidak Sengaja Tertangkap Kamera

Loading...

Add Comment