WOW, Luar Biasa! Inilah 7 Mamfaat Puasa di Bulan Ramadhan

Mamfaat Puasa

Bagi umat islam di seluruh dunia, bulan Ramadhan selalu ditunggu kehadirannya setiap tahunnya, sebab di bulan suci penuh berkah ini ada banyak momen-momen seru yang hanya bisa ditemui saat bulan Ramadhan saja.

Tanpa Operasi Plastik, Inilah 10 Pria Tercantik Di Dunia

Mulai dari harus bangun sebelum subuh untuk sahur, ngabuburit di sore hari, berwisata religi bersama keluarga, mendengarkan ceramah agama di malam harinya, dan masih banyak lagi momen-momen seru lainnya yang hanya ada saat bulan Ramadhan.

Selain bisa menciptakan momen-momen seru, bulan Ramadhan juga menghadirkan beberapa mamfaat, khususnya yang berhubungan dengan puasa. Lantas, apa saja mamfaat puasa di bulan Ramadhan tersebut? berikut ulasannya

1. Menghapus Dosa

Salah satu mamfaat puasa di bulan Ramadhan adalah menghapus dosa-dosa yang pernah kita lakukan sebelumnya, entah itu dosa besar maupun kecil, karena di bulan Ramadhan ini pintu taubat dibuka selebar-lebarnya oleh ALLAH SWT.

Tidak hanya menahan lapar dan haus selama bulan Ramadhan, kemudian dosa kita diampuni semuanya, kita harus benar-benar berniat untuk tidak melakukan lagi dosa tersebut sambil meningkatkan amal kebaikan dan menghindari maksiat sekecil apapun.

2. Bisa Berkumpul Dengan Keluarga

Mamfaat puasa selanjutnya selama bulan Ramadhan adalah bisa meningkat keharmonisan keluarga. Kalau di bulan-bulan sebelumnya, meja makan hanya jadi hiasan saja, berbeda dengan di bulan Ramadhan, meja makan akan selalu dicari-cari.

Karena saat mau beduk, mulai dari Ibu, Bapak, adik, kakak dan saudara lainnya tentunya akan nongkrong di meja makan tanpa harus susah payah dipanggil duluan. Momen inilah yang selalu dikenang saat kita tidak tinggal serumah lagi dengan mereka.

3. Berhemat

Saat puasa, kita lebih suka memilih berdiam diri di rumah saja, daripada keluyuran kesana kemari, karena hal ini bisa membatalkan puasa yang diakibatkan kelelahan atau hal lainnya yang tidak diinginkan.

Dari kegiatan yang hanya di rumah inilah yang menjadi uang di dompetmu akan utuh, karena secara otomatis akan mengurangi biaya perjalanan seperti beli bensin, bayar parkiran, dan biaya lainnya yang bisa mengurangi uangmu.

4. Meningkatkan Kemampuan Otak

Puasa juga bermamfaat dalam hal meningkatkan kemampuan otak. Karena selama puasa, neurotropik akan meningkat, kemudian membantu tubuh memproduksi lebih banyak sel di dalam otak yang bisa meningkatkan fungsi otak.

Selain itu, berdasarkan beberapa penelitian, puasa juga bisa menurunkan jumlah hormon kortisol yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal. Penurunan jumlah hormon kortisol ini bisa menurunkan tingkat stress.

5. Meningkatkan Kesehatan Fisik

Mamfaat puasa selanjutnya juga bisa meningkatkan kesehatan fisik. Hal ini berdasarkan hasil penelitian dari Universitas di Iran yang menunjukan skor kesehatan jiwa lebih baik setelah bulan Ramadhan dibandingkan di bulan-bulan sebelumnya.

6. Dekat Dengan Allah SWT

Selama bulan Ramadhan, kebanyakan umat muslim akan lebih meningkatkan lagi ibadahnya, mulai dari sholatnya yang lebih rajin, zikir diperbanyak, khatam Al-quran, murah tangan untuk bersedekah, dan masih banyak lagi.

Hal ini mereka lakukan, karena mereka tahu bahwa di bulan Ramadhan, pintu taubat dibuka selebar-lebarnya, sedangkan ibadah sekecil apapun pahalanya berlipat-lipat, dan doa-doa kita lebih mudah dikabulkan di bulan Ramadhan.

7. Kemenangan

Puasa Ramadhan usai, kemenangan pun datang. Inilah salah satu hari besar yang selalu ditunggu-tunggu umat muslim di seluruh dunia, walaupun terkadang, ada perbedaan dalam menentukan hari perayaannya, tapi intinya tetap sama yaitu kemenangan.

Hari kemenangan ini harus kita nikmati dengan rasa syukur. Ada beberapa orang yang mengatakan bahwa saat takbir kemenangan dikumandangkan, dan kamu menitikan air mata karena rasa syukur, itu artinya puasamu sudah sempurna.

Nah, itulah beberapa mamfaat puasa di Bulan Ramadhan. Jadi, jangan lewatkan bulan ramadhan tahun ini tanpa melakukan ibadah ya! dan Semoga amal ibadah kita selama bulan Ramadhan ini diridoi oleh ALLAH SWT, amin.

Baca Juga: 7 Hal Sepele Yang Bisa Jadi Penyebab Puasa Batal! Waspadalah!!

Loading...

Add Comment