5 Manusia Tertua di Dunia, Rata-Rata Usia Mereka Lebih Dari 100 Tahun

Setiap orang pasti memiliki keinginan agar diberi umur yang panjang oleh yang maha kuasa. Beberapa orang memiliki rahasia tersendiri agar berumur panjang seperti berolahraga teratur, menjaga pola makan dan sebagainya.

Nah, beberapa waktu lalu, dunia maya, khususnya di Indonesia, dihebohkan dengan beredarnya berita tentang sosok “Mbah Gotho” yang dikatakan sebagai manusia tertua di dunia dengan umurnya yang sudah mencapai 145 tahun.

Ternyata, Selain Mbah Gotho, di dunia ini ada beberapa manusia lainnya yang tidak kalah tua usianya dengan Mbah Gotho asal Kabupaten Sragen tersebut. Lantas, siapa saja mereka? berikut ulasannya

1. Emma Morano

Manusia Tertua di Dunia

Emma Morano via telegraph.co.uk

Manusia tertua di dunia pertama adalah seorang nenek yang lahir pada tanggal 29 November 1899 di Civiasco, Piedmont. Nenek bernama Emma Morano sudah melewati dua masa perang dunia dan 70 masa pemerintahan di Negara.

Emma Morano memiliki 7 saudara, dimana saudara-saudaranya juga memiliki umur yang cukup panjang. Emma mengatakan untuk berumur panjang seperti dia yaitu harus rajin memakan telur mentah dan tidak menikah.

Walaupun, Emma pernah menikah sebelumnya, tapi pernikahannya tersebut gagal dan berakhir dengan perceraian pada tahun 1938. Setelah anaknya meninggal dunia, Emma tetap hidup dengan menjadi janda sampai sekarang ini.

Dia mengatakan untuk memiliki umur yang panjang adalah dengan rutin memakan telur mentah, dia menambahkan bahwa dia setiap harinya memakan 3 butir telur mentah yang dibawakan oleh keponakannya. Memakan telur mentah sudah dilakukan sejak dia berusia remaja.

2. Luo Meizhen

Manusia Tertua di Dunia

Luo Meizhen via dailymail.co.uk

Manusia tertua di dunia selanjutnya adalah seorang nenek yang lahir pada tanggal 9 Juli 1885 di Bama, Provinsi Guangxi, China Selatan. Nenek yang bernama Luo Meizhen melahirkan anak tunggalnya ketika berusia 67 tahun.

Memang sejak lama, kalau orang di daerah Bama di China memang terkenal dengan penduduknya yang mempunyai umur yang panjang. Jadi tidak heran jika salah satu manusia tertua di dunia berasal dari daerah ini.

Berdasarkan International Natural Medicine Society, perbandingan jumlah penduduk yang berumur diatas 100 tahun di Bama sekitar 30,8 dari 100 ribu penduduknya, selain itu berdasarkan sensus penduduk 12 tahun yang lalu ada 74 orang yang berumur lebih 100 tahun dari 238 ribu penduduk.

3. Swami Sivananda

Manusia Tertua di Dunia

Swami Sivananda via dailymail.co.uk

Swami Sivananda adalah salah satu pendeta agama Hindu di India. Dia dikatakan sebagai manusia tertua di dunia dengan umurnya sudah 120 tahun, dimana diketahui dia lahir pada tanggal 8 Agustus 1896.

Swami Sivananda membagikan rahasia panjang umurnya yaitu dia selalu rutin melakukan yoga setiap hari, mengomsumsi rempah-rempah, dan tidak menikah sampai sekarang ini.

Swami Sivananda sudah mengajukan ke Guinness World Records sebagai laki-laki tertua di dunia, dimana sebelumnya manusia laki-laki tertua di dunia dipegang oleh Jiroemon Kimura asal Jepang yang sudah meninggal pada Juni 2013.

4. Hazi Abdul Noor

Manusia Tertua di Dunia

Hazi Abdul Noor via dailymail.co.uk

Hazi Abdul Noor adalah seorang laki-laki yang sudah tidak muda lagi, tapi dia berhasil menikah untuk kedua kalinya saat berumur 102 tahun dan menjadi pengantin pria tertua di dunia sampai saat ini.

Enam tahun yang lalu istri pertamanya yang bernama Salima Khatun meninggal dunia dan enam tahun setelahnya dia menikah untuk kedua kalinya dengan Samoi Bibi di Desa Satghori, di sebelah timur laut India.

Sebelum meninggal, istri pertamanya yaitu Salima Khatun berwasiat kepada anak-anaknya untuk mencarikan Hazi Abdul Noor seorang istri supaya ada yang merawatnya kelak. Saat ini dia mempunyai 122 anggota keluarga.

5. Mbah Gotho

Manusia Tertua di Dunia

Mbah Gotho via bbc.com

Nah, inilah yang dikatakan sebagai manusia tertua di dunia saat ini yaitu Mbah Gotho yang berdasarkan KTP-nya dia lahir pada tahun 1870. Saat ini dia tinggal di Desa Cemeng, Kecamatan Sambungmacan, Kabupaten Sragen.

Sebenarnya nama lahir Mbah Gotho adalah Saparman, tapi namanya diganti setelah dia menikah dengan nama Sodimejo, dimana pergantian nama tersebut sesuai dengan adat dan tradisi masyarakat Jawa pada saat itu.

Sedangkan nama Gotho, dia dapatkan dari panggilan masyarakat disekitar yang memiliki makna sebagai orang yang bersemangat dan lebih cenderung memakai ototnya dalam berjalan maupun bertindak.

Diusia yang sudah tua dan pendengaran kurang berfungsi dengan baik, Mbah Gotho tetap masih terlihat cukup sehat, walaupun badannya agak membungkuk yang disebabkan kebanyakan duduk, tapi ingatannya masih jernih.

Nah, itulah beberapa manusia tertua di dunia. Memang umur adalah rahasia yang maha kuasa, tapi ada baik kita selalu menjaga kesehatan agar bisa menjalani hidup lebih lama.

Baca juga: 10 Foto Penemuan Kerangka Manusia Raksasa, Asli Atau Palsu Ya?

Loading...

Add Comment