Menakjubkan, Inilah 5 Masjid Terapung di Laut

Laut tidak hanya dikenal dengan pesona airnya yang bening atau terumbu karang yang cantik, tapi di beberapa negara ada pemandangan yang unik sekaligus menakjubkan yaitu masjid yang terapung di laut.

Masjid terapung ini pasti membuat siapa saja yang melihatnya akan takjub, sebab selain letaknya yang di laut, masjid-masjid ini juga memiliki arsitektur yang gagah, seolah-olah menambah keindahan disekitar laut tersebut.

Jadi, jika kalian berkunjung ke tempat ini, ada dua hal yang kalian dapat lihat, pertama pemandangan laut yang indah dan kedua masjid dengan arsitektur yang gagah. Lantas, seperti apa bentuk dan rupa masjidnya? berikut ulasannya

1. Masjid Fatimah – Jeddah, Arab Saudi

Masjid Fatimah via travel.detik.com

Masjid Fatimah ini merupakan masjid terapung paling terkenal di Arab Saudi. Berada di Jeddah, tepatnya di pinggiran laut merah, walaupun hanya sebagian bangunan masjid saja yang berada di laut. Tapi kalau laut merah sedang pasang, maka masjid ini akan terlihat seolah-olah terapung di laut merah.

Sedangkan luasnya adalah 20×30 meter persegi dan interior di dalamnya di dominasi oleh kaligrafi yang akan menambah kesan cantik dari masjid ini dan suasananya pun sangat nyaman. Nama lain dari masjid Fatimah yaitu masjid Ar Rahman.

2. Malacca Straits Mosque – Melaka, Malaysia

Masjid Terapung

Masjid Malacca Straits Mosque via wikimedia.org

Masjid Malacca Straits Mosque adalah masjid terapung yang sangat terkenal di Malaysia. Masjid ini lebih dikenal dengan sebutan masjid Melaka, karena memang letaknya yang berada di pinggiran selat Melaka.

Masjid Melaka ini selesai di bangun pada tahun 2006 silam. Sedangkan arsitekturnya didominasi warna putih, kubahnya berwarna kuning, dan pondasinya tertancap di dasar laut pinggiran pantai. Untuk membuat masjid ini dihabiskan dana sebesar MYR 10 juta atau sekitar Rp 36 miliar.

3. Masjid Haji Ali Dargah – Mumbai, India

Masjid Terapung

Masjid Haji Ali Dargah via pixabay.com

Kalian tahu dinegara mana masjid terapung ini berada? Ya ternyata negara India juga memiliki masjid terapung yaitu masjid Haji Ali Dargah. Masjid ini berada di daerah Worli Bay, Mumbai dan sudah berdiri sejak abad ke 19.

Diantara masjid terapung lainnya, mungkin inilah masjid yang memang benar-benar terapung di laut yang bisa diakses lewat jembatan yang menghubungkan masjid dengan pinggiran pantai. Bisa dikatakan masjid ini benar-benar dikelilingi laut.

4. Masjid Amirul Mukminin – Makassar, Indonesia

Masjid Terapung

Masjid Amirul Mukminin via wikimedia.org

Banyak yang bilang kalau masjdi Amirul Mukminin yang berada tepat di lepas pantai Loasari, Makasar ini adalah masjid terapung pertama di Indonesia. Nama lain masjid ini adalah masjid 99 Al Makazzary.

Bangunan masjid ini terdiri dua lantai, dimana lantai pertama untuk jemaah laki-laki sedangkan lantai dua diperuntukan bagi jemaah perempuan. Selain itu di masjid ini juga menawarkan pemandangan sunset yang indah.

5. Masjid Al Munawar – Ternate, Indonesia

Masjid Terapung

Masjid Al Munawar via kaskus.co.id

Masjid Al Munawar merupakan landmark baru di Maluku Utara. Masjid ini berada di pusat kota Ternate, tepatnya dipinggir pantai dan pondasi dua menaranya tertancap di dasar laut. Pemandangan di masjid yang dibangun pada tahun 2003 ini juga cukup indah dengan air laut yang jernih.

Baca juga: Menakjubkan, Inilah 5 Masjid Tertua di Dunia

Loading...

Add Comment