Mengenal 11 Masjid Tertua di Indonesia dan Sejarahnya

Ada dua teori tentang kapan tepatnya Islam mulai masuk ke bumi Nusantara, yang pertama pada abad ke 7 yang dibawa oleh para pedagang Arab dari timur tengah, dan yang kedua yaitu pada abad ke 13 yang dibawa oleh para pedagang India dari Gujarat.

Melihat lamanya Islam di Nusantara, jadi tidak heran jika sekarang Islam merupakan agama mayoritas di Indonesia. Selain itu, Indonesia juga merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk beragama Islam terbesar di dunia.

Sebagai agama mayoritas, tentunya juga diiringi dengan banyaknya pembangunan tempat ibadahnya yaitu Masjid, dimana hampir tiap daerah pasti ada Masjid. Nah, dari banyaknya Masjid di Indonesia, berikut adalah Masjid tertua di Indonesia, penasaran? berikut ulasannya

1. Masjid Saka Tunggal di Jawa Tengah – 1288

Masjid Tertua di Indonesia

Masjid Saka Tunggal via wikimedia.org

Masjid tertua di Indonesia yang pertama yaitu Masjid Saka Tunggal yang sudah berdiri sejak tahun 1288. Masjid yang terletak di desa Cikakak, Banyumas, Jawa Tengah ini didirikan oleh Kyai Mustolih.

Keterangan tentang tahun berdirinya Masjid ini tercatat dengan jelas di tiang utama Masjid tersebut. Sebenarnya keterangan lengkap mengenai sejarah tentang Masjid ini tertulis dalam buku yang dibuat oleh pendiri yaitu Kyai Mustolih, tapi sayang, sekarang buku tersebut sudah hilang.

Berdasarkan namanya yaitu Saka Tunggal, dulunya Masjid ini hanya memiliki tiang penyangga bangunan yang hanya satu (tunggal) yang konon katanya melambangkan bahwa hanya ada satu tuhan yaitu ALLAH SWT.

2. Masjid Wapauwe di Maluku – 1414

Masjid Tertua di Indonesia

Masjid Wapauwe via wikipedia.org

Masjid tertua di Indonesia selanjutnya yaitu Masjid Wapauwe, yang juga merupakan Masjid tertua di Maluku dan juga merupakan bukti bahwa di masa lalu Islam juga pernah berjaya di salah satu pulau paling timur Indonesia ini.

Uniknya, di Masjid yang sudah berdiri sejak tahun 1414 ini tersimpan Mushaf Al-Quran yaitu Mushaf Imam Muhammad Arikulapessy yang ditulis dengan tangan pada tahun 1550. Kabarnya Al-Quran ini adalah yang tertua di Indonesia.

Selain Mushaf Imam Muhammad Arikulapessy, ada juga Mushaf Nur Cahya yang ditulis pada tahun 1590 dan beberapa benda bersejarah Islam lainnya seperti Kitab Barzanzi dan beberapa naskah naskah khotbah yang berasal dari tahun 1661 Masehi.

3. Masjid Ampel di Jawa Timur – 1421

Selanjutnya adalah Masjid Ampel yang terletak di kelurahan Ampel, Surabaya, Jawa Timur. Sesuai dengan namanya Masjid ini didirikan oleh Sunan Ampel pada tahun 1421, bahkan Sunan Ampel pun dimakamkan di sebelah barat Masjid ini yang meninggal pada tahun 1481.

Kini, Masjid berukuran 120×180 persegi ini sudah menjadi salah satu tujuan wisata religi di Surabaya, dimana 16 tiang utamanya yang terbuat dari kayu jati tersebut masih kokoh berdiri sampai sekarang.

Disamping kiri halaman Masjid bergaya arsitektur perpaduan antara Tiongkok dan Arab ini ada sebuah sumur yang dipercaya sebagai sumur bertuah untuk penguat janji atau sumpah.

4. Masjid Agung Demak di Jawa Tengah – 1474

Masjid Tertua di Indonesia

Masjid Agung Demak via wikipedia.org

Masjid yang terletak di desa Kauman, Kabupaten Demak, Jawa Tengah ini dipercaya dulunya merupakan sebagai tempat berkumpulnya para Walisongo yaitu ulama terkenal yang menyebarkan agama Islam di pulau Jawa.

Masjid Agung Demak didirikan pada tahun 1474 oleh Raden Patah yaitu raja pertama Kesultanan Demak. Bangunan induk Masjid ini memiliki 4 tiang utama yang disebut saka guru dan atapnya berbentuk limas dengan delapan tiang yang disebut saka Majapahit.

Selain Masjid, di dalam area komplek Masjid ini juga ada beberapa makam raja-raja kesultanan Demak dan beberapa abdinya. Di dalam komplek ini juga ada sebuah museum yang berisi tentang sejarah Masjid Agung Demak.

5. Masjid Sultan Suriansyah di Kalimantan Selatan – 1526

Masjid Tertua di Indonesia

Masjid Sultan Suriansyah via wikimedia.org

Masjid Sultan Suriansyah atau kadang juga disebut Masjid Kuin terletak di kota seribu sungai yaitu Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Masjid tertua di Kalimantan Selatan ini didirikan pada tahun 1526 oleh Sultan Suriansyah yaitu raja Banjar pertama yang memeluk agama Islam.

Masjid ini dibangun di tepi sungai di utara Kecamatan Kesehatan yang sekarang dikenal sebagai Banjar Lama, dimana dulunya tempat ini merupakan ibukota pertama kesultanan Banjar.

Gaya bangunan Masjid ini bergaya bangunan khas tradisional Banjar yang atapnya tumpang tindik dan atapnya mihrabnya terpisah dengan bangunan utamanya. Sampai sekarang Masjid ini masih terawat dengan baik.

6. Masjid Menara Kudus di Jawa Tengah – 1549

Masjid Tertua di Indonesia

Masjid Menara Kudus via wikipedia.org

Masjid Menara Kudus atau kadang juga disebut Masjid Al Aqsa atau Masjid Al Manar karena mengunakan batu Maqdis yang berasal dari Palestina sebagai batu permatanya. Masjid ini dibangun pada tahun 1459 oleh Sunan Kudus.

Gaya bangunan Masjid ini perpaduan antara budaya Islam dan Hindu, hal tersebut sangat terlihat jelas dari bentuk menaranya yang cukup unik yaitu seperti bangunan Candi.

Gaya bangunan Masjid ini dipengaruhi oleh sosok bijaksana Sunan Kudus dalam berdakwah yaitu selalu beradaptasi dengan kebiasaan penduduk pribumi yang saat itu sangat kental dengan ajaran Hindu dan Budha. Karena demikian, Islam akhirnya bisa dengan mudah diterima oleh penduduk loka waktu itu.

Baca juga: Menakjubkan, Inilah 5 Masjid Terapung di Laut

7. Masjid Agung Banten di Jawa Barat – 1552

Masjid Tertua di Indonesia

Masjid Agung Banten via wikimedia.org

Masjid tertua di Indonesia selanjutnya yaitu Masjid Agung Banten. Masjid ini dibangun antara tahun 1552 hingga 1570 oleh sultan pertama dari kesultanan Banten yang juga merupakan putra pertama dari Sunan Gunung Jati.

Yang unik dari Masjid ini yaitu bentuk atapnya lima tumpuk sangat mirip dengan pagoda China dan bentuk menaranya juga unuk yaitu mirip bangunan mercusuar setinggi 24 meter dengan 83 buah anak tangga yang hanya bisa dilewati 1 orang saja.

Dulu selain digunakan untuk azan, menara ini juga pernah digunakan sebagai gudang penyimpanan senjata. Tapi kini pemandangan dari atas menara sangat menakjubkan, dimana kamu bisa melihat pemandangan di sekitar Masjid dan perairan di lepas pantai.

8. Masjid Mantingan di Jawa Tengah – 1559

Berdasarkan Candrasengkala yaitu tahun yang digambarkan atau disimbolkan dengan kata, gambar atau benda yang terukir di mihrabnya, Masjid yang terletak di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah ini didirikan pada tahun 1559.

Dulunya, Masjid yang dibangun oleh Kesultanan Demak ini merupakan salah satu pusat penyebaran agama Islam di daerah pesisir utara pulau Jawa. Gaya bangunan ini sangat kental dengan gaya arsitektur China.

Di dalam komplek Masjid ada sebuah makam Sultan Hadlirin yang merupakan penguasa terakhir dari Demak dan ada juga makam Waliullah Mbah Abdul Jalil atau yang lebih dikenal sebagai Syekh Siti Jenar.

9. Masjid Tuo Kayu Jao di Sumatera Barat – 1599

Masjid Tertua di Indonesia

Masjid Tuo Kayu Jao via wikipedia.org

Masjid Tuo Kayu Jao adalah salah satu Masjid tertua di Indonesia selanjut yang terletak di Jorong Kayu Jao, Nagari Batang Barus, Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, dimana diketahui Masjid ini didirikan pada tahun 1599.

Selain itu, Masjid Tuo Kayu Jao adalah salah satu cagar budaya di Sumatera Barat yang diawasi oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Indonesia.

Walaupun sudah beberapa kali mengalami pemugaran seperti pengantian atap ijuk lama dengan yang baru atau pemugaran salah satu tiang yang mulai lapuk, tapi keaslian Masjid ini tetap dipertahankan sampai sekarang.

10. Masjid Al-Hilal Katanga di Sulawesi Selatan – 1603

Masjid tertua di Indonesia selanjutnya yaitu Masjid Al-Hilal Katanga yang juga merupakan Masjid tertua di Sulawesi Selatan. Nama Masjid Al-Hilal Katanga diambil dari bahan dasar pembuatan bangunan yaitu pohon Katangka.

Masjid ini dibangun pada tahun 1603, hal ini dibuktikan di sebuah prasasti yang menyebutnya demikian, tapi ada beberapa sejarawan yang meragukan informasi ini dan ada juga yang mengatakan bahwa Masjid ini dibangun pada abad ke 18.

Masjid ini dulunya merupakan pusatnya kerajaan Gowa dan sebelah utaranya ada makam Sultan Hasanuddin, dimana dulunya di tempat makam itu diyakini sebagai tempat berdirinya istana Tamalate yaitu istana raja Gowa saat itu.

11. Masjid Tua Palopo di Sulawesi Selatan – 1604

Masjid Tertua di Indonesia

Masjid Al-Hilal Katanga via wikipedia.org

Masjid tertua di Indonesia yang terakhirnya yaitu Masjid Tua Palopo di Sulawesi Selatan, dimana Masjid ini didirikan pada tahun 1604 oleh raja Luwu yaitu Datu Payung Luwu XVI Pati Pasaung Toampanangi Sultan Abdullah Matinroe.

Pada masa awal pemerintahan Sultan Abdullah, ia memerintahkan memindahkan ibukota kerajaan kerajaan Luwu dari Patimang ke Palopo karena pertimbangan secara teknis dan strategi pemerintahan dalam mengembangkan ajaran agama Islam waktu itu.

Supaya lebih mendukung dalam penyebaran dan pengembangan ajaran agama Islam, maka didirikanlah Masjid ini ditengah-tengah kota Palopo yang tidak jauh dari istana raja.

Nah, itulah beberapa Masjid tertua di Indonesia, dimana bangunan-bangunan ini sudah lama berdiri sejak ratusan tahun yang lalu dan bukti bahwa Islam sudah ada sebelum Indonesia masih dikenal dengan nama Nusantara saja.

Baca juga: Menakjubkan, Inilah 5 Masjid Tertua di Dunia

Loading...

Add Comment