Menakjubkan, Inilah 5 Masjid Tertua di Dunia

Masjid adalah tempat ibadah umat muslim. Selain itu, masjid juga merupakan pusat kominitas kehidupan muslim, kegiatan hari besar Islam, kajian agama Islam, ceramah, dan belajar Al Qur’an pun sering kali dilakukan di masjid.

Bahkan dalam sejarah Islam, masjid memegang peranan penting dalam aktivitas sosial kemasyarakatan, ekonomi, bahkan sampai kemiliteran. Bisa dikatakan masjid adalah salah satu pilar utama umat muslim dalam menyebarkan pemahaman Islam.

Kini, masjid sudah banyak berdiri di berbagai negara, terutama negara yang memiliki penduduk mayortitas beragama Islam seperti Indonesia. Nah, dari jutaan masjid yang ada di dunia, berikut adalah 5 Masjid Tertua di Dunia. Penasaran? berikut ulasannya.

1. Masjid Quba

Masjid Tertua di Dunia

Masjid Quba via flickr.com

Masjid Quba memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi buat umat muslim di seluruh dunia, sebab masjid ini adalah masjid pertama yang dibangun oleh Rasulullah SAW pada tahun 1 Hijriyah (622 Masehi).

Lokasi tepatnya berada 5 km diarah tenggara di kota Madinah. Dulunya masjid ini dibangun dengan bahan yang sederhana saja. Tapi dengan seiringnya waktu, masjid inipun sudah banyak mengalami renovasi oleh kerajaan Arab Saudi.

Berdasarkan buku “Sejarah Madinah Munawwarah” yang ditulis oleh Dr.Muhammad Ilyas Abdul Ghani, masjid ini mengalami renovasi besar-besaran pada tahun 1986. Bisa dikatakan Masjid Quba adalah masjid tertua di dunia, karena dibangun pada awal peradaban Islam.

2. Masjid Nabawi

Masjid Tertua di Dunia

Masjid Nabawi via flickr.com

Masjid Nabawi merupakan masjid tertua di dunia kedua yang juga dibangun oleh Rasulullah S.A.W setelah Masjid Quba. Selain itu, masjid Nabawi juga merupakan salah satu masjid penting di kota Madinah, Arab Saudi.

Masjid Nabawi juga merupakan masjid terbesar kedua di dunia setelah Masjidil Haram yang ada di kota Mekkah. Selain itu masjid ini juga menjadi makam Nabi Muhammad SAW dan para sahabat-sahabatnya.

Lokasi masjid ini dulunya adalah tempat penjemuran kurma milik dua anak yatim yang bersaudara yaitu Sahl dan Suhail bin ‘Amr yang kemudian dibeli oleh Rasulullah S.A.W untuk dibangun masjid dan tempat kediamannya.

3. Masjid al-Qiblatain

Masjid Tertua di Dunia

Masjid al-Qiblatain via flickr.com

Masjid yang juga berada di kota Madinah ini merupakan salah satu masjid tertua di dunia. Di masjid ini jugalah turunnya wahyu yang memerintahkan Rasulullah S.A.W untuk merubah arah kiblat ke mekkah, yang sebelumnya di Masjidil Aqsha, Yerusalem (Palestina).

Arti nama Masjid Qiblatain adalah masjid dua kiblat, tapi pada awalnya masjid ini bernama Masjid Bani Salamah, karena dibangun di atas bekas rumah Bani Salamah. Masjid ini berdiri diatas bukit kecil di utara Harrah Wabrah, Madinah.

4. Masjid Jawatha

Masjid Tertua di Dunia

Masjid Jawatha via flickr.com

Masjid ini terletak di desa Al-Kilabiyah, tepatnya 12 km di timur laut Hofuf, Al-Ahsa, Arab Saudi. Masjid Jawatha merupakan masjid pertama yang dibangun di provinsi bagian timur di Arab Saudi

Masjid ini dibangun pada tahun ke 7 hijrah oleh suku Bani Abdul Qais yang tinggal menetap disana. Kini sebagian besar struktur bangunan hanya berupa reruntuhan, tapi masih dipergunakan oleh sebagian orang.

5. Masjid al-Haram

Masjid Tertua di Dunia

Masjid al-Haram via wikimedia.org

Masjid al-Haram merupakan masjid terbesar di dunia. Masjid ini juga sudah beberapa kali mengalami renovasi dan penambahan bangunan. Selain itu masjid ini dianggap masjid paling suci di dunia, sebab disini ada Ka’bah yang merupakan kiblat umat muslim di seluruh dunia.

Umat muslim percaya dan yakin bahwa Ka’bah merupakan bangunan pertama yang dibangun di bumi ini oleh Nabi Adam, terus dilanjutkan oleh Nabi Ibrahim, dan yang terakhir oleh Nabi Muhammad S.A.W.

Baca juga: Menakjubkan, Inilah 5 Masjid Terapung di Laut

Loading...

Add Comment