10 Menara Miring Selain Menara Pisa Di Italia

Jika ditanya, menara miring paling terkenal di dunia? pasti banyak yang langsung menjawab, menara Pisa yang ada di Italia. Ya, memang menara Pisa ini sangat terkenal di dunia, bahkan UNESCO sudah sejak lama mengakuinya sebagai warisan dunia

Tapi tahukan kamu? kalau menara miring bukan hanya menara Pisa yang terkenal dengan kemiringannya yang mencapai 3 derajat. Tapi faktanya, ada beberapa menara miring lainnya yang terdapat di dunia ini.

Menara-menara berikut ini jadi miring, karena kesalahan kontruksi dan ada juga beberapa di antaranya karena faktor alam yang membuat menara tersebut jadi miring. Lantas, menara miring apa saja yang ada di dunia selain menara Pisa? Penasaran? Berikut ulasaannya

1. Tiger Hill Pagoda di Suzhou, Tiongkok

Menara Miring

Tiger Hill Pagoda di Suzhou, Tiongkok

Tiger Hill Pagoda atau oleh warga setempat disebut “Yunyan Pagoda” atau “Huqiu Tower” merupakan sebuah pagoda yang berada di sebelah tenggara Tiongkok, tepatnya di kota Suzhou, Provinsi Jiangsu.

Pagoda yang dijuluki “Menara Miring China” ini, mulai dibangun pada tahun 907 masehi oleh dinasti Wuyue dan baru selesai pada tahun 961 masehi oleh dinasti Song.

Pagoda ini berbentuk oktagonal, memiliki tinggi 47 meter dan 7 lantai. Karena usia bangunan yang sudah mencapai ribuan tahun, akhirnya dua penyangganya mengalami keretakan yang mengakibatkan menara ini miring 3 derajat.

2. Menara Gereja Our Dear Ladies di Bad Frankenhausen, Jerman

Menara Miring

Menara Gereja Our Dear Ladies di Bad Frankenhausen, Jerman

Menara berciri khas jerman ini adalah sebuah menara lonceng gereja yang dibangun pada abad ke 14. Karena usia bangunan yang sudah terlalu tua, akhirnya gereja ini tidak difungsikan lagi dan ditambah lagi menaranya yang semakin miring dianggap membahayakan orang.

Kabarnya kemiringan menara ini melebihi kemiringan menara Pisa. Bahkan karena dianggap terlalu berbahaya, menara ini pernah mau dirubuhkan, tapi untungnya rencana itu berhasil digagalkan oleh para pencinta sejarah di kota tersebut.

3. Menara Garisenda di Bologna, Italia

Menara Miring

Menara Garisenda di Bologna, Italia

Dua menara yang ada di kota Bologna ini, salah satunya miring. Yang paling tinggi disebut Asinelli sedangkan yang lebih rendah disebut Garisenda. Nah menara Garisenda inilah yang mengalami kemiringan.

Nama menara ini diambil dari keluarga yang mendanai pembangunan menara tersebut yang mulai dibangun pada tahun 1109 dan baru selesai pada tahun 1119. Menara ini cukup terkenal di Italia, dimana menara ini pernah disebut dalam novel terkenal “Divine Comedy” karya Dante.

Ketinggian asli menara Garisenda adalah 60 meter, tapi akibat kemiringannya sekarang tingginya hanya mencapai 48 meter saja.

4. Menara Gereja San Giorgio, San Martino, dan Santo Stefano di Venesia, Italia

Menara Miring

Menara Gereja San Giorgio, San Martino, dan Santo Stefano di Venesia, Italia

Tidak tau kenapa, ada banyak menara miring di kota Venesia, Italia. Mungkin karena Venesia adalah kota terapung yang dikelilingi air sehingga kekuatan struktur tanahnya kurang bagus untuk bangunan-banguna besar.

Entahlah, tapi yang pasti, kemiringan menara di gereja bergaya Romanesque dan Baoque yang dibangun pada abad ke 15 dan abad ke 16 ini tidak mengurangi keindahan kota Venesia, tapi malah menambah keunikannya.

5. Menara Oude Kerk di Delft, Belanda

Menara Miring

Menara Oude Kerk di Delft, Belanda

Kalau menara gereja yang bernama asli “St. Bartholomew’s Church” ini miring karena faktor kontruksinya, dimana fondasinya tidak kuat menahan menara dan gereja. Ditambah lagi menara yang dibangun pada abad ke 14 ini juga menyangga sebuah bel seberat 9 ton.

Baca juga: Menakjubkan, Inilah 5 Masjid Terapung di Laut

6. Soyembika Tower di Kazan, Rusia

Menara Miring

Soyembika Tower di Kazan, Rusia

Menara yang disebut juga “Khan’s Mosque” ini sangat terkenal di Rusia. Menurut legenda, menara yang dibangun pada abad ke 16 ini mengalami kemiringan karena sang ratu Kazan saat itu, lebih memilih bunuh diri daripada ditangkap kaisar Ivan The Terribel yang menyerang kota Kazan.

7. Albert Memorial Tower di Belfast, Irlandia Utara

Menara Miring

Albert Memorial Tower di Belfast, Irlandia Utara

Menara jam ini memang kurang terkenal seperti menara jam Big Ben, tapi menara jam yang dibangun pada tahun 1865 ini miring karena faktor tanahnya, dimana menara ini dibangun di atas rawa yang merupakan lahan reklamasi.

Bahkan karena terus mengalami kemiringan dari waktu ke waktu, berbagai dekorasi seperti patung Pangeran Albert dan lonceng di puncak menara tersebut terpaksa diturunkan.

8. Menara Karim Khan di Shiiraz, Iran

Menara Miring

Menara Karim Khan di Shiiraz, Iran

Menara berbentuk benteng abad pertengahan ini dibangun oleh dinasti Zand dan berfungsi sebagai tempat tinggal.

9. Menara Huludao di Liaonin, China

Menara Miring

Menara Huludao di Liaonin, China

Menara ini dibangun oleh dinasti Liao dan terletak di sebelah timur laut provinsi Liaonin, China dengan tinggi mencapai 10 meter. Karena sudah mengalami kerusakan yang cukup parah seperti gempa dan banjir, akibatnya menara ini miring hingga 12 derajat ke arah timur laut.

10. Menara Nan Myint di Myanmar

Menara Miring

Menara Nan Myint di Myanmar

Menara Nan Myint adalah sebuah menara pengawas yang berada di Myanmar, dengan tinggi mencapai 90 kali. Tapi karena gempa bumi yang terjadi pada tahun 1883 silam, menyebabkan menara ini jadi miring seperti sekarang ini.

Baca juga: 5 Misteri Menara Saidah Di Jakarta Yang Bisa Membuatmu Merinding

Loading...

Add Comment