Mengenal Seni Tradisional Indonesia di Museum Wayang

Mengenal Seni Tradisional Indonesia di Museum Wayang

Museum Wayang

Mengenal Seni Tradisional Indonesia di Museum Wayang

Pernahkah Anda membayangkan untuk pergi berwisata ke Museum Wayang bersama dengan keluarga dan orang terkasih? Di Indonesia sering kali wisata museum menjadi alternatif terakhir dan benar-benar bisa sepi pengunjung kecuali jika ada rombongan dari sekolah dan itupun tidaklah sering. Padahal di luar negeri, pergi ke museum sudah merupakan trend di setiap ada kesempatan terutama pada saat weekend. Hal ini disebabkan ada banyak hal yang dapat dipelajari dan diamati di museum yang tentunya akan sangat sayang untuk dilewatkan.

Studi Wisata Asyik di Museum Wayang Ala Wisatawan Asing

Berwisata sejarah memang sudah menjadi hal yang umum yang sering dilakukan oleh banyak sekolahan. Namun begitu, seringkali berwisata sejarah menjadi hal yang tak menarik karena dianggap kurang kekinian. Namun demikian, Anda tak akan pernah bosan jika berkunjung ke tempat wisata ini. Mengapa demikian? Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda perlu mengunjungi Museum Wayang.

1. Wayang adalah kesenian asli khas Indonesia

Tidak hanya asli Indonesia, wayang bahkan telah diakui sebagai warisan dunia yang patut dilestarikan. Peresmian ini dilakukan PBB pada tahun 2003 silam. Jika dunia mengakui, mengapa kita sebagai bangsa Indonesia seolah acuh dengan keberadaan wayang? Paling tidak berkunjung ke Museum Wayang sehingga bisa belajar sedikit tentang asal usul wayang.

2. Pameran wayang

Jika ingin mengenal dan melihat langsung wayang dari masa ke masa, berkunjung ke museum adalah solusinya. Dengan melihat langsung, Anda dapat mengamati corak, bentuk, ciri dan perbedaan antara peran satu dan peran lain sehingga dapat mengamati pola-pola. Tak menutup kemungkinan wayang di satu daerah berbeda dengan wayang di daerah lain walaupun lakonnya sama.

3. Gedungnya unik

Untuk Anda pecinta foto, pergi ke museum yang menyimpan peninggalan wayang adalah bonus untuk Anda karena seringnya arsitektur bangunan museum ini terlalu cantik untuk tidak diabadikan. Misalnya Museum Wayang Jakarta yang beralamat di Jalan Pintu Besar Utama No.27, Jakarta Barat. Gedung yang digunakan adalah bekas gereja tua Belanda dengan bentuk khas bangunan tua Belanda. Kalau Anda pergi ke sana jangan lupa untuk mengambil beberapa gambar di spot-spot menariknya.

4. Koleksinya lengkap dan banyak

Museum Wayang tidak hanya akan memberikan Anda beberapa jenis wayang kuno saja, tapi wayang dari masa ke masa. Di sini Anda dapat membandingkan perubahan yang terjadi dari satu periode pemerintahan tertentu ke periode lain dan melihat letak perbedaan, fokus pembahasan cerita dan lain sebagainya. Beberapa jenis wayang yang biasa ada di Museum Wayang adalah wayang kulit, wayang golek, wayang kardus, wayang rumput, wayang janur, dan wayang beber. Tak hanya wayang, topeng dan gamelan pun biasanya dapat dengan mudah dijumpai di sini.

5. Pergelaran Wayang

Di beberapa museum besar, pertunjukan wayang secara periodik juga dapat ditemui dengan harga murah atau bahkan gratis. Anda hanya perlu membaca kapan pertunjukan berikutnya digelar dan berkunjung ke sana untuk belajar lebih banyak lagi tentang perwayangan tanah air.

6. Tersebar di banyak kota dan provinsi di Indonesia

Museum perwayangan ternyata ada banyak lho, tidak hanya di Jakarta saja. Beberapa yang terkenal misalnya Museum Wayang Kulit Wonogiri yang terletak di Jawa Tengah. Museum ini terletak di kompleks Padepokan Pak Bei Tani M Ng dan mulai resmi beroperasi sejak tahun 2004. Museum Kekayon yang berada di Yogyakarta juga salah satu yang terkenal. Museum yang terletak di Jalan Raya Yogya-Wonosari Km.7 ini menyimpan banyak jenis wayang dan topeng berikut sejarahnya dari abad ke-6. Selain dua lokasi tersebut, museum yang terkenal lainnya adalah Wayang Sendang Mas yang terletak di Banyumas. Museum ini sudah berdiri sejak tahun 1983.

Demikianlah beberapa hal terkait dengan Museum Wayang yang dapat kami sampaikan untuk Anda. Untuk Anda yang tertarik untuk menghabiskan waktu di museum tapi kesulitan mencari alat transportasi, cobalah untuk menyewa mobil di https://docar.co.id/sewa-mobil-jakarta. Layanan ini tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia, termasuk juga di Bali, Surabaya, dan Malang sehingga tentu sangat memudahkan Anda yang ingin menghabiskan waktu seharian berlibur dengan orang terkasih. Cek websitenya sekarang.

Museum Wayang menyimpan banyak peninggalan sejarah dan seni tanah air. Sebagai bangsa yang besar kita sepantasnya tidak melupakan kesenian asli Indonesia. Jangan tunggu diklaim baru mengakui wayang.

Loading...

Add Comment