5 Minuman Khas Indonesia Yang Mendunia

Indonesia memiliki banyak suku dan juga budaya. Dengan banyaknya suku tersebut, ada banyak juga jenis kuliner di setiap daerah. Misalnya minuman, mulai minuman yang umumnya disajikan hangat atau dingin.

Banyak jenisnya, anda tinggal memilih suka yang mana. Setiap daerah di tanah air mempunyai mimunan khas masing masing. Beragam mimunan ini ternyata dapat menarik perhatian turis mancanegara.

Minuman-minuman ini pun bisa Kamu temukan di kota-kota besar di indonesia walau pada dasarnya berasal dari kota lain. misalnya adalah jamu yang merupakan salah satu minuman tradisional khas Indonesia.

Berikut adalah 5 Minuman Khas Indonesia Yang Mendunia :

1. Cendol

Minuman Khas Indonesia Yang Mendunia

Cendol (iberita.com)

Tentu Kamu semua sudah pernah menikmati cendol sebab memang minuman ini bisa Kamu dapatkan dengan mudah dimana saja. Cendol terbuat dari tepung beras yang dibentuk lonjong kecil dan dicampuri dengan sari pandan yang berwarna hijau, disajikan dengan es serut dan gula merah cair, dan santan. Maka menghasilkan rasa manis sekaligus.

2. Sekoteng

Minuman Khas Indonesia Yang Mendunia

Sekoteng (wikipedia.org)

Minuman ini berasal dari Jawa Tengah. Umumnua terbuat dari jahe dan dihidangkan dalam kondisi panas. Bahan lain yang dicampurkan ke dalam sekoteng yaitu kacang hijau, pacar cina, kacang tanah, dan potongan roti. Penjual sekoteng lebih sering muncul di malam hari dikarenakan minuman ini sesuai disantap disaat dalam cuaca yang sejuk atau dingin.

3. Bajigur

Minuman Khas Indonesia Yang Mendunia

Bajigur (solopos.com)

Minuman ini berasal dari Jawa Barat. Terbuat dari gula arena dan santan. Kalau mau menambah rasa Kamu bisa tambahkan jahem garam, dan vanili. Bahkan sekarang ini ada inovasi mencampurkan bajigur dengan es krim. Minuman ini paling enak disajikan waktu panas dan waktu cuaca dingin sebab bisa menghangatkan tubuh Kamu.

4. Bir Pletok

Minuman Khas Indonesia Yang Mendunia

bir pletok (youtube.com)

Minuman berasal dari DKI Jakarta. Walaupun namanya bir, tapi sama sekali tidak mengandung alkohol sedikitpun. Minuman ini terbuat dari jahe ditambah dengan kapulaga, sereh, kayu manis, kayu secang, dan gula. Disebut bir pletok karna dipengaruhi oleh orang Betawi zaman dulu yang sering bergaul bersama orang Belanda, dan mereka tidak jarang melihat kebiasaan orang Belanda meminum bir.

5. Kembang Tahu

Minuman Khas Indonesia Yang Mendunia

kembang tahun (tribunnews.com)

Minuman ini berasal dari DKi Jakarta. Terbuat dari endapan kedelai yang direbus, lalu dicampur bersama air jahe yang ditambahkan gula aren juga daun pandan. Paling enak bila diminum dalam kondisi hangat. Kandungan jahenya bisa membuat hangat tubuh Kamu. Paling baik diminum saat sedang hujan atau saat Kamu sedang tidak enak badan dikarenakan masuk angin.

Baca juga: 10 Minuman Khas Bali, Dari Yang Menyegarkan sampai Yang Memabukan

Loading...

Add Comment