7 Minuman Khas Jepang Yang Bisa Mengoda Lidahmu

Jepang merupakan salah satu negara Asia termaju di dunia, dimana banyak teknologi negara-negara berkembang mengunakan teknologi buatan negara yang berjuluk “matahari terbit” ini, mulai peralatan dapur sampai alat berat diproduksi oleh negara ini.

Tapi, dibalik itu semua, tenyata Jepang juga memiliki tempat wisata yang menarik di datangi. Buktinya, Jepang masih menjadi salah satu negara terfavorit di Asia yang sering dikunjungi oleh wisatawan.

Hal ini mungkin, tempat wisata di Jepang bukan hanya sekedar memanjakan mata, dimana tempat wisata di Jepang juga terkenal dengan kuliner yang enak dan unik, terutama minuman khas Jepang. Lantas, seperti apa minuman khas negeri Sakura tersebut? berikut ulasannya

1. Sake

Minuman Khas Jepang

Sake via flickr.com

Sake adalah salah satu minuman khas Jepang paling terkenal di dunia. Mungkin selama ini banyak orang mengenal Sake adalah minuman beralkohol khas Jepang, tapi sebenarnya ada juga minuman Sake yang tidak beralkohol.

Bahan untuk membuat Sake sebenarnya sangat mudah ditemukan, dan pembuatannya pun sederhana saja. Sake adalah minuman khas Jepang hasil dari fermentasi dan filtrasi beras, bahan yang dibutuhkan hanya air, ragi, dan beras.

Yang susah itu mungkin teknis-nya, walaupun cara pembuatannya terlihat sedarhana, tapi tidak semua orang bisa membuat Sake yang enak.

2. Ocha

Minuman Khas Jepang

Ocha via wikimedia.org

Ocha adalah minuman khas Jepang berupa teh. Mungkin sebagian dari kita tidak asing, sebab di Indonesia sudah ada minuman ini. Ocha adalah minuman teh khas Jepang yang terbuat dari daun teh hijau.

Yang membedakan Ocha dengan teh biasa, yaitu selain terbuat dari dari teh hijau, Ocha juga memiliki rasa yang berbeda dengan teh biasa. Ocha juga mempunyai beberapa jenis diantaranya gyokuro, sencha, genmaicha, dan kukicha.

3. Mugicha

Secara umum Mugicha merupakan minuman khas Jepang berupa teh, tapi uniknya minuman terbuat dari gandum bakar. Salah satu khasiat Mugicha adalah bisa menghilangkan stres, dan minuman ini enak diminum dalam keadaan dingin.

4. Shochu

Minuman Khas Jepang

Shochu via wikimedia.org

Shochu adalah minuman khas Jepang yang memiliki kadar alkohol lebih tinggi dibanding Sake. Tapi kadar alkohol Shochu masih rendah jika dibandingkan dengan minuman beralkohol merek-merek terkenal. Shochu diproses dengan penyulingan dan dicampur dengan ubi.

5. Matcha

Minuman Khas Jepang

Matcha via wikimedia.org

Matcha juga salah satu minuman teh khas jepang, uniknya minuman ini berupa serbuk warna hijau. Teh ini disajikan tanpa mengunakan gula tambahan, dan umum dinikmati dalam upacara-upacara tertentu saja.

6. Sobacha

Satu lagi teh khas Jepang, namanya Sobacha. Uniknya teh ini memiliki rasa yang berbeda dengan teh biasa, yaitu memiliki rasa pedas, selain itu, ternyata Sobacha juga beralkohol.

7. Amazake

Minuman Khas Jepang

Amazake via wikipedia.org

Amazake adalah salah satu minuman khas Jepang yang beralkohol tapi memiliki kadar yang lebih rendah bila dibanding dengan Sake. Umumnya minuman ini diminum saat cuaca dingin dan biasanya dijual di festival-festival yang disebut matsuri.

Nah, itulah beberapa minuman khas Jepang. Kalau ingin mencoba minuman ini, khususnya yang beralkohol, ada baik mengenal batas diri dalam meminumnya, apalagi kalau kamu belum pernah meminum minuman yang beralkohol.

Baca juga: 5 Minuman Khas Indonesia Yang Mendunia

Loading...

Add Comment