Inilah 7 Misteri Dinosaurus Yang Belum Ada Jawaban Sampai Sekarang

Misteri Dinosaurus

Ilustrasi Dinosaurus

Dinosaurus adalah hewan dari jaman prasejarah yang sangat populer, baik dari segi kultur budaya maupun secara ilmiah. Walaupun begitu, masih ada beberapa misteri Dinosaurus yang belum bisa dijawab oleh para ilmuwan dunia.

Hal ini tentunya tidak lepas dari sedikitnya informasi yang hanya didapatkan dari galian fosil-fosil Dinosaurus yang bentuknya tidak lagi berupa. Hal inilah yang membuat para ilmuwan hanya bisa memperkirakan saja.

Tapi informasi-informasi tentang Dinosaurus yang ada sekarang ini dinilai masih sangat kurang, masih banyak misteri Dinosaurus yang belum ada jawabannya. Lantas, apa saja misteri tentang Dinosaurus yang belum ada jawabannya tersebut? berikut ulasannya

1. Misteri Dinosaurus Pertama

Pada jaman Dinosaurus masih menguasai dunia yaitu sekitar 230 juta tahun yang lalu, terdapat kurang lebih 300 jenis Dinosaurus. Ada satu hal misteri Dinosaurus yang belum diketahui secara pasti oleh para ilmuwan yaitu Dinosaurus mana yang pertama ada di bumi.

Hal ini dikarenakan fosil-fosil Dinosaurus yang pernah ditemukan di seluruh dunia hanya berupa potong-potongan bagian tubuhnya saja seperti tulang belulang yang diberi nama Nyasasaurus Parringtoni di Tanzania yang ditemukan pada tahun 1930-an.

Oleh banyak kalangan, Nyasasaurus Parringtoni dianggap sebagai Dinosaurus paling tua. Tapi ada beberapa ilmuwan yang masih belum dapat memastikan apakah Nyasasaurus Parringtoni adalah Dinosaurus atau spesies kerabat terdekat Dinosaurus saja.

2. Dinosaurus itu Hewan Berdarah Panas atau Dingin

Dinosaurus itu hewan berdarah panas atau hewan berdarah dingin adalah pertanyaan yang jadi perdebatan diantara para ilmuwan selama bertahun-tahun. Walaupun berbagai petunjuk sudah dianalisa, tapi analisa ini belum bisa menjawab pertanyaan ini.

Sampai akhirnya diambil keputusan bahwa Dinosaurus dimasukan ke golongan Mesothermy (metabolisme menengah). Hal ini berdasarkan hasil temuan beberapa penelitian yang menunjukan bahwa Dinosaurus memiliki ciri-ciri sistem metabolisme.

Hal ini membuat para Dinosaurus mampu beradaptasi dari cuaca dingin seperti hewan mamalia yang berdarah panas. Bedanya Dinosaurus bisa mencapai ukuran yang besar, sedangkan hewan mamalia tidak bisa sebesar itu.

3. Misteri Dinosaurus Terbesar

Hampir semua jenis Dinosaurus adalah hewan yang sangat besar. Nah, jika ditanya Dinosaurus apa yang paling besar, mungkin jawabannya adalah Supersaurus. Tapi ternyata jawaban itu belum tentu benar dan tidak salah juga.

Karena Supersaurus adalah salah satu jenis Dinosaurus terbesar yang pernah ditemukan oleh ilmuwan. Tapi ada jenis Dinosaurus lain yang ukurannya diperkirakan kurang lebih sama dengan Supersaurus.

Karena ukuran besar Dinosaurus adalah hasil estimasi dari beberapa ukuran fosilnya, maka ilmuwan sendiri belum bisa memastikan hewan Dinosaurus apa yang terbesar di dunia. Ditambah lagi banyak ilmuwan yang percaya bahwa masih banyak fosil Dinosaurus yang belum ditemukan.

Baca Juga: 8 Teori Tentang Misteri Segitiga Bermuda Yang Penuh dengan Konspirasi-Konspirasi Aneh

4. Bagaimana Cara Berkembangbiaknya Dinosaurus

Sejauh ini sudah banyak informasi tentang Dinosaurus yang berhasil digali oleh para ilmuwan yang bersumber dari fosilnya. Tapi itulah masalahnya, perilaku makhluk hidup tidak tercermin dalam sebuah fosil saja.

Mungkin perilaku seperti apa yang dimakan, mungkin bisa diketahui dari fosil giginya, tapi cara berburu, dan apa yang dimakan, serta cara berkembangbiak, sejauh ini hanya berupa prediksi saja.

Mungkin kita tahu bahwa Dinosaurus itu bertelur, tapi sebelum mencapai proses bertelur itu, ilmuwan tidak tahu peristiwa apa yang terjadi sebelumnya, seperti bagaimana cara Dinosaurus mendapatkan pasangan, dan sebagainya. Bahkan ilmuwan belum tahu betul bagaimana anatomi seksual dari dinosaurus.

5. Apa Fungsi Tanduk dari Para Dinosaurus

Misteri Dinosaurus selanjutnya adalah tentang apa fungsi tanduk dikepala mereka seperti yang terdapat pada Triceratops atau beberapa dinosaurus lainnya yang memiliki lempengan paku seperti yang terdapat pada Stegosaurus.

Mungkin kamu berpikir itu digunakannya sebagai senjata untuk melawan musuhnya seperti saat berebut makanan. Faktanya, baik Triceratops maupun Stegosaurus adalah jenis hewan herbivora, artinya mereka tidak perlu berebut makanan dengan Dinosaurus lain.

Ahli Paleontologi memperkirakan bahwa tanduk dan lempengan paku tersebut adalah salah satu elemen penting yang berfungsi untuk mengatur suhu tubuh. Tapi, setelah dilakukan penelitian lebih lanjut, ternyata bukan itu.

6. Benarkah Dinosaurus itu Berbulu

Baru-baru ini ada sebuah penelitian yang memperkirakan bahwa sebenarnya Dinosaurus itu memiliki bulu ditubuhnya. Hal ini tentunya berbeda dengan persepsi kita selama ini bahwa Dinosaurus tidak berbulu dengan kulit seperti hewan Badak.

Tapi setelah ditemukan fakta bahwa burung adalah salah satu makhluk yang spesiesnya paling dekat dengan hewan dinosaurus, tentunya masuk akal jika dikatakan ada jenis Dinosaurus yang memiliki bulu ditubuhnya.

Yang jadi misteri bagi para ilmuwan saat ini yaitu jenis Dinosaurus mana saja yang memiliki bulu ditubuhnya dan jenis Dinosaurus apa saja yang tidak memiliki bulu ditubuhnya.

7. Mengapa Bisa Dinosaurus Berukuran Sangat Besar

Misteri Dinosaurus terakhir yang belum ada jawabannya sampai sekarang yaitu mengapa bisa kebanyakan hewan Dinosaurus berukuran sangat besar dibanding dengan hewan-hewan dijaman sekarang.

Ada beberapa teori yang menjelaskan pertanyaan ini, salah satunya yaitu suhu yang tinggi pada jaman prasejarah, dimana pada jaman itu jumlah vegetasi sangat melimpah yang membuat para Dinosaurus bebas untuk makan apa saja.

Ada juga teori lain yang menyebutkan bahwa hal ini terjadi karena dampak tidak langsung dari ” darah dingin “ dari para Dinosaurus sehingga berpengaruh pada sistem metabolisme yang membuatnya berukuran sangat besar.

Tapi teori ini terbantahkan karena ada penelitian yang menyebutkan bahwa Dinosaurus adalah hewan berdarah panas karena mampu menyesuaikan suhu tubuh disekitarnya. Sejauh ini, hal ini masih menjadi misteri bagi para ilmuwan.

Nah, itulah beberapa misteri Dinosaurus yang sampai sekarang belum ada jawabannya, karena belum ada bukti dalam bentuk penelitian yang masuk akal dimata para ilmuwan. Tapi yang jelas, hewan Dinosaurus memang ada jauh sebelum manusia mendiami bumi.

Baca Juga: 12 Foto Misterius Yang Sulit Didefinisikan Secara Logika. Kamu Percaya?

Loading...

Add Comment