Inilah 15 Misteri Dunia Yang Belum Terpecahkan Hingga Sekarang

Kebanyakan orang berpikir bahwa, semua misteri di dunia ini, cepat atau lambat pasti akan terungkap. Tapi hal tersebut tidak selamanya benar, karena ada banyak sekali misteri dunia yang belum terpecahkan hingga sekarang.

Bentuk misteri-misteri tersebut pun bermacam-macam, mulai dari kode, video, foto, lukisan, pahatan, hingga patung-patung dengan karakteristik dan kisah yang berbeda-beda.

Ada banyak penyebab kenapa misteri-misteri tersebut belum bisa dipecahkan oleh ilmuwan dan para peneliti, salah satunya kurangnya sumber referensi. Lantas, apa saja misteri dunia yang belum terpecahkan tersebut? berikut ulasannya

1. Segitiga Bermuda

Misteri Dunia Yang Belum Terpecahkan

Ilustrasi Segitiga Bermuda

misteri dunia yang belum terpecahkan pertama yaitu misteri Segitiga Bermuda, dimana kawasan perairan yang berada di lautan Atlantik ini sudah banyak terjadi kasus kapal laut dan pesawat terbang yang hilang secara misterius.

Tambah misterius lagi, bangkai kapal laut dan pesawat terbang yang hilang tersebut belum ditemukan sampai sekarang. Hal inilah yang memicu munculnya berbagai teori yang dikemukakan oleh beberapa tokoh dunia.

Ada yang mengatakan bahwa di kawasan perairan tersebut terdapat medan magnet yang sangat kuat, sehingga bisa menarik kapal laut atau pesawat terbang hingga tenggelam. Selain itu, ada yang mengemukakan bahwa kapal laut dan pesawat yang hilang tersebut adalah ulah alien, dan masih banyak teori aneh lagi.

2. Kota Atlantis

misteri dunia yang belum terpecahkan selanjutnya yaitu tentang keberadaan kota hilang bernama Atlantis. Kisah kota Atlantis sendiri bermula dari buku karangan Plato, yaitu filsuf asal Yunani yang hidup antara tahun 427 – 347 sebelum masehi.

Dalam bukunya tersebut, Plato menulis bahwa ada sebuah kota dengan peradaban dan teknologi yang sangat canggih. Tapi sayang, kota tersebut tenggelam ke dasar laut, karena penduduknya yang tamak dan sombong.

Dari sinilah banyak bermunculan teori-teori tentang kota Atlantis yang pernah disebutkan Plato dalam bukunya tersebut. Ada yang mengemukakan bahwa kota tersebut memang benar-benar pernah ada di dunia.

Ada juga yang beranggapan bahwa kota Atlantis itu semacam kota gaib yang tidak dihuni oleh manusia seperti kita. Tapi, tidak sedikit juga yang tidak percaya bahwa kota Atlantis pernah ada di dunia, dan menganggapnya semacam dongeng saja.

3. The Babushka Lady

Misteri Dunia Yang Belum Terpecahkan

The Babushka Lady

The Babushka Lady adalah nama julukan yang diberikan kepada seorang perempuan yang dianggap sebagai salah satu saksi penting dalam kasus pembunuhan presiden Amerika Serikat ke 35 yaitu John F. Kennedy pada bulan November 1963 silam.

Nama julukan ini diberikan karena perempuan tersebut, terlihat seperti memakai Syal penutup kepala khas wanita tua Russia. Awalnya, dia terlihat sedang berdiri antara jalan Elm dan jalan utama sambil memegang sebuah kamera.

Setelah insiden penembakan tersebut, perempuan ini terlihat ikut bergabung dengan kerumunan massa yang naik ke atas bukit kecil.

Terakhir kali dia terlihat sedang berjalan kearah timur jalan Elm. Dan sejak saat itu, perempuan ini dan foto-foto yang diambilnya mengunakan kamera yang dipegangnya tidak pernah ditemukan hingga sekarang.

4. Phaistos Disc

Misteri Dunia Yang Belum Terpecahkan

Phaistos Disc via wikimedia.org

Phaistos Disc adalah tanah liat berbentuk lingkaran (bundar) dengan gambar berupa simbol-simbol aneh. Phaistos Disc ditemukan oleh arkeolog asal Italia bernama Luigi Pernier pada tanggal 3 Juli 1908.

Simbol-simbol tersebut dianggap banyak ilmuwan sebagai bentuk hieroglyph di jaman Crete Kuno yang mempresentasikan simbol linear A dan linear B. Kemungkinan Phaistos Disc dibuat pada masa melinium kedua sebelum masehi.

Hingga sekarang, simbol-simbol di Phaistos Disc ini belum bisa diartikan atau diterjemaahkan ke dalam bahasa manusia. Selain itu, Phaistos Disc juga merupakan salah satu puzzle paling terkenal dalam dunia Arkeologi.

5. Monster Lochness

Misteri Dunia Yang Belum Terpecahkan

Monster Lochness via wikimedia.org

misteri dunia yang belum terpecahkan selanjutnya yaitu tentang keberadaan monster di danau Loch Ness di Skotlandia. Dimana, ada beberapa orang yang mengaku pernah melihat monster besar ini menunjukan dirinya di danau Loch Ness.

Konon katanya, bentuk monster tersebut seperti salah satu hewan berleher panjang di jaman Dinosaurus. Beberapa teori menyebutkan bahwa monster besar ini merupakan keturunan langsung dari salah satu hewan di jaman Dinosaurus.

Tapi ada juga teori yang menyebutkan bahwa monster besar di danau Loch Ness ini adalah makhluk gaib, yang kadang-kadang suka menunjukan wujudnya ke manusia.

6. Shepherd Monument

Misteri Dunia Yang Belum Terpecahkan

Shepherd Monument via wikimedia.org

Kalau dilihat sepintas saja, tidak ada yang aneh dengan monumen yang berada di Staffordshire, Inggris ini. Tapi, jika lebih teliti lagi, maka akan ditemukan kumpulan huruf yang membentuk tulisan ” DOUOSVAVVM “.

Kabarnya, tulisan ” DOUOSVAVVM “ ini sudah ada sejak 250 tahun lalu, tapi sampai sekarang tulisan ini belum diketahui apa arti dan maknanya.

Bahkan beberapa tokoh dunia seperti Charles Darwin, dan Charles Dickens pernah mencoba memecahkan salah satu misteri dunia yang belum terpecahkan ini, tapi usaha mereka berakhir dengan kegagalan.

7. Georgia Guidestones

Misteri Dunia Yang Belum Terpecahkan

Georgia Guidestones via flickr.com

Selain Shepherd Monument, ada satu lagi monumen yang masuk ke daftar misteri dunia yang belum terpecahkan ini yaitu Georgia Guidestones. Monumen yang terbuat dari batu granit ini didirikan pada tahun 1979 di Elbert County, Amerika Serikat.

Di monumen yang kadang disebut sebagai ” American Stonehenge “ ini tertulis 10 perintah yang ditulis dalam 8 bahasa yaitu Spanyol, Inggris, Hindi, Arab, China, Hebrew, Russia, dan Swahili. Pada monumen ini juga ada beberapa simbol astronomi.

Memang tidak ada kode rahasia atau tulisan yang tidak dimengerti maknanya di monumen tersebut, tapi siapa yang membuat, dan apa tujuan pembuatan monumen ini belum diketahui sampai sekarang. Hanya ada satu nama samaran yang dianggap sebagai pelopor pembuatan monumen ini yaitu R.C. Christian.

Selain itu, dari 10 perintah yang tertulis di monumen tersebut, perintah pertama yang dianggap paling kontroversi, karena berbunyi kalau diartikan ke dalam bahasa Indonesia ” Harus mempertahankan populasi manusia dibawah 500 juta orang, agar bisa menjaga keseimbangan alam di dunia “.

Banyak orang yang beranggap bahwa perintah pertama ini semacam ” izin “ untuk mengurangi populasi manusia yang sudah mencapai miliaran orang dengan berbagai cara seperti pembunuhan massal, penyebarkan penyakit, dan sebagainya.

Banyak pencinta teori konspirasi yang menganggap bahwa monumen ini dibuat oleh para penyembah iblis yang disebut ” Luciferian secret society “ sebagai bentuk ” new world order “.

8. Sinyal Wow!

Salah satu anggota peneliti Alien ” Search for Extraterrestrial Intelligence (SETI) “ bernama Jerry Ehman melakukan pencarian sinyal radio yang berasal dari luar angkasa secara acak pada tahun 1977 silam.

Tanpa diduga, dia berhasil menerima sebuah sinyal berisi pesan yang sangat misterius. Sinyal tersebut berlangsung kurang lebih selama 72 detik, yang dikirim dari sebuah tempat yang sangat jauh dari bumi.

Tempat tersebut diperkirakan berada di konstelasi planet Sagitarius, atau lebih tepatnya berada di dekat sebuah bintang bernama ” Tau Sagittarii “, dimana jarak tempuh dari tempat tersebut ke bumi sekitar 120 tahun cahaya.

Dari transkrip sinyal pesan misterius tersebut, Jerry Ehman mendapati kata ” WOW “. Makanya, sinyal misterius yang merupakan salah satu misteri dunia yang belum terpecahkan ini dinamakan ” Wow! Signal “ atau ” Sinyal Wow! “.

9. Voynich Manuscript

Misteri Dunia Yang Belum Terpecahkan

Voynich Manuscript via wikimedia.org

Voynich Manuscript adalah sebuah buku 240 halaman yang ditulis dengan aksara dan bahasa yang tidak ketahui oleh manusia jaman sekarang. Dalam buku tersebut, juga ada beberapa gambar seperti tumbuhan dan benda aneh.

Ada yang beranggapan bahwa buku ini adalah semacam buku untuk panduan medis, karena di dalam buku tersebut terdapat berbagai macam tumbuhan. Tapi ada juga yang beranggapan buku ini adalah buatan alien, karena di dalam buku tersebut banyak juga terdapat benda yang mirip dari luar angkasa.

Selain itu, penulis buku ini juga belum diketahui identitasnya, tapi yang jelas, berdasarkan dari tes karbon terhadap buku tersebut, buku ini diperkirakan dibuat antara tahun 1404 – 1438. Dinamakan ” Voynich Manuscript “ karena buku ini pernah dibeli oleh orang asal Polandia yang bernama Wilfrid M. Voynich.

10. Wedge of Aiud

Wedge of Aiud atau diartikan ke dalam bahasa Indonesia ” Pasak Aiud “ merupakan salah satu misteri dunia yang belum terpecahkan hingga sekarang dari sekian banyak artefak kuno yang berhasil ditemukan.

Wedge of Aiud ditemukan pada tahun 1970 di Aiud, Romania, dimana artefak ini sulit diketahui detailnya. Tapi yang pasti, artefak ini terbuat dari Alumunium, dengan berat sekitar 3 kg, dan ditemukan di sebuah proyek konstruksi.

Uniknya setelah diteliti, ternyata artefak ini berusia 11 ribu tahun. Padahal, berdasarkan catatan sejarah, bahan galian Alumunium ditemukan pada tahun 1808, dan mulai diproduksi sekitar tahun 1885 silam.

Banyak para pencinta teori konspirasi yang percaya bahwa ” Wedge of Aiud “ adalah salah satu bukti alien pernah datang ke bumi, karena secara logika belum ada manusia yang bisa membuat benda seperti itu di jamannya.

Masih penasaran misteri dunia yang belum terpecahkan lainnya? Untuk melanjutkan klik NEXT.

Loading...

Add Comment