Kisah Misteri Gunung Merapi: 7 Kisah Ini Pasti Membuatmu Takut Sampai Merinding! Hii!!

Misteri Gunung Merapi

Gunung Merapi via wikimedia.org

Siapa yang tidak mengenal Gunung Merapi? Gunung yang terletak diantara perbatasan propinsi Yogyakarta dengan propinsi Jawa Tengah ini cukup terkenal di Indonesia, sebab cukup sering mengalami erupsi.

Bukan hanya itu, gunung ini juga cukup terkenal dengan misteri, mitos, dan cerita legenda yang dimilikinya, dimana dalam dunia gaib, gunung ini disebut-sebut sebagai salah satu pusat kerajaan jin di pulau Jawa.

Selain itu, gunung Merapi ini juga punya hubungan erat dengan laut selatan Jawa. Jadi tidak heran, jika di gunung ini ada beberapa tempat yang memiliki kisah yang cukup menyeramkan. Lantas, seperti apa saja kisahnya? berikut ulasannya

1. Kisah Misteri Gunung Merapi di bunker Kaliadem

Kisah misteri Gunung Merapi yang pertama yaitu di sebuah bunker di desa Kaliadem yang sudah porak-poranda akibat letusan Gunung Merapi yang cukup dahsyat pada tahun 2010 silam. Konon katanya, di bunker ini sering terdengar suara tangisan pada saat sore hari.

Selain itu, keangkeran bunker ini juga didukung dengan suasana bunker yang terlihat begitu suram, menyedihkan, dan gelap. Satu-satunya sumber cahaya dalam bunker ini yaitu di pintu masuk bunker tersebut.

Bunker ini dulunya difungsikan sebagai tempat berlindung bila lahar panas Gunung Merapi turun secara tiba-tiba. Dan dulu ada dua orang relawan yang meninggal akibat terkenal lahar panas Gunung Merapi di bunker ini.

2. Kisah Misteri Gunung Merapi di Pasar Bubrah

Pasar Bubrah adalah sebuah tempat cukup datar yang berada di bawah puncak Gunung Merapi. Tempat ini didominasi oleh batuan dan pasir yang merupakan sisa-sisa letusan Gunung Merapi terdahulu.

Masyarakat setempat percaya bahwa tempat ini sangat angker dan merupakan sebuah pasar besar milik Keraton Merapi, dimana batu berserakan di tempat tersebut diyakini sebagai warung, meja, dan kursi milik makhluk halus.

Makanya, banyak pendaki dihimbau untuk berlaku sopan di tempat ini, baik dalam kata-kata maupun dalam prilakunya, sebab dipercaya, kalau tidak sopan kepada makhluk di tempat ini, mereka tidak segan-segan menculik orang tersebut.

Kisah ini juga dibenarkan oleh banyak pendaki, bahwa mereka bisa merasakan langsung keberadaan pasar setan tersebut, terutama di malam hari, dimana mereka kadang-kadang bisa mendengarkan suasana ramai seperti sebuah pasar di sekitar tempat tersebut.

3. Kisah Misteri Gunung Merapi di Gunung Wutoh

Gunung Wutoh adalah salah satu tempat angker di Gunung Merapi, dimana di gunung ini, dipercaya sebagai salah satu pintu masuk utama ke Keraton Merapi yang berada di kawah puncak yang dijaga oleh Nyai Gadung Melati.

Nyai Gadung Melati adalah pemimpin pasukan wanita Keraton Merapi yang bertugas melindungi kesuburan tanaman dan hewan di sekitar Gunung Merapi. Selain itu, sosok wanita ini juga sering hadir di dalam mimpi penduduk sekitar Gunung Merapi.

Percaya atau tidak, setiap sosok wanita yang selalu mengenakan pakaian warna hijau ini hadir dalam mimpi penduduk di sekitar Gunung Merapi, esoknya pasti terjadi letusan di Gunung Merapi.

Baca Juga: 4 Kisah Misteri Gunung Gede Pangrango Yang Dialami Para Pendaki

4. Kisah Misteri Gunung Merapi Tentang Keraton Merapi

Keraton Merapi adalah kerajaan jin yang ada di Gunung Merapi. Konon katanya, Keraton Merapi ini sudah ada sejak jaman Kerajaan Mataram, bedanya kalau Keraton Merapi dikendalikan dan dihuni oleh bangsa jin dan sejenisnya.

Ceritanya, Keraton Mataran dan Keraton Merapi memang punya hubungan yang erat pada masa lalu, dimana legenda yang cukup populer menyebutkan bahwa Keraton Merapi membantu kerajaan Mataram dalam mengalahkan Kerajaan Pajang lewat letusannya.

Karena jasa itulah, makanya warga setempat selalu memberikan upeti dalam bentuk ritual keagamaan yaitu mengadakan selamatan seperti ritual selamatan labuhan yang diadakan setiap tahun sekali pada tangga 30 rajab yang merupakan tanggal kelahiran Sri Sultan Hamengku Buwono X.

5. Kisah Misteri Gunung Merapi Tentang Kyai Petruk

Dalam silsilah Keraton Merapi terdapat banyak sekali tokoh-tokoh sakti yang namanya tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga para warga di sekitar Gunung Merapi. Tokoh-tokoh ini memiliki tugasnya sendiri, salah satunya yaitu Kyai Petruk.

Kyai Petruk bertanggung jawab atas keselamatan warga di sekitar Gunung Merapi, dimana dia ditugaskan untuk memberitahu warga sekitar Gunung Merapi ketika akan terjadi letusan agar mereka bisa menyelamatkan diri mereka.

Misalnya, sebelum letusan besar Gunung Merapi pada tahun 2010, ada sebuah penampakan awan yang berbentuk Kyai Petruk yang berhasil di potret oleh warga asal Magelang. Dan benar, pada bulan Oktober dan November 2016, Gunung Merapi meletus.

6. Kisah Misteri Gunung Merapi tentang Puncak Garuda atau batu Erri

Beberapa tahun yang lalu, ada seorang pendaki yang meninggal di Gunung Merapi karena terpeleset, kemudian jatuh ke kawah. Saat itu dia sedang berfoto di sebuah puncak batu yang menjulang tinggi di Gunung Merapi.

Pasca insiden ini, banyak orang yang menanyakan perihal puncak batu yang menjulang tinggi tempat korban berfoto tersebut, sebab banyak orang yang menganggap puncak itu mirip dengan puncak garuda yang hilang akibat letusan Gunung Merapi pada tahun 2010 silam.

Dari sinilah, bau mistis dan hal gaib mulai dirasakan, bagaimana puncak batu yang sudah hilang akbiat letusan Gunung Merapi bisa muncul kembali.

7. Sebenarnya Hampir Semua Tempat di Gunung Merapi itu Angker

Bisa dikatakan hampir semua tempat di Gunung Merapi itu angker, mulai bukit, hutan, batu, telaga, hingga goa. Misalnya Hutan Patuk Alap-Alap yang dipercaya sebagai tempat ternak milik Keraton Merapi dikembalakan.

Selain itu, ada juga Hutan Bingungan, Hutan Gamelan, Hutan Pijen, dan Hutan Blumbang. Konon katanya di hutan-hutan ini ada beberapa hewan keramat yang merupakan milik eyang Merapi yaitu raja Keraton Merapi.

Ada juga cerita tentang batu Alien yaitu batu yang mirip wajah manusia. Batu ini merupakan hasil dari erupsi Gunung Merapi pada tahun 2010 silam.

Nah, itulah beberapa kisah misteri Gunung Merapi. Intinya, jaga selalu kata-kata dan kelakuan dimanapun kamu berada, kalau mau dihormati, hormati dulu mereka, dan kalau tidak mau diganggu, jangan pernah menganggu duluan. Terlepas benar atau tidak cerita diatas, itu hak kamu untuk percaya atau tidak.

Baca Juga: 9 Tempat Angker di Jogja Yang Konon Katanya Menyeramkan

Loading...

Add Comment