5 Kisah Misteri Gunung Semeru! di Jamin Bikin Merinding!!

Misteri Gunung Semeru

Gunung Semeru via wikipedia.org

Gunung Semeru adalah salah satu gunung api aktif tertinggi di Indonesia, yang terletak di propinsi Jawa Timur, dengan tinggi sekitar 3.676 meter di atas permukaan air laut. Puncak gunung Semeru dikenal dengan nama Mahameru.

Gunung Semeru juga merupakan salah destinasi favorit oleh para pecinta alam, terutama para pendaki gunung. Walaupun, medan jalur pendakiannya termasuk cukup sulit, tapi keindahan alam di gunung ini bisa mengalahkan rasa lelah dan letih tersebut.

Selain soal keindahan alamnya, Gunung Semeru juga banyak memiliki cerita misteri, hal ini juga ikut dibenarkan oleh beberapa pendaki gunung yang mengalami langsung kejadian mistis di gunung ini. Lantas, kisah misteri apa saja yang ada di gunung Semeru? berikut ulasannya

1. Kisah Misteri Gunung Semeru tentang Hantu Wanita di Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo adalah sebuah danau seluas 15 hektar yang berada di kaki gunung Semeru. Di sekitar area danau ini sering dijadikan tempat beristirahat para pendaki sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak gunung Semeru yaitu puncak mahameru.

Nah, di danau ini terkenal dengan cerita tentang penampakan hantu wanita, dimana banyak kisah pendaki yang berkemah disini mengaku melihat sosok hantu wanita tersebut di tengah danau Ranu Kumbolo.

Biasanya, sosok hantu wanita tersebut, sering penampakan dirinya pada malam hari, dimana penampakan tersebut sering muncul seperti kabut tebal, kemudian berkumpul jadi satu hingga menjadi sosok hantu wanita tersebut.

2. Kisah Misteri Gunung Semeru tentang Ikan Mas di Ranu Kumbolo

Selain kisah penampakan sosok hantu wanita, di danau Ranu Kumbolo, juga ada cerita tentang ikan mas yang tidak diketahui asal usulnya. Ikan mas tersebut dipercaya masyarakat di sekitar gunung Semeru sebagai jelmaan para dayang penunggu danau tersebut.

Makanya, di danau tersebut, ada sebuah larangan atau pantangan yang tidak boleh dilanggar yaitu tidak boleh menangkap ikan di danau Ranu Kumbolo. Apabila dilanggar, maka bersiaplah hal-hal gaib menimpamu.

3. Kisah Misteri Gunung Semeru di Arcopodo

Arcopodo adalah sebuah tempat di gunung Semeru yang berupa daerah lapang setelah melewati hutan. Selain itu, Arcopodo juga merupakan pos terakhir sebelum pendakian menuju ke puncak gunung Semeru yaitu puncak mahameru.

Jalur ini memang dikenal sebagai jalur yang cukup horor, dimana di tempat ini, konon ada sebuah arca kembar yang sangat misterius yang dibangun oleh pasukan kerajaan majapahit. Tapi arca tersebut tidak bisa dilihat sembarangan orang.

Dan apabila ada yang bisa melihat, penampakannya pun memiliki beberapa versi, ada yang mengatakan arca tersebut berupa patung anak kecil, tapi ada juga yang menyebutkan kalau arca tersebut berupa patung raksasa sehingga bisa terlihat dari jauh.

4. Kisah Misteri Gunung Semeru di Kelik

Kelik adalah sebuah tempat di gunung Semeru, dimana beberapa batu in memoriam di tempatkan. Batu in memoriam ini adalah penanda orang-orang yang meninggal di gunung Semeru, salah satunya adalah batu in memoriam Soe Hok Gie juga diletakan disini.

Tapi ada satu hal yang membuat tempat ini menjadi menakutkan yaitu banyak sekali pendaki yang kesurupan di tempat ini. Selain itu, di sekitar tempat ini juga ada beberapa kasus pendaki yang terjatuh, tersesat, hingga hilang.

5. Kisah Misteri Gunung Semeru di Blank 75

Blank 75 adalah sebuah tempat yang akan dilewati setiap pendaki yang ingin ke puncak Mahameru maupun saat turun dari puncak tersebut. Nama Blank 75 sering dikaitkan dengan para pendaki yang hilang saat pendakian menuju puncak.

Tapi, terlepas dengan hal yang berbau mistis, kawasan Blank 75 ini juga memang dipenuhi jurang yang cukup curam yaitu rata-rata 75 meter kedalam. Sampai saat ini, kawasan ini sudah cukup banyak memakan korban.

Nah, itulah beberapa kisah misteri Gunung Semeru. Gunung ini memang salah satu gunung di Indonesia yang banyak sekali menyimpan hal-hal yang berbau mistis. Kamu percaya?

Baca Juga: Kisah Misteri Gunung Merapi: 7 Kisah Ini Pasti Membuatmu Takut Sampai Merinding! Hii!!

Loading...

Add Comment