3 Versi Cerita Misteri Lagu Nina Bobo Yang Menyeramkan

Like Fan Page @wowasiknyacom
Misteri Lagu Nina Bobo

Misteri Lagu Nina Bobo

Siapa yang tidak tahu dengan lagu ” Nina Bobo “. Lagu ini sangat melegenda, khususnya di Indonesia. Sebab para orangtua di Indonesia sering menyanyikan lagu nina bobo ini untuk menidurkan anak mereka yang masih kecil.

Sekilas lagu ini terdengar biasa saja, dengan liriknya yang sederhana dan mudah diingat. Selain itu, liriknya juga tidak ditemukan kalimat-kalimat janggal yang mengarah ke hal-hal yang berbau mistis atau hal gaib lainnya.

Tapi tahukah kamu, ternyata lagu nina bobo ini memiliki sejarah yang cukup menyeramkan. Ada beberapa versi tentang cerita asal usul misteri lagu nina bobo yang cukup menyeramkan. Seperti apa ceritanya? berikut ulasannya

1. Cerita Misteri Lagu Nina Bobo Versi Helenina

Versi pertama bermula dari sebuah keluarga kecil yang mempunyai seorang anak kecil bernama Helenina yang biasa dipanggil Nina. Dia berdarah campuran antara Belanda dan Jawa, dimana ayahnya adalah orang Belanda asli dan Ibunya berdarah Jawa.

Diketahui bahwa Nina ini sering mengalami kesulitan tidur, maka ibunya yang bernama Mustika sering bersenandung setiap malam untuk menidurkan anaknya. Sampai akhirnya Nina sangat ketergantungan dengan senandung ini.

Kemudian, atas saran dari ayahnya yang bernama Van Rodjnik untuk membuatkan lirik senandung tersebut. Lirik lagunya sama dengan yang kita ketahui selama ini yaitu ” Nina bobo oooh Nina Bobo, kalau tidak bobo digigit nyamuk “.

Hampir setiap malam ibunya menyanyikan lagu tersebut untuk menidurkan Nina. Sampai akhirnya Nina mengalami sakit yang sangat parah dan kemudian meninggal dunia pada usianya menginjak 6 tahun.

Pada satu waktu Van Rodjnik mendapati Mustika menyanyikan lagu ini, kemudian Mustika bercerita kalau dia selalu mendengar Nina menangis minta dinyanyikan lagu ” Nina Bobo “. Makanya Mustika selalu menyanyikan lagu tersebut setiap malam sampai akhirnya dia meninggal dunia.

Setelah Mustika meninggal dunia, kini giliran sang ayah yaitu Van Rodjnik yang dihantui oleh anaknya yang meminta untuk dinyanyikan lagu tersebut. Hal ini membuat Van Rodjnik sedikit terganggu dan mau tidak mau harus menyanyikan lagu tersebut berulang-ulang sampai akhirnya dia meninggal dunia.

Konon katanya, kalau kita menyanyikan lagu ” Nina Bobo “ ini untuk menidurkan anak kecil, maka arwah Nina akan datang untuk menjaga anak kecil tersebut selama dia tertidur.

Baca juga: Inilah 7 Lagu Seram Yang Bisa Membuat Merinding Ketakutan

2. Cerita Misteri Lagu Nina Bobo Versi Nina Mijk

Versi lainnya tentang asal usul lagu ” Nina Bobo “ yaitu berasal dari seorang gadis Belanda yang bernama Nina Mijk. Dia berasal dari keluarga musisi asal Belanda yang ingin mengembangkan kariernya di Indonesia.

Pada suatu malam disaat hujan yang juga disertai petir yang sangat hebat, tiba-tiba Nina menjerit-jerit, badannya seperti melipat lentur, dan mengeluarkan kata-kata mengumpat seperti orang yang sedang kesurupan.

Kejadian yang sangat mengerikan ini terjadi hampir setiap malam. Seluruh keluarga sangat kebinggungan dan ibunya sangat sedih melihat anaknya tersebut karena harus diikat dan dipasung agar dia tidak melukai dirinya sendiri.

Melihat kejadian-kejadian yang diluar logika ini, akhirnya ayahnya meninggalkan Nina dan Ibunya kembali ke negaranya dan parahnya lagi, tidak lama kemudian satu persatu para pembantu juga ikut pergi karena ketakutan. Sampai akhirnya hanya ada Nina dan Ibunya di rumah yang sudah tidak terurus lagi.

Pada suatu malam, Nina tidak menjerit-jerit lagi, karena penasaran, ibunya mengintipnya dan melihat Nina duduk di atas kasur sambil menangis. Malam itu, ibunya melihat seperti melihat Nina yang sesungguhnya.

Kemudian ibunya masuk dan memeluk Nina yang sedang menangis, Nina pun meminta ibunya menyanyikan lagu pengantar tidur karena katanya dia sudah lelah. Dengan diikuti lagu dan lirik ” Nina bobo oooh Nina Bobo, kalau tidak bobo digigit nyamuk “ Nina pun tertidur dan tidak pernah terbangun lagi.

3. Cerita Misteri Lagu Nina Bobo Versi Wikipedia

Versi terakhir bersumber dari halaman Wikipedia, yang menyebutkan kalau lagu ” Nina Bobo “ ini memang aslinya berasal dari Indonesia, dimana kata ” Nina Bobo “ mempunyai makna kata kerja ” Meninabobokan “ artinya lagu pengantar tidur.

Lagu ini juga tidak mengacu pada sebuah nama ” Nina “ melainkan mengacu pada kata ” Bobo “ yang berasal dari bahasa China yang artinya tidur. Selain itu, lagu ini cukup populer di Belanda sana, karena dinyanyikan oleh Anneke Gronloh dan Wieteke Van Dort tapi pakai bahasa Belanda tentunya.

Berikut liriknya

Slaap meisje, oh slaap, meisje
als je niet gaat slapen, zul je door een mug gestoken worden.
Laten we gaan slapen, oh lief meisje,
als je niet gaat slapen, zul je door een mug gestoken worden.

Artinya :

tidurlah gadis, oh tidur, gadis
jika kamu tidak segera tidur, kamu akan digigit nyamuk
tidurlah tidur, oh gadis manis
jika kamu tidak segera tidur, kamu akan digigit nyamuk

Nah, itulah beberapa versi cerita asal usul misteri lagu nina bobo yang sangat melegenda di Indonesia. Memang menyeramkan setelah tau asal usulnya, tapi ada baiknya ambil sisi positifnya saja karena cerita ini masih berupa mitos belaka.

Baca juga: Pernah Kamu Mendengar 6 Suara Misterius Dalam Lagu Populer Ini?

Loading...

Add Comment