5 Mitos Kebun Raya Bogor Yang Justru Menarik Minat Banyak Wisatawan

Kebun Raya Bogor adalah penghasil oksigen terbesar di Jabodetabek yang cukup efektif dalam menekan emisi karbondioksida hasil dari jutaan kendaraan bermotor yang ada di wilayah Jabodetabek.

Kalau kita berkunjung ke Kebun Raya Bogor, seolah-olah kita berada di tempat yang bukan seperti negeri sendiri, sebab di tempat wisata ini banyak sekali wisatawan asing dari berbagai negara berkunjung ke tempat ini.

Salah satu daya tarik dari tempat ini yaitu beredar beberapa mitos seperti Pohon Jodoh yang konon katanya bisa membuat hubungan cinta awet. Selain Pohon Jodoh, ada mitos lain yang cukup menarik minat wisatawan datang ke tempat ini. Lantas, apa saja mitosnya? berikut ulasannya

1. Jembatan Merah Bisa Membuat Putus Cinta

Mitos Kebun Raya Bogor

Jembatan Merah via keepo.me

Mitos Kebun Raya Bogor yang pertama adalah Jembatan Merah yang konon katanya bisa membuat pasangan kekasih yang berani melewati akan berakhir cintanya, makanya bagi pasangan kekasih yang percaya dengan mitos ini tidak akan berani melewatinya.

Kabarnya, sudah banyak cerita sepasang kekasih yang akhirnya berpisah setelah melewati jembat bercat merah yang berada di atas Sungau Ciliwung ini. Makanya kalau berkunjung ke Kebun Raya Bogor, Khususnya di Jembatan Merah ini tidak dianjurkan bersama pasangan.

Sejauh ini, belum diketahui kapan pertama kali mitos ini muncul, tapi yang pasti saat jaman perjajahan Belanda, di sungai dan jembatan ini dipenuhi dengan mayat-mayat para pejuang yang mati memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

2. Pohon Jodoh Yang Bisa Membuat Hubungan Cinta Jadi Awet

Salah satu daya tarik dari Kebun Raya Bogor yaitu Bunga Titan Arum atau bunga Bangkai (Amorphophallus titanum), tapi selain bunga Bangkai tersebut, di tempat wisata ini ada sepasang pohon yang disebut Pohon Jodoh.

Pohon Jodoh ini adalah salah satu mitos Kebun Raya Bogor yang lumayan populer dikalangan wisatawan yang pernah berkunjung kesana, dimana konon katanya pohon ini bisa membuat hubungan cinta jadi awet.

Kalau dilihat secara sekilas, memang sepasang pohon ini memang serasi sekali, makanya banyak wisatawan yang menyebutnya lambang cinta dari Bogor. Uniknya, ternyata kedua pohon bukan dari jenis yang sama.

Karena perbedaan jenis inilah, banyak orang yang menganggapnya sebagai sepasang pengantin, sampai akhirnya berkembang mitos siapa saja yang duduk dibawahnya bersama pasangannya maka hubungan cinta mereka awet sampai kepernikahan.

Baca juga: Horor dan Menyeramkan, Inilah 7 Tempat Angker di Bogor

3. Di Makam Ratu Galuh Mangku Alam, Konon Katanya di Jaga Oleh Sosok Harimau

Mitos Kebun Raya Bogor

Makam Ratu Galuh Mangku Alam via mauryanusantara.blogspot.co.id

Di Kebun Raya Bogor ada sebuah makan yang dikeramatkan yaitu makam Ratu Galuh Mangku Alam, beliau adalah istri Prabu Siliwangi, dimana kabarnya, makam ini sudah ada sejak 600 tahun yang lalu.

Nah, inilah mitos Kebun Raya Bogor selanjutnya yang berhubungan dengan makam kramat ini yaitu konon katanya makam Ratu Galuh Mangku Alam dijaga oleh sosok seekor harimau yang konon katanya juga jelmaan Prabu Siliwangi.

Selain makam Ratu Galuh Mangku Alam, di Kebun Raya Bogor juga terdapat makam lainnya yaitu makam Mbah Jepra yang dulunya merupakan panglima kerajaan Pajajaran dan makam makam Senopati Mbah Baul.

4. Danau Gunting

Mitos Kebun Raya Bogor

Danau Gunting via raun2nomaden.wordpress.com

Seperti tempat lainnya yang ada di Kebun Raya Bogor, Danau Gunting juga tidak bisa lepas dengan yang namanya mitos, salah satunya yang sering dibicarakan adalah penampakan sosok hitam dan besar di area danau tersebut.

Mitos Kebun Raya Bogor lainnya yang masih berhubungan dengan Danau Gunting yaitu sering juga terjadi penampakan sosok Noni Belanda di pulau kecil yang ada di tengah danau tersebut. Di duga itu adalah sosok Olivia Mariamne Devenish yang monumennya tidak jauh dari danau tersebut.

5. Komplek Bekas Perumahan Belanda

Mitos Kebun Raya Bogor

Komplek Bekas Perumahan Belanda via blognyawongbojong.blogspot.co.id

Di bagian belakang ujung pintu gerbang, ada jalur setapak yang tidak hanya menyuguhkan pemandangan pepohonan yang rindang, tapi kamu juga bisa menemuan sebuah komplek bekas perumahan Belanda yang tidak berpenghuni.

Selain perumahan tersebut, di tempat ini berderet juga pemakaman kuno, makanya di tempat ini sangat jarang dilewati karena dikenal angker karena katanya beberapa pengunjung pernah melihat penampakan sosok noni-noni Belanda di area pemakaman ini. Hii

Nah, itulah beberapa mitos Kebun Raya Bogor yang justru menarik minat banyak wisatawan. Mitos tinggal mitos, semuanya kembali lagi kepada kepercayaan kita masing-masing, mau percaya boleh, tidak percaya juga tidak dilarang.

Baca juga: 20 Mitos Jawa Yang Kalau di Pikir-pikir, Ternyata Masuk Akal

Loading...

Add Comment