10 Mitos Kehamilan Yang Masih Dipercaya di Berbagai Negara

Kehamilan adalah proses yang paling ditunggu oleh banyak wanita di dunia. Karena hal ini merupakan salah satu proses, dimana mereka akan menjadi wanita yang sesungguhnya yaitu menjadi seorang ibu.

Tentunya, proses kehamilan sampai melahirkan memiliki beberapa pantangan, anjuran, bahkan mitos yang tidak boleh di langgar, yang apabila diabaikan, maka sesuatu hal akan terjadi, entah itu hal yang baik maupun hal buruk.

Mitos kehamilan seperti ini tidak hanya ada di Indonesia, di setiap negara pun mempunyainya. Walaupun begitu, tidak semua mitos kehamilan berdampak buruk, tapi ada juga yang demi kebaikan sang ibu dan calon bayinya. Lantas, seperti apa mitosnya? berikut ulasannya

1. Dilarang Memakan Makanan Pedas Dan Asin – Jepang

Wanita Jepang yang sedang hamil, dilarang memakan makanan yang pedas dan asin. Masyarakat Jepang juga melarang ibu hamil memakan ikan mentah, sehingga saat hamil, para calon ibu di Jepang hanya memakan makanan yang direbus.

Mitos kehamilan lainnya yang di Jepang yaitu ibu hamil tidak diperbolehkan melihat api, karena menurut orang jepang hal ini untuk menghindari bekas/tanda kelahiran pada tubuh bayi.

2. Wanita Hamil Tidak Boleh Memegang Perut Wanita Hamil lainnya – Mongolia

Di Mongolia, ada mitos kehamilan yang unik seperti di film-film supernatural ala Hollywood, dimana wanita hamil tidak diperbolehkan memegang perut wanita hamil lainnya. Mereka percaya bahwa jenis kelamin bayi bisa tertukar.

Disana juga, saat bayi masih berumur tiga bulan sampai satu tahun, para orangtua dilarang secara langsung mengatakan jenis kelamin sang bayi. Karena, menurut mereka, saat orangtua mengatakan jenis kelamin bayinya, hal ini bisa membuat bayinya akan diganggu oleh roh jahat yang kebingungan.

3. Dilarang Menghadiri Upacara Kematian – Kenya

Di Kenya, tepatnya di kalangan suku Akambla, melarang keras para wanita hamil menghadari upacara kematian. Mereka percaya bahwa wanita hamil tidak boleh melihat mayat orang yang meninggal, karena bayi bisa melihat roh yang dapat membahayakan kehamilan.

Disaat sedang hamil, orangtua si bayi juga dilarang melakukan hubungan badan, mereka percaya hal ini bisa menyebabkan bayi akan terlahir cacat.

4. Wanita Hamil Dlarang Mendekati dan Mengunakan Lem – China

Di China, wanita yang sedang hamil dilarang mendekati dan mengunakan lem. Mereka percaya bisa memyebabkan komplikasi pada saat persalinan. Mitos lainnya, wanita hamil disana juga tidak diperbolehkan mengunting kuku, dipercaya bisa membuat calon bayi cacat.

5. Tidak Boleh Keluar Rumah Selama Sembilan Bulan – Guatemala

Di Guatemala, khusus keturunan suku Maya, wanita yang sedang hamil dilarang keluar rumah selama sembilan bulan, mereka percaya wanita hamil gampang terkena penyakit, gangguan roh jahat, atau niat jahat orang lainnya.

Baca juga: 5 Mitos Kebun Raya Bogor Yang Justru Menarik Minat Banyak Wisatawan

6. Memberi Tahu Kabar Kehamilan – Italia

Di Italia, saat wanita menyadari dirinya sedang hamil, maka kabar kehamilan tersebut tidak boleh ditutup-tutupi dan harus diberitahukan kepada orang lain. Karena, menurut kepercayaan masyarakat setempat bayi akan sulit berbicara.

7. Wanita Hamil Harus Menjauhi Hewan Peliharaan – Portugal

Di Portugal, ada kepercayaan kalau hewan peliharaan seperti anjing, kucing dan lainnya harus dijauhi oleh wanita hamil, jika diabaikan, mereka percaya bahwa bayinya kelak akan lahir dengan kondisi yang banyak bulu di badannya.

Mitos lainnya, masyarakat disana sering menghubungkan jenis kelamin bayi dengan sayuran dan buahan. Bila ingin mendapatkan anak perempuan, wanita hamil harus memakan buah dan sayuran berbentuk bulat dan bila ingin mendapatkan anak laki-laki, wanita hamil dianjurkan memakan buah dan sayuran berbentuk lonjong.

8. Dilarang Memakan Makanan Asam – Srilangka

Di Indonesia, umumnya wanita hamil sering ingin memakan buah-buahan yang asam, tapi berbeda dengan wanita hamil di Srilangka, dimana ibu hamil disana dilarang memakan makanan yang asam paling tidak tiga bulan pertama selama masa kehamilan, karena mereka percaya hal ini bisa membuat wanita tersebut keguguran.

9. Dilarang Melihat Bulan Sabit – Meksiko

Di Meksiko, terutama mereka yang dari keturunan suku Aztec, melarang wanita hamil melihat bulan sabit, mereka percaya bahwa kelak bayi bisa terlahir dengan bibir sumbing. Karena mereka beralasan bulat sabit itu terjadi akibat bulan sedang digigit roh.

10. Wajib Berdoa Di Hari Pernikahan Mereka Agar Turun Hujan Lebat – Malta

Para wanita di Malta, wajib berdoa di hari pernikahan mereka, semoga turun hujan lebat, karena hal ini dipercaya akan membawa kemudahan saat menjalani proses melahirkan kelak. Hal ini pula lah yang mendasari, banyak orang dari negara Malta merencanakan hari pernikahan saat bintang meramalkan musim hujan akan segera tiba.

Baca juga: 20 Mitos Jawa Yang Kalau di Pikir-pikir, Ternyata Masuk Akal

Loading...

Add Comment