Memilih Modem Wifi Portable

Perkembangan teknologi semakin memudahkan manusia dalam melakukan aktivitasnya. Internet kini semakin mudah digunakan dimana saja dan dengan berbagai cara. Tentu sebelumnya kita sudah sering mendengar kata Wifi. Ya, Wifi adalah singkatan dari wireless fiderity yang merupakan pengembangan dari teknologi jaringan nirkabel yang sudah banyak digunakan saat ini.

Mengenal WIfi

Tanpa Operasi Plastik, Inilah 10 Pria Tercantik Di Dunia

Sebelumnya, wifi biasanya digunakan untuk penggunaan perangkat nirkabel dan jaringan area lokal (LAN). Tetapi seiring berkembangnya teknologi, Wifi lebih banyak digunakan untuk mengakses internet. Cara kerjanya hampir sama dengan ponsel, yakni menggunakan gelombang radio untuk mengirim informasi melalui jaringan. Untuk penggunaan internet, wifi memerlukan titik akses, yang dikenal dengan istilah yang hotspot menghubungkan dan mengontrol pengguna wifi dengan jaringan internet pusat. Kelebihan dari menggunakan wifi sebagai perangkat teknologi adalah kita tidak perlu memikirkan kabel yang menghubungkannya ke hotspot, jadi lebih portable. Selain itu, jika kita masih dalam wilayah jangkauan hotspot, akses transfer data pun bisa berlangsung lebih cepat.

Manfaat Wifi

Selain itu mengakses internet, ada beberapa fungsi dari wifi yang lainnya. Mungkin beberapa dari kita, ada yang belum mengetahuinya. Untuk itu, silakan simak penjelasan berikut, yakni tentang manfaat wifi :

1. Untuk Pengaman

Aplikasi tertentu seperti find my iPhone menggunakan wifi untuk membantu mencari iphone yang lupa dimana meletakkannya. Bagi pengguna ponsel selain iPhone, Anda bisa menggunakan aplikasi Prey dimana bisa melacak HP melalui laptop atau komputer ketika HP dicuri.

2. Untuk Router Nirkabel

Terdapat sebuah aplikasi yang disebut PdaNet yang memiliki kemampuan untuk mengubah android ke router wifi yang sangat bermanfaat sekali untuk penggunaan pc.

3. Share File

Anda dapat menggunakan wi-fi untuk men-share foto, video, file, dan yang lainnya dengan menggunakan penyedia file penyimpanan online seperti dropbox. Dan keungulannya, metode ini lebih aman daripada share folder.

4. Streaming film ke TV

Bahkan Anda bisa menggunakan wifi untuk streaming film ke TV. Wi-fi mampu menyediakan hiburan bagi rumah masa depan Anda.

5. Sinkronisasi Telpon tanpa USB

Yang mungkin sudah sering dimanfaatkan beberapa orang adalah memanfaatkan wifi untuk sinkronisasi telepon tanpa USB. Dengan menggunakan sebuah aplikasi, kita dapat membuat HP kita tersambung dengan laptop.

Sebagai pelengkap dari wifi, kita membutuhkan modem atau router untuk memudahkan koneksi internet. Nah, apakah keduanya itu sama? Itulah selanjutnya yang akan kita bahas di bawah ini. Modem dan router adalah perangkat yang berbeda, tetapi fungsinya memang hampir sama untuk menghubungkan PC dengan internet.

Router

Router adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer sehingga bisa terkoneksi dengan internet. Jika menggunakan router, akses internet ke LAN jadi lebih mudah, tetapi router tidak selamanya menyediakan akses menuju internet. Untuk menghubungkan router ke internet dibutuhkan modem.

Modem

Dengan modem, Anda bisa mudah terkoneksi dengan internet. Anda bisa membawa laptop atau notebook ke mana saja kemudian mengakses internet dengan mudah menggunakan modem.

Lalu, apa bedanya modem dengan router ya? Simak penjeleasan berikut ini :

  1. Modem memiliki layer berjumlah dua, sedangkan router memiliki layer dengan jumlah tiga.
  2. Modem adalah perangkat internet networking sedangkan router adalah perangkat networking.
  3. Modem hanya bisa mengirimkan dan menerima data melalui sambungan telepon sedangkan router berfungsi untuk mengarahkan data menuju jaringan.
  4. Modem hanya bisa digunakan untuk berkoneksi dengan satu atau dua komputer dan laptop yang menggunakan software atau OS. Sedangkan untuk router bisa terhubung dengan beberapa unit PC melalui Wifi.
  5. Modem membutuhkan koneksi internet tetapi router tidak membutuhkan koneksi internet.
  6. Modem tak memiliki sistem keamanan atau network security tetapi router memiliki security atau keamanan.

Modem Wifi Portable

Dengan keunggulan masing-masing yang ditawarkan, ternyata inovasi pun semakin berkembang, hingga kini sudah hadir modem wifi. Modem wifi memiliki kemampuan untuk menghubungkan jaringan LAN menjadi wareless LAN (LAN tanpa kabel). Biasanya perangkat ini digunakan untuk membagi koneksi internet dari perangkat modem internet. Baca juga: Modem Mifi 4G Murah

Dan penemuan terbaru yang paling canggih, praktis dan efisien adalah pengembangan modem wifi portable. Jadi, jika semua port usb pada laptop Anda sudah terisi semua, padahal Anda membutuhkan koneksi juga dengan internet, modem wifi portable bisa menjadi alternatif solusinya. Tak perlu repot memasang ekstension port, dengan alat ini Anda bisa terhubung dengan internet tanpa harus colok ke laptop. Selain itu, perangkat ini juga bisa digunakan di mana saja karena bentuknya yang portable, bahkan ada salah satu jenis yang bisa masuk kantong. Apa saja keunggulan lain dari modem wifi portable ini? Berikut jawabannya untuk Anda.

Keunggulan Modem Wifi Portable

1. Desain dan Ukuran

Modem wifi portable memiliki desain mode yang super kecil dan portable sehingga bisa digunakan di mana saja, bahkan saat Anda berpergian dan tak bisa menyalakan laptop. Saat digunakan di meja kerja pun Anda tidak perlu repot mempersiapkan extension port yang malah nantinya akan memenuhi meja kerja Anda dengan kabel-kabel yang saling terhubung. Cukup letakkan perangkat ini di meja Anda, dan Anda bisa langsung terhubung ke internet.

2. Plug and Play

Anda bisa menggunakan alat ini dengan mudah sekali. Tak perlu repot dengan pengaturan konfigurasi seperti modem biasanya. Tak harus juga menginstall CD driver pada laptop Anda. Cara penggunaannya tinggal nyalakan modem ini kemudian tunggu beberapa saat hingga SSID terdeteksi dan tersambungkan. Setelah itu semua, modem wifi portable siap untuk digunakan.

3. Bisa digunakan banyak gadget

Dengan alat ini, Anda bisa berbagi koneksi internet dengan pengguna lain dalam waktu yang bersamaan. Modem jenis ini mempunyai kemampuan berbagi koneksi hingga 8 perangkat gadget yang lain. Jadi, dimanapun Anda berada, Anda bisa menciptakan sendiri wifi Anda dengan mudah dan koneksi yang cukup stabil.

4. Support berbagai sistem operasi

Modem wifi dapat dipakai pada berbagai sitem operasi, baik windows, mac, ataupun linux.

5. Tahan lama

Selain itu, Anda juga tidak perlu takut perangkat ini cepat panas, karena modem wifi tidak akan cepat panas meskipun digunakan dalam waktu yang lama. Mengusung baterai jenis lithium ion 1800 mAh, maka soal performa, sudah dipercaya bandel tahan lama. Tentu lebih menguntungkan menggunakan modem wifi daripada android Anda yang dijadikan wifi, karena akan boros baterainya.

7. Keamanan terjamin

Anda yang ingin membuat wifi sendiri dengan modem ini tak perlu khawatir akan dicuri jaringannya, karena security key dari wifi tersebut hanya bisa tampil di layar modem Anda. Jadi, untuk urusan keamanan akan terjamin sebab cuma Anda yang mengetahui passwordnya.

Jadi bagaimana ? Apakah Anda tidak tertarik untuk menggunakan modem wifi portable? Dengan segala keuntungan yang ditawarkan, Anda tentu akan memperoleh banyak kemudahan.

Loading...

Add Comment