5 Fakta Mumi Juanita, Mumi Paling Utuh Di Dunia

Mumi Juanita

Mumi Juanita via wikipedia.org

Mumi Juanita atau dalam bahasa spanyol disebut Momia Juanita merupakan jasad beku seorang gadis dari suku Inca yang diperkirakan berumur antara 12 sampai 14 tahun dan meninggal antara tahun 1440 sampai 1450.

Mumi yang diperkirakan berumur 500 tahun ini, ditemukan oleh seorang antropolog Johan Reinhard dan mitra pendakinya, Miguel Zarate di Gunung Ampato (bagian pegunungan Andes) di selatan Peru pada tahun 1995.

Selain dianggap sebagai penemuan mumi paling terjaga kondisinya dibanding penemuan mumi lainnya, ternyata mumi Juanita juga memiliki fakta lainnya yang menarik untuk kita ketahui. Apa saja faktanya? berikut ulasannya

1. The Ice Maiden ( Perawan Es )

Mumi yang pertama kali ditemukan pada tanggal 8 September 1995 ini, dikenal juga dengan nama “The Ice Maiden” yang artinya Perawan Es, sebab mumi ini ditemukan dalam keadaan membeku dan diperkirakan meninggal ketika masih remaja yaitu berusia antara 12 sampai 14 tahun.

2. Tumbal Suku Inca

Suku Inca di jaman dulu, dikenal suka memberi tumbal persembahan kepada dewa-dewi mereka, nah Mumi Juanita ini merupakan salah satu korbannya. Dia terpilih untuk dikorbankan supaya penduduk suku Inca mendapat suplay air dari dewa Ampato.

Kenapa anak-anak yang harus jadi korban? karena, menurut beberapa sumber, di jaman dulu di kalangan suku Inca, anak-anak dianggap sebagai makhluk murni, belum ternoda, benar-benar bersih, maka layak dijadikan korban persembahan untuk dewa mereka.

3. Sebelum Dikorbankan, Diberi Makan Hingga Gemuk

Ahli dari National Geographic Explorer-in-Residence, Johan Reinhard mengatakan, tubuh Mumi Juanita adalah yang paling terjaga dari semua penemuan mumi lainnya yang pernah ditemukan di dunia.

Para ahli juga menyakini korban meninggal beberapa minggu sebelumnya, ini membuktikan bahwa suku Inca telah memberi makan yang enak dan tubuhnya dibuat gemuk sebelum dijadikan korban untuk para dewa mereka.

4. Dianggap Sebagai Penemuan Terpenting Terbaru Oleh Majalah Time

Karena kondisi mumi yang tetap utuh setelah 500 tahun, oleh majalah Time, dipilih sebagai salah satu penemuan terpenting terbaru pada tahun 1995. Bahkan mumi ini juga pernah dibawa keliling Amerika Serikat pada tahun 1996 dan Jepang pada tahun 1999 sebelum dikembalikan lagi ke Peru.

5. Tetap Utuh Meski Sudah Berusia 500 Tahun

Seperti yang dibahas sebelum, bahwa mumi Juanita ini merupakan yang paling terjaga keawetannya dari semua penemuan mumi lainnya, bahkan pakaian yang dikenakan seperti baju, sepatu dan lainnya pun masih terjaga kondisinya meskipun para ahli menyakini bahwa mumi ini sudah berusia seiktar 500 tahun.

Baca juga: 10 Tokoh Wayang Perempuan yang Konon Katanya Sangat Cantik

Loading...

Add Comment