Bikin Ngakak! Inilah 15 Nama Desa Unik Yang Ada di Indonesia!!

Like Fan Page @wowasiknyacom

Nama adalah kata untuk memanggil orang atau menyebut tempat, barang, hewan, dan sebagainya. Umumnya, cara penyusunan kata dalam sebuah nama tersebut, banyak dipengaruhi oleh budaya dan bahasa penduduk setempat.

Makanya, sering kita mendengar sebuah nama yang asing tapi terdengar unik, aneh, dan lucu ditelinga kita. Seperti nama tempat yang diambil dari ciri khas daerah tersebut, nama pahlawan, atau nama orang yang menemukan tempat tersebut.

Tapi, sedikit berbeda dengan beberapa nama desa yang ada di Indonesia ini. Dimana, nama desa tersebut pasti bisa membuatmu ingin tertawa ketika mendengarnya. Lantas, apa saja nama desa unik di Indonesia tersebut? berikut ulasannya

1. Desa Kasmaran di Sumatera Selatan

Nama Desa Unik

esa Kasmaran di Sumatera Selatan via referensi.data.kemdikbud.go.id

Ketika ditanya kepada warganya, kenapa nama kampung mereka dinamai desa Kasmaran? Tidak ada satupun warga disana yang bisa menjawabnya. Tapi yang jelas, desa yang masuk wilayah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan ini, dulunya adalah perkampungan transmigrasi dari Jawa, kemudian mereka menamainya desa Kasmaran.

2. Desa Kandang Sapi di Jawa Tengah

Nama Desa Unik

Desa Kandang Sapi di Jawa Tengah via annunaki.me

Nama desa unik di Indonesia selanjutnya yaitu desa Kandang Sapi. Desa ini berada di kecamatan Jenar, Sragen, Jawa Tengah. Katanya, nama desa ini merupakan gambaran dari mata pencaharian para warganya yang kebanyakan memelihara sapi.

3. Desa Tutup di Jawa Tengah

Nama Desa Unik

Desa Tutup di Jawa Tengah via wikimapia.org

Selain desa Kandang Sapi, ada satu lagi nama desa di Jawa Tengah yang cukup mengelitik di telinga bila didengar yaitu desa Tutup. Desa Tutup ini termasuk salah satu desa di kecamatan Tunjungan, kabupaten Blora, Jawa Tengah.

4. Desa Kebocoran di Jawa Tengah

Nama Desa Unik

Desa Kebocoran di Jawa Tengah via buletinzahabat.wordpress.com

Satu lagi nama desa unik yang juga ada di Jawa Tengah selain desa Kandang Sapi dan desa Tutup yaitu desa Kebocoran. Desa Kebocoran ini merupakan salah satu desa di kecamatan Kedung Banteng, kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

5. Desa Semut di Pekalongan

Nama Desa Unik

Desa Semut di Pekalongan via desasemut.wordpress.com

Di kabupaten Pekalongan, atau lebih tepat di kecamatan Wonokerto juga ada nama desa yang unik yaitu desa Semut. Lokasi desa ini sangat dekat dengan pantai, jadi kalau main kesini, harus siap kena angin laut.

6. Dusun Koplak di Sleman

Nama Desa Unik

Dusun Koplak di Sleman via baltyra.com

Kalau yang ini bukan desa, tapi masih berbentuk dusun yaitu dusun Koplak. Dusun ini berada di desa Umbulmartani, kecamatan Ngemplak, kabupaten Sleman. Di jagat maya, ada banyak orang yang mengunggah foto mereka saat berada di depan tembok tanda dusun ini.

7. Kecamatan Dukun di Jawa Timur

Nama Desa Unik

Kecamatan Dukun di Jawa Timur via masnukhan.blogspot.com

Di Jawa Timur juga ada, tapi bukan desa, melainkan sebuah kecamatan yaitu kecamatan Dukun. Kecamatan ini sangat terkenal sebagai daerah penghasil mangga gadung dan industri mukenah terbesar di Jawa Timur.

8. Desa Pocong di Jawa Timur

Nama Desa Unik

Desa Pocong di Jawa Timur via referensi.data.kemdikbud.go.id

Nama desa unik di Indonesia berikutnya yaitu desa Pocong. Desa ini juga berada di Jawa Timur, atau lebih tepatnya berada di kecamatan Tragah, kabupaten Bangkalan. Konon katanya, asal usul nama desa ini berdasarkan cerita jaman dulu, ada warga desa yang meninggal kemudian menjadi pocong dan menghantui desa ini.

9. Desa Timbun Tulang di Kalimantan Selatan

Nama Desa Unik

Desa Timbun Tulang di Kalimantan Selatan via referensi.data.kemdikbud.go.id

Dari namanya saja sudah bisa membuat bulu kuduk merinding, tapi desa ini benar-benar ada. Desa Timbun Tulang merupakan salah satu desa di kecamatan Batu Mandi, kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan.

10. Desa Siluman di Jawa Barat

Nama Desa Unik

Desa Siluman di Jawa Barat via pintuajaibkita.blogspot.co.id

Kalau nama desa Pocong dan desa Timbun Tulang kamu anggap kurang mengerikan, bagaimana dengan desa yang berada di Subang, Jawa Barat ini yaitu desa Siluman. Nama desa ini diambil dari nama sungai yaitu sungai Cisiluman.

11. Dusun Setan di Magelang

Nama Desa Unik

Dusun Setan di Magelang via tribunnews.com

Dusun Setan ini berada di desa Candiretno, kecamatan Secang, Magelang. Katanya, nama desa ini merupakan akronim dari kata ” Secang Wetan “. Nama desa unik ini menjadi viral di jagat maya setelah plang nama SD Negeri Setan menyebar di berbagai media sosial.

12. Dusun Toket di Madura

Nama Desa Unik

Dusun Toket di Madura via fadhlihsan.blogspot.co.id

Kalau nama dusun yang ini cukup vulgar yaitu dusun Toket. Dusun ini berada di kecamatan Proppo, kabupaten Pamekasan, Madura.

13. Desa Pacar Peluk di Jawa Timur

Nama Desa Unik

Desa Pacar Peluk di Jawa Timur via tekooo.com

Nama desa unik di Indonesia selanjutnya desa Pacar Peluk. Belum banyak informasi yang diketahui dari desa ini, tapi yang pasti, desa Pacar Peluk ini berada di kecamatan Megaluh, kabupaten Jombang, Jawa Timur.

14. Desa Cawet di Jawa Tengah

Nama Desa Unik

Desa Cawet di Jawa Tengah via awas-aja.com

Mungkin banyak orang yang akan senyum-senyum sendiri ketika mendengar nama desa Cawet ini, karena Cawet pada umumnya diartikan sebagai celana dalam. Tapi, bukan itu makna dan arti dari nama desa ini.

Berdasarkan sejarahnya, nama desa yang berada kecamatan Watukumpul, kabupaten Pemalang, Jawa Tengah ini berasal dari kata ” Cawitali “ yang merupakan nama seorang leluhur di desa ini atau salah satu orang pertama yang mendirikan desa ini.

15. Desa Golok di Jawa Tengah

Nama Desa Unik

Desa Golok di Jawa Tengah via cihuuy.com

Kalau mendengar kata ” Golok “ yang dipikiran kita pasti acara sembelih hewan dan sebagainya, tapi berbeda dengan di Jawa Tengah, lebih tepatnya di kecamatan Banyuurip, kabupaten Purworejo, disana ada nama desa unik yaitu desa Golok.

Nah, itukah beberapa nama desa unik yang ada di Indonesia. Terlepas dari nama desanya yang unik dan terdengar lucu ditelinga kita, kehidupan disana normal-normal saja, sama seperti kehidupan di daerah-daerah lainnya di Indonesia.

Perlu dicatat dab digarisbawahi bahwa, wowasiknya.com tidak ada maksud menghina nama tempat tersebut atau maksud lainnya, artikel ini semata-mata hanya ingin menunjukan bahwa ada begitu banyak nama-nama desa, daerah, atau tempat yang unik di negara kita ini.

Loading...

Add Comment