10 Negara Dengan Pulau Terbanyak, Ternyata Bukan Indonesia Yang No 1

Negara Dengan Pulau Terbanyak

Peta Republik Finlandia

Di dunia ini terdapat jutaan pulau yang menyebar di berbagai wilayah dengan karakteristik kontur dan beraneka ragam kekayaan yang dimilikinya, dimana sebagian pulau tersebut dihuni manusia, sedangkan sebagian lagi tidak berpenghuni.

Negara Indonesia sendiri termasuk salah satu daftar negara yang memiliki banyak pulau, bahkan sering disebut sebagai negara dengan pulau terbanyak di dunia, walaupun masih ada negara lain yang memiliki pulau lebih banyak dari Indonesia.

Negara itu adalah Finlandia, dimana diketahui memiliki 179.584 pulau, sedangkan negara Indonesia cuma memiliki 13.466 Pulau. Lantas, negara apa saja yang masuk daftar sepuluh negara dengan pulau terbanyak di dunia? berikut ulasannya

1. Republik Finlandia – 179.584 Pulau

Negara Finlandia dikenal sebagai negara yang memiliki ribuan danau dan pulau, dimana diketahui di negara tersebut ada 187.888 danau dan 179.584 pulau. Salah satu danaunya yaitu danau Saimaa, yang merupakan salah satu lima danau terbesar di eropa.

Sebagian besar pulau di Finladia berada di bagian barat daya, tepatnya di kepulau Aland dan sepanjang tepi pantai selatan di teluk Finlandia.

Selain itu, Finlandia juga termasuk salah satu negara yang selalu mengalami perluasan tanah yaitu 7 km setiap tahunnya. Hal ini disebabkan oleh pengangkatan isostatik yang telah terjadi sejak jaman es terakhir.

2. Indonesia – 13.466 Pulau

Indonesia memang sering disebut sebagai negara dengan pulau terbanyak di dunia, walaupun pada kenyataan Indonesia hanya menempati urutan ke dua sebagai negara dengan pulau terbanyak di dunia yaitu 13.466 Pulau.

Jumlah tersebut diketahui berdasarkan hasil survey geografi dan toponimi yang dilakukan oleh Tim Nasional Pembakuan Nama Rupabumi pada tahun 2007 sampai tahun 2010. Jumlah tersebut berdasarkan hasil dari inventarisasi, verifikasi nama pulau, dan penetapan koordinat tiap pulau.

Walaupun jumlah pulau Indonesia tersebut sudah dilaporkan ke pihak PBB, tapi sampai saat ini jumlah itu belum disahkan lewat peraturan pemerintah.

3. Filipina – 7107 Pulau

Selain Indonesia, negara di asia tenggara yang juga masuk daftar negara dengan pulau terbanyak di dunia yaitu Filipina dengan memiliki 7107 Pulau, dimana diketahui negara ini memang tidak jauh dari Indonesia yaitu berbatasan langsung disebelah utara Indonesia.

Selain masuh di daftar negara dengan pulau terbanyak, Filipina juga sering dianggap sebagai salah satu negara di asia tenggara yang memiliki pengaruh budaya barat yang sangat kuat.

4. Jepang – 6852 Pulau

Saat ini negara yang berjuluk “negeri matahari terbit” ini adalah satu-satunya negara asia industri terpenting di dunia, dimana negara ini dalam periode yang singkat bisa berubah menjadi negara yang maju dan modern setelah kalah dari sekutu saat perang dunia kedua.

Selain itu, negara Jepang juga termasuk salah satu negara dengan pulau terbanyak keempat di dunia, dimana diketahui negeri para samurai ini memiliki 6852 Pulau. Yang terbesar hanya 4 pulau yaitu pulau Hokkaido, Honshu. Shikoku, dan Kyushu.

5. Solomon – 992 Pulau

Negara Solomon atau Salomo merupakan sebuah kepulauan yang berada di samudra Pasifik selatan, tepatnya disebelah timur negara Papua Nugini dan merupakan negara bagian persemakmurannya. Negara ini terdiri dari 992 pulau yang membentuk wilayah secara keseluruhan seluas 28.450 km².

6. Fiji – 844 Pulau

Negara republik kepulauan Fiji merupakan sebuah negara kepulauan yang berada di selatan samudra pasifik. Negara kepulauan ini memiliki 322 pulau, dimana 106 diantaranya berpenghuni, selain itu terdapat juga 522 pulau kecil lainnya, yang kalau ditotal jadi 844 pulau.

Pulau terbesar di negara kepulauan ini yaitu pulau Viti Levu dan Vanua Levu, dimana hampir 82% penduduk negara itu ada di dua pulau besar ini. Sedangkan ibukotanya yaitu Suva berada dipulau Viti Levu.

7. Bahama – 700 Pulau

Negara Bahama merupakan sebuah negara persemakmuran yang terdiri atas sekitar 700 pulau di wilayah Karibia, Florida, Amerika Serikat.

8. Micronesia – 607 Pulau

Micronesia merupakan negara kepulauan yang berada di samudra pasifik, tepatnya disebelah timur negara Papua Nugini. Negara kepulauan yang secara bebas berasosiasi dengan negara Amerika Serikat ini memiliki 607 pulau dan dibagi jadi 4 negara bagian.

9. Palau – 250 Pulau

Negara kepulauan Palau ini juga salah satu negara kepulauan yang berada di samudra pasifik, tepatnya 200 km sebelah utara Papua Barat, 225 km sebelah timur Maluku Utara, dan 500 km sebelah timur negara Filipina.

Negara yang merdeka pada tahun 1994 ini memiliki sekitar 250 pulau, dimana 8 diantaranya merupakan pulau utama, sedangkan yang lainnya hanya merupakan pulau-pulau kecil.

10. Kerajaan Tonga – 176 Pulau

Negara dengan pulau terbanyak di dunia yang terakhir yaitu Tonga. Tonga merupakan sebuah negara berbentuk kerajaan yang juga salah satu negara kepulauan di samudra pasifik, dimana diketahui negara ini memiliki 176 pulau, 36 pulau diantaranya diketahui berpenghuni.

Baca juga: Inilah 15 Negara Pecahan Uni Soviet Yang Menarik Untuk Diketahui

Loading...

Add Comment