Luar Biasa, Inilah 11 Pasar Unik dan Aneh Yang Ada di Indonesia

Kalau selama ini kamu tahunya kalau pasar di Indonesia itu hanya sebuah tempat untuk melakukan transaksi jual beli seperti beras, sayuran, ikan, dan daging, berarti tingkat ke-Indonesia-anmu harus diuji.

Sebab, di berbagai daerah di Indonesia ada beberapa pasar unik yang tidak hanya menjual barang-barang standar seperti beras, ikan, dan daging semata. Di pasar ini kamu bisa menemukan berbagai barang jualan yang unik dan aneh.

Nah, untuk menambah wawasanmu agar tingkat ke-Indonesia-anmu makin terasah, berikut kami rangkum beberapa pasar unik yang ada di Indonesia. Lantas, seperti apa pasar unik tersebut? berikut ulasannya

1. Pasar Beriman Tomohon di Manado

Pasar Unik

Pasar Beriman Tomohon di Manado via beritafox.blogspot.co.id

Nama Pasar Beriman Tomohon yang berada di Manado ini sangat terkenal di Indonesia, bahkan mungkin di dunia. Meskipun kebanyakan barang yang dijual di pasar ini bisa membuatmu langsung merasa jijik, mual, bahkan muntah.

Pasar ini terkenal karena banyak menjual berbagai daging hewan yang tidak lazim seperti ular piton, anjing, monyet, kucing, dan tikus. Semua daging-daging tersebut bisa kamu beli dengan bebas di pasar unik ini.

Kalau kamu ingin melihat Pasar Beriman Tomohon dengan situasi paling ekstrim, datanglah pada jam 4 – 5 pagi. Karena di jam-jam tersebut, kamu bisa melihat daging-daging hewan tersebut dalam keadaan masih segar.

2. Pasar Terapung Muara Kuin di Banjarmasin

Pasar Unik

Pasar Terapung Muara Kuin di Banjarmasin via wikipedia.org

Kota Banjarmasin dijuluki sebagai kota ” seribu sungai “, karena di kota ini memang banyak sekali terdapat sungai. Jadi, tidak heran jika masyarakat disana memamfaatkan sungai-sungai tersebut untuk berbagai keperluan, salah satunya dijadikan pasar terapung.

Salah satu pasar terapung yang terkenal di Banjarmasin yaitu Pasar Terapung Muara Kuin. Yang unik dari pasar ini bukan dari barang yang dijualnya, melainkan sensasi yang kamu bisa rasakan saat proses berbelanja.

Sebab, kamu akan mengunakan perahu kelotok yang bergoyang-goyang diatas air sungai saat berbelanja. Kalau ingin mengunjungi pasar unik ini, datanglah pagi-pagi, karena pasar ini tutup pada jam 9 pagi.

3. Pasar Sentral Makale di Toraja

Pasar Unik

Pasar Sentral Makale di Toraja via kompasiana.com

Satu hal yang wajib kamu ketahui jika datang ke Toraja yaitu babi dan kerbau adalah dua hewan yang dianggap sakral. Jadi, jangan heran kalau disana kamu menemukan banyak masyarakatnya yang berjualan daging babi.

Salah satu pasar yang menjual daging babi di Toraja adalah Pasar Sentral Makale. Di tempat ini kamu bisa bebas melakukan jual beli daging babi, tinggal tunjuk mau yang mana, tawar menawar, deal, langsung bawa pulang.

Tapi, pasar ini bukan hanya menjual daging babi saja, ada juga yang menjual barang dagangan lain. Sedangkan tempat jual beli daging babi ada blok khusus sendiri yang berada di belakang pasar dan dibatasi tembok setinggi 1,5 meter.

4. Pasar Bolu di Toraja

Pasar Unik

Pasar Bolu di Toraja via tempo.co

Seperti yang disinggung sebelumnya bahwa babi dan kerbau adalah dua hewan yang sangat disakralkan di Toraja. Jadi jangan heran jika banyak masyarakat Toraja yang berjualan dua jenis hewan tersebut.

Salah satu pasar yang cukup dikenal sebagai tempat jual beli daging babi di Toraja adalah Pasar Sentral Makale, sedangkan pasar yang terkenal sebagai tempat jual beli kerbau di Toraja adalah Pasar Bolu.

Pasar Bolu adalah pasar kerbau terbesar di dunia. Walaupun begitu, pasar ini tidak buka setiap hari, melainkan enam hari sekali. Jadi, jika kamu ingin mengunjungi pasar unik ini, pastikan dulu jadwalnya sesuai dengan kedatanganmu.

5. Pasar Kembang (Sarkem) di Yogyakarta

Pasar Unik

Pasar Kembang (Sarkem) di Yogyakarta via merdeka.com

Kalau umumnya pasar itu selalu diidentikan dengan para ibu-ibu yang berbelanja, tapi berbeda dengan Pasar Kembang yang ada di Yogyakarta ini. Pasar ini justru sebaliknya yaitu dekat dengan para laki-laki.

Karena Pasar Kembang adalah sebuah nama kawasan prostitusi yang ada di Yogyakarta, dimana nama ini diambil dari nama jalan yang menjadi markas untuk beberapa motel yang dulunya pernah menjadi tujuan wisatawan yang ingin merasakan sisi lain Yogyakarta.

Baca Juga: Upacara Rambu Solok: Ritual Kematian Yang Diselenggarakan Layaknya Pesta Besar

6. Pasar Klithik di Yogyakarta

Pasar Unik

Pasar Klithik di Yogyakarta via kompasiana.com

Pasar unik berikutnya masih berada di Yogyakarta yaitu Pasar Klithik. Pasar ini terkenal dengan berbagai barang antik seperti korek api, cerutu, jam tua, dan masih banyak barang antik lainnya yang bisa kamu temukan disini.

Selain barang antik, pasar ini juga menyediakan barang baru dan barang bekas. Di pasar ini bahasa Jawa sangat lumrah didengar dalam proses tawar menawar. Tapi harus waspada jika mengunjungi pasar ini, kabarnya ada banyak copet yang berkeliaran di Pasar Klithik.

7. PASTY di Yogyakarta

Pasar Unik

PASTY di Yogyakarta via pasty-jogja.blogspot.co.id

Selain Pasar Kembang dan Pasar Klithik, ada satu lagi pasar unik yang ada di Yogyakarta yaitu PASTY. PASTY adalah singkatan dari Pasar Satwa dan Tanaman Hias. Dulunya nama pasar ini adalah pasar Ngasem.

Di pasar ini kamu bisa menemukan berbagai jenis hewan dan tanaman hias. Uniknya, di pasar ini kamu juga dengan mudah menemukan beberapa jenis hewan yang tidak lazim diperjualbelikan seperti ular dan sebagainya.

Yang menarik dari pasar ini, selain difungsikan sebagai pasar, tempat ini juga dijadikan objek wisata, dimana banyak wisatawan yang datang dari luar Yogyakarta karena penasaran dengan tempat ini.

8. Pasar Triwindu di Solo

Pasar Unik

Pasar Triwindu di Solo via nationalgeographic.co.id

Selanjutnya adalah Pasar Triwindu di Solo. Tidak ada yang unik kalau dilihat dari bentuk bangunannya, tapi jika sudah memasuki di dalam pasar tersebut, barulah kita bisa melihat langsung keunikan dari pasar ini.

Di pasar ini kamu bisa menjumpai para pedagang yang menjual seperti wayang, logam, hingga patung batu yang berumur sangat tua. Makanya kebanyakan orang menjadikan pasar ini sebagai tempat berburu barang antik.

Uniknya lagi, barang-barang antik yang dijual dipasar ini bisa kamu tawar langsung. Selain itu, para pedagang di Pasar Triwindu sangat terkenal dengan keramahtamahannya. Barangnya bisa ditawar dan penjualnya ramah, dijamin acara belanjamu akan semakin menyenangkan.

9. Pasar Bisu di Sumatera Barat

Kalau pasar unik yang ada di Sumatera Barat ini mengajarkan para calon pembeli dan penjualnya untuk mengetahui isi hati masing-masing tanpa harus banyak bicara satu sama lainnya.

Bagaimana caranya? tentunya bukan dengan cara telepati! tapi dengan mengunakan tradisi ” Marosok “. Selama transaksi jual beli tersebut, penjual dan pembeli akan mengunakan jari untuk menentukan harga tanpa berbicara.

Tujuan dari mengunakan bahasa isyarat tersebut adalah agar harga tawar-menawar tersebut tidak diketahui oleh orang lain. Kalau ingin mengunjungi pasar ini, perlu dicatat bahwa Pasar Bisu ini hanya buka setiap hari selasa saja.

10. Pasar 46 di Jambi

Apakah kau tau pasar apa yang waktu bukanya tersingkat di Indonesia? Jawabannya adalah Pasar 46 yang ada di Jambi. Pasar ini terletak di Jalan Baru, perbatasan Kota Jambi dengan Kabupaten Muaro Jambi.

Kalau dilihat dari barang yang dijual di pasar ini tidak ada bedanya dengan pasar pada umumnya, cuma yang menjadikan pasar ini unik yaitu jadwalnya saja. Memang pasar ini buka setiap hari, tapi hanya dari jam 4 sore hingga jam 6 sore saja.

11. Pasar Kaget di Wamena

Pasar Unik

Pasar Kaget di Wamena via travel.detik.com

Umumnya pasar kaget itu berada di alun-alun, depan kantor, atau pinggir jalan, tapi berbeda dengan pasar kaget yang ada di Wamena ini yaitu berada di tengah hutan. Pasar kaget di Wamena ini biasanya menjual seperti kalung, tombak, hingga koteka.

Harganya pun cukup beragam, mulai dari Rp 200.000 hingga Rp 400.000. Keesotisan pasar kaget di Wamena ini juga disebabkan oleh para penjualnya yang juga mengunakan pakaian khas suku di Papua.

Nah, itulah beberapa pasar unik yang ada di Indonesia. Pasar-pasar ini hanya satu dari jutaan keragaman budaya yang dimiliki Indonesia. Bahkan saking kayanya kebudayaan Indonesia, sampai-sampai membuat negara lain iri, bahkan ada yang nekat mengklaimkan kebudayaan Indonesia.

Baca Juga: Tradisi Gowok: Tradisi Mengenal Seluk Beluk Tubuh Wanita Agar Pria Menjadi Lebih Jantan

Loading...

Add Comment