Ini Dia 10 Pemain Basket Tertinggi di Dunia Sepanjang Masa

Banyak faktor yang bisa menjadikan seorang atlet basket menjadi pemain yang hebat, salah satunya postur tubuh yang ideal, terutama masalah tinggi badan, dimana semakin tinggi maka semakin berpotensi untuk menjadi pemain basket yang hebat.

Memang pemain basket yang memiliki tinggi badan di atas rata-rata belum tentu memiliki skill yang hebat, tapi ini adalah salah satu faktor penentu yang bisa menunjang dan mendukung kualitas permainan pemain basket tersebut.

Makanya, banyak pemain basket dengan tinggi badan di atas rata-rata menjadi pemain basket yang hebat dan sukses. Lantas, siapa saja pemain Basket tertinggi di dunia sepanjang masa? berikut ulasannya

10. Chuck Nevitt – 226 cm

Pemain Basket Tertinggi di Dunia

Chuck Nevitt

Pemain basket tertinggi di dunia yang pertama yaitu Chuck Nevitt dengan tingginya sekitar 226 cm. Dia mengawali karier sebagai pemain basket sejak tahun 1982 dengan bergabung di tim Houston Rockets.

Karena tinggi badan tersebut, pria kelahiran 13 Juni 1959 ini sering mendapat posisi tengah, dimana selama 9 tahun selama kerier profesionalnya, dia berhasil mencatatkan 155 pertandingan dengan total 826 menit.

9. Shawn Bradley – 229 cm

Pemain Basket Tertinggi di Dunia

Shawn Bradley

Pemain basket tertinggi di dunia selanjutnya yaitu Shawn Bradley dengan tinggi sekitar 229 cm. Dia adalah salah satu atlet basket dengan kewarganegaraan ganda, dimana diketahui dia lahir di Jerman, dan tumbuh besar di Castle Dale, Utah, Amerika Serikat.

Kurang lebih sama dengan Chuck Nevitt, karena postur tubuhnya yang tinggi, pria yang lahir pada tanggal 22 Maret 1972 ini sering bermain di posisi bagian tengah. Tim yang pernah dibelanya diantaranya adalah Philadelphia 76ers, New Jersey Nets, dan Dallas Mavericks.

8. Yao Ming – 229 cm

Pemain Basket Tertinggi di Dunia

Yao Ming

Selanjutnya adalah Yao Ming, dimana dia memulai kariernya di NBA (National Basket Association) pada tahun 2002. Tercatat, tinggi pemain yang setia membela tim Houston Rockets sampai sekarang ini memiliki tinggi sekitar 229 cm.

Selain itu, pemain basket yang lahir pada tanggal 12 September 1980 ini juga pernah ikut berpastisipasi di Olimpiade tahun 2000, 2004, dan 2008 untuk membela negaranya yaitu China

Sedangkan di kejuaraan Asian Championship, Yao Ming berhasil membantu timnas China mendapatkan 3 medali emas FIBA yaitu pada tahun 2001, 2003, dan 2005, dan dia juga diberhasil menyabet gelar Most Valuable Player (MVP) di tiga pertandingan tersebut.

7. Gheorge Muresan – 231 cm

Pemain Basket Tertinggi di Dunia

Gheorge Muresan

Gheorge Muresan adalah salah satu pemain basket tertinggi di dunia dengan tingginya mencapai 231 cm. Pria yang juga pernah bermain film dalam film yang berjudul My Giant pada tahun 1998 ini memulai kariernya di French League pada tahun 1992-1993.

Kemudian, NBA tertarik dengan bakatnya dan dia berhasil bergabung di tim Washington Bullets. Selain itu, dia juga pernah meraih penghargaan Most Improved Player pada tahun 1995-1996.

Baca juga: 7 Pemain Sepak Bola Wanita Terseksi yang Bisa Bikin Gol Dihatimu

6. Manute Bol – 231 cm

Pemain Basket Tertinggi di Dunia

Manute Bol

Selanjutnya adalah Manute Bol dengan tingginya mencapai 231 cm. Pria yang lahir pada 16 Oktober 1962 di Sudan ini dikenal sebagai pemain basket yang ahli dalam memblokir tembakan dari tim lawan.

Bahkan berdasarkan catatannya dalam setiap pertandingan, dia lebih banyak memblokir tembakan daripada membuat atau mencetak skor saat bertanding.

5. Kenny George – 231 cm

Pemain Basket Tertinggi di Dunia

Kenny George

Pemain basket tertinggi di dunia selanjutnya adalah Kenny George. Pria kelahiran tahun 1987 ini adalah salah satu pemain basket untuk University of North Carolina di Asheville, sebelum dia mengalami cedera pada tahun 2008 silam.

4. Ri Myung Hun – 235 cm

Pemain Basket Tertinggi di Dunia

Ri Myung Hun

Ri Myung Hun adalah salah satu pemain basket tertinggi di dunia yang bermain untuk timnas Korea Utara. Pria yang lahir pada tanggal 14 September 1967 memiliki tinggi 7 kaki 8 inchi atau sekitar 235 cm.

3. Sun Ming Ming – 236 cm

Pemain Basket Tertinggi di Dunia

Sun Ming Ming

Satu lagi pemain basket tertinggi di dunia yang berasal dari China yaitu Sun Ming Ming dengan tingginya sekitar 236 cm. Dia memulai karier di liga basket China, setelah ditolak masuk ke ajang NBA dengan berbagai alasan.

2. Alexander Sizonenko – 245 cm

Pemain Basket Tertinggi di Dunia

Alexander Sizonenko

Alexander Sizonenko adalah orang tertinggi kedua yang pernah menjadi atlet basket profesional di dunia, dimana diketahui tingginya mencapai 245 cm. Dia tercatat pernah bermain untuk tim Spartak Leningrad, Budivelnyk Kyiv dan tim Soviet.

Tapi, karena tubuh pria yang lahir pada tahun 1959 dan meninggal pada tahun 2012 silam ini terlalu tinggi membuatnya jadi susah bergerak dengan leluasa sehingga kariernya di dunia olahraga basket tidak terlalu lama.

1. Suleiman Ali Nashnush – 245 cm

Pemain Basket Tertinggi di Dunia

Suleiman Ali Nashnush

Suleiman Ali Nashnush adalah pemain basket tertinggi di dunia sepanjang sejarah dengan tingginya mencapai 245 cm. Selain itu, dia juga adalah orang ke-13 dengan tubuh paling tinggi di dunia sepanjang sejarah. Pria yang lahir pada tahun 1943 di Tripoli, Libya ini tercatat pernah membela timnas negara Libya.

Nah, itulah beberapa pemain basket tertinggi di dunia sepanjang sejarah. Perlu diketahui juga beberapa diantara sudah pensiun dari dunia olahraga basket, bahkan ada yang sudah meninggal, tapi ada beberapa yang masih aktif bermain.

Baca juga: Inilah 10 Atlet Bulutangkis Tercantik Di Dunia! Siapakah Yang Tercantik?

Loading...

Add Comment